Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Senyawa Hidrokarbon dan Minyak Bumi
Abstract
Penelitian ini merupakan R & D (Research and Development) yang bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada materi senyawa hidrokarbon dan minyak bumi yang valid, 2) menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada materi senyawa hidrokarbon dan minyak bumi yang praktis. Prosedur pengembangan dari penelitian ini mengadopsi model ADDIE. Tahapannya yaitu: 1) analysis (analisis), 2) design (desain), 3) development (pengembangan), 4) implementation (implementasi), dan 5) evaluation (evaluasi), namun hanya dilaksanakan sampai pada tahap pengembangan. Penelitian ini melibatkan tiga ahli yaitu, ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Subjek uji coba satu- satu dan uji coba skala kecil adalah peserta didik kelas XI MIA1 MAN 2 Palembang. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, angket analisis kebutuhan, lembar validasi, angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran berbasis android pada materi senyawa hidrokarbon dan minyak bumi dari ahli media memperoleh rata- rata skor 4,23 dengan kriteria valid, ahli materi memperoleh rata- rata skor 4,33 dengan kriteria sangat valid, dan ahli bahasa memperoleh rata- rata skor 3,75 dengan kriteria valid, 2) respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis android pada materi senyawa hidrokarbon dan minyak bumi dari hasil uji coba satu- satu memperoleh rata- rata skor 4,20 dengan kriteria praktis dan uji coba skala kecil memperoleh rata- rata 4,37 dengan kriteria sangat praktisDownloads
Download data is not yet available.
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran, Jakararta: Rajawali Pers
Bahriah, E. P., Feronika, T., & Suharto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Chemo-Edutaiment Melalui Model Instructional Games Pada Materi Konfigurasi Elektron. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 132-143.
Hidayah, N., Amalya, H., & Sartika R. P. (2015). Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pontianak . Jurnal Pendidikan Kimia, 5(9), 1-10.
Nengsi, Sri. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Komik Pada Materi Fotosintesis Untuk SMP Kelas VIII. Jurnal Ipteks Terapan, 11(1), 99-108.
Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Satyaputra & Aritonang. (2014). Beginning Android Programming with ADT Budle. Jakarta: Elex Media Kompatindo
Sholeh, M.I.(2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Dasar Terintegrasi Socio-Scientific Issue (Ssi) Dan Keislaman. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 37-57. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i2.2669
Sudjana, N & Rivai, A. (2013). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugono, Dendy. (2002). Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Penebar Swadaya
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susilo. J., S.Anitah.,S.Yamtinah. (2017). Research and Development (RnD) Sebagai Salah Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. “Jurnal UTM”. 37(1).
Sutopo, A.H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Wibawanto, Wandah. (2017). Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif
Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yekyastuti, R. & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99.
Yustiyana, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Dan Minyak Bumi Untuk Peserta Didik SMA/ MA Kelas XI. (Skripsi S1). Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia.
Bahriah, E. P., Feronika, T., & Suharto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Chemo-Edutaiment Melalui Model Instructional Games Pada Materi Konfigurasi Elektron. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 132-143.
Hidayah, N., Amalya, H., & Sartika R. P. (2015). Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pontianak . Jurnal Pendidikan Kimia, 5(9), 1-10.
Nengsi, Sri. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Komik Pada Materi Fotosintesis Untuk SMP Kelas VIII. Jurnal Ipteks Terapan, 11(1), 99-108.
Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Satyaputra & Aritonang. (2014). Beginning Android Programming with ADT Budle. Jakarta: Elex Media Kompatindo
Sholeh, M.I.(2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Dasar Terintegrasi Socio-Scientific Issue (Ssi) Dan Keislaman. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 37-57. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i2.2669
Sudjana, N & Rivai, A. (2013). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugono, Dendy. (2002). Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Penebar Swadaya
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susilo. J., S.Anitah.,S.Yamtinah. (2017). Research and Development (RnD) Sebagai Salah Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. “Jurnal UTM”. 37(1).
Sutopo, A.H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Wibawanto, Wandah. (2017). Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif
Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yekyastuti, R. & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Kelarutan Untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99.
Yustiyana, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Dan Minyak Bumi Untuk Peserta Didik SMA/ MA Kelas XI. (Skripsi S1). Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia.
Downloads
Published
24-01-2023
Issue
Section
Articles
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
[1]
2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Senyawa Hidrokarbon dan Minyak Bumi. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 10, 1 (Jan. 2023), 21–28.