PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP STRATEGI PERKULIAHAN “STUDENTS AS RESEARCHERS” DALAM MELATIH KEMAMPUAN SELF REGULATION MAHASISWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap strategi “Students as Researchers” dalam melatihkan kemampuan self regulation mahasiswa. Penelitian ini memberikan alternatif strategi perkuliahan yang dapat dilakukan untuk melatihkan kemampuan self regulation mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif . Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa pendidikan Biologi Universitas Riau. Sampel pada penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Biologi semester 3 (tiga) kelas A yang mengambil matakuliah Media Pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2021 yang mengikuti perkuliahan dengan strategi “Students as Researchers”. Instrumen pada penelitian berupa angket respons mahasiswa dan lembar wawancara. Pertanyaan pada angket menekankan pada jabaran indikator pencapaian kemampuan self regulation mahasiswa melalui strategi perkuliahan “Students as Researchers”. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dari angket dianalisis berdasarkan persentase respons mahasiswa terhadap ketercapaian indikator self regulation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respons positif terhadap strategi perkuliahan “Students as Reserchers” dalam melatihkan kemampuan self regulation mahasisswa sebesar 96,4% berada pada kategori sangat baik, dengan rincian indikator menyusun rencana secara efektif, menyadari dan menggunakan sumber-sumber informasi yang diperlukan, dan sensitif terhadap umpan balik sebesar 100%, indikator mengevaluasi keefektifan tindakan sebesar 94,7%, dan indikator menyadari pemikirannya sendiri sebesar 90,4%. Dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan mahasiswa memberikan respons positif terhadap strategi perkuliahan “Students as Researchers” dalam melatih kemampuan self regulation mahasiswa.
Article Details
How to Cite
Daryanes, F. (2020). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP STRATEGI PERKULIAHAN “STUDENTS AS RESEARCHERS” DALAM MELATIH KEMAMPUAN SELF REGULATION MAHASISWA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 103-111. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.6962
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
-
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.
Bio Ilmi: Jurnal Pendidikan by http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/bioilmi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Daryanes, F. (2020). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP STRATEGI PERKULIAHAN “STUDENTS AS RESEARCHERS” DALAM MELATIH KEMAMPUAN SELF REGULATION MAHASISWA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 103-111. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.6962