Manajemen Digital Fundraising Zakat

المؤلفون

  • Febyviani Dwimutian Anggraini Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Syamsul Hilal Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.19109/iphi.v5i1.28484

الكلمات المفتاحية:

Digital Security; Digital Zakat; Fundraising; , Social Media; Sharia Fintech

الملخص

ABSTRAK Digitalisasi dalam pengelolaan zakat menjadi kebutuhan strategis di tengah perkembangan teknologi dan perubahan perilaku donatur. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep, strategi, serta penerapan teknologi dalam manajemen digital fundraising zakat di Indonesia. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengulas praktik pengumpulan zakat berbasis digital seperti penggunaan website, aplikasi, media sosial, dan integrasi dengan fintech syariah. Hasilnya menunjukkan bahwa manajemen digital meningkatkan efisiensi, akuntabilitas, dan jangkauan muzaki secara signifikan. Tantangan utama meliputi keamanan data, literasi digital, dan kesenjangan infrastruktur. Kesimpulannya, digital fundraising zakat adalah inovasi penting dalam modernisasi filantropi Islam yang mampu memperkuat peran zakat dalam pembangunan sosial.

المراجع

Daryanto, Abdulullah. Pengantar Ilmu Manajemen dan Komunikasi. jakarta:penerbit copyright.2013.

Hafiz, A. (2021). Analisis Aplikasi Pengolahan Zakat Online dan Pengelolaan Zakat Berbasis Jaringan Virtual. Jurnal Manajemen Dakwah, 9(1),

Hasan, M., & Abdullah, N. (2022). The Role of Crowdfunding in Enhancing Zakat Collection: A Case Study of Indonesia. Journal of Islamic Finance, 11(2),

Hidayat, A., & Mukhlisin. (2020). Analisis Pertumbuhan Zakat Pada Aplikasi Zakat Online Dompet Dhuafa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3),

Irdhayanti, E. (2024). Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Penghimpunan Dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf).

Maghfirah, Fitri. “Peningkatan Perolehan Dana Zakat Melalui Penggunaan Teknologi Online”. Jurnal Az Zarqa’, 12, 2, (2020).

Melayu, Hasibuan, manajemen sumper daya manusia jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006.

Nasrullah, Rulli. Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). (Jakarta: Prenadamedia Group, 2016).

Rahman, A., & Kassim, S. (2018). Fintech and sustainable development: Digital zakat system in Malaysia. International Journal of Zakat, 3(1),

Rahmat, dkk, “Penghimpunan Dana Zakat Infak Sedekah Berdasarkan Intensi Perilaku Muslim Gen Y dalam Penggunaan Teknologi Digital Payment”, Jurnal AL-MUZARA’AH, 8, 2, (2020).

Rulli Nasrullah, Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia), (Jakarta: Prenadamedia Group, 2016),

S, Mardiah. “Manajemen Strategi BAZNAS dalam Pengelolaan Dana Filantropi Islam”, Jurnal I-Finance, (2018).

Said, M., & Saad, R. A. J. (2016). The Implementation of Online Zakat System in Malaysia. International Journal of Economics and Financial Issues, 6(7S),

Saleh, Mohammad, “Zakat Fundraising Strategy: Opportunity and Challenges in Digital Era”. Journal of Nahdhatul Ulama Studies, 1, 2, (2020)

Siti Baroroh, Juliana Kurniawati. “Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu”. Jurnal Komunikator, 8, 2, (2016).

Wikipedia, “Media Digital”, “dalam” https://id.wikipedia.org/wiki/Media_digital. diakses pada 25 Juni 2021.

التنزيلات

منشور

06-06-2025