PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP STRATEGI PERKULIAHAN “STUDENTS AS RESEARCHERS” DALAM MELATIH KEMAMPUAN SELF REGULATION MAHASISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap strategi “Students as Researchers” dalam melatihkan kemampuan self regulation mahasiswa. Penelitian ini memberikan alternatif strategi perkuliahan yang dapat dilakukan untuk melatihkan kemampuan self regulation mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif . Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa pendidikan Biologi Universitas Riau. Sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Biologi semester 3 (tiga) kelas A yang mengambil matakuliah Media Pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2021 yang mengikuti perkuliahan dengan strategi “Students as Researchers”. Instrumen pada penelitian berupa angket respons mahasiswa dan lembar wawancara. Pertanyaan pada angket menekankan pada jabaran indikator pencapaian kemampuan self regulation mahasiswa melalui strategi perkuliahan “Students as Researchers”. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dari angket dianalisis berdasarkan persentase respons mahasiswa terhadap ketercapaian indikator self regulation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respons positif terhadap strategi perkuliahan “Students as Reserchers” dalam melatihkan kemampuan self regulation mahasisswa sebesar 96,4% berada pada kategori sangat baik, dengan rincian indikator menyusun rencana secara efektif, menyadari dan menggunakan sumber-sumber informasi yang diperlukan, dan sensitif terhadap umpan balik sebesar 100%, indikator mengevaluasi keefektifan tindakan sebesar 94,7%, dan indikator menyadari pemikirannya sendiri sebesar 90,4%. Dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan mahasiswa memberikan respons positif terhadap strategi perkuliahan “Students as Researchers” dalam melatih kemampuan self regulation mahasiswa.
Article Details
How to Cite
Daryanes, F. (2020). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP STRATEGI PERKULIAHAN “STUDENTS AS RESEARCHERS” DALAM MELATIH KEMAMPUAN SELF REGULATION MAHASISWA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 103-111. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.6962
Section
Articles
Bioilmi: Jurnal Pendidikan oleh http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/bioilmi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Daryanes, F. (2020). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP STRATEGI PERKULIAHAN “STUDENTS AS RESEARCHERS” DALAM MELATIH KEMAMPUAN SELF REGULATION MAHASISWA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 103-111. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.6962