Kreativitas Mengajar Guru pada Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Alam Sriwijaya Palembang

Main Article Content

Salsabil Zumrotul Auliya
Listya Listiningtyas
Lukmawati Lukmawati

Abstract

This research discusses about Teacher’s Creative Teaching During Covid-19 Pandemic at Sriwijaya Nature School Palembang. This research uses qualitative method with descriptive design. The subject selection technique was using purposive sampling with criteria, aged 23-35 years, Muslim, permanent teacher status, teaching more than a year. Methods of data collection using interviews, observation, and documentation. In general, the results showed that the three subjects (MA, F, AY) had a high and unique picture of teaching creativity. Furthermore, the factors that influence Teacher’s Creative Teaching During Covid-19 Pandemic at Sriwijaya Nature School Palembang are the motivation to become a teacher, the feeling of being valued by students, the facilities available at the school, and self-potential related to teaching materials. In addition, social environmental factors such as the condition of students and relationships with colleagues also affect the Teacher’s Creative Teaching During Covid-19 Pandemic at Sriwijaya Nature School Palembang.

Article Details

How to Cite
Kreativitas Mengajar Guru pada Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Alam Sriwijaya Palembang. (2021). Indonesian Journal of Behavioral Studies, 1(3), 388-401. https://doi.org/10.19109/ijobs.v1i3.11391
Section
Vol. 1, No. 3, September 2021

How to Cite

Kreativitas Mengajar Guru pada Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Alam Sriwijaya Palembang. (2021). Indonesian Journal of Behavioral Studies, 1(3), 388-401. https://doi.org/10.19109/ijobs.v1i3.11391

References

Aji, R.H.S. (2020). Dampak covid-19 pada pendidikan di indonesia: sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, 7(5), 395-402.

Ali, M. (2014). Guru dalam proses belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Chomaidi., & Salamah. (2018). Pendidikan dan Pengajaran : Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta : PT. Grasindo.

Dalyono, M. (2015). Psikologi pendidikan. Rineka Cipta : Jakarta

Departemen Pendidikan Nasional. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi Keempat. Jakarta : GM

Djamarah, S.B., & Zain, A. (2018). Strategi belajar mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ghufron, M.N., Rini, R.S. (2019). Teori-teori psikologi. Ar-Ruzz Media : Jogjakarta

Hamalik, O. (2016). Proses belajar mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2017). Psikologi belajar & mengajar. Bandung : PT SB Algensindo Offset.

Kapan Sebenarnya Corona Pertama Kali Masuk RI? (26 April 2020). Detik News (on-line). Diakses pada 6 Maret 2021 dari https://news.detik.com/berita/d-4991485/kapan-sebenarnya-corona pertama-kali-masuk-ri

Lisnawati, I. (2018). The Professionalism of Indonesia Teachers in the Future. Journal of Education, Teaching and Learning, 3(1), 28-33.

Majid, A. (2017). Strategi pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mendikbud. (2020). Surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease covid-19.

Moleong, L.J. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, S.C.U. (2014). Kreativitas dan keterbakatan strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Munandar, S.C.U. (2018). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolahan petunjuk bagi guru dan orang tua. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Munandar, U. (2014). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka Cipta : Jakarta

Musfah, J. (2018). Manajemen pendidikan aplikasi, strategi, dan inovasi. Jakarta : Prenadamedia Group.

Pandemi Covid-19, Apa Saja Dampak pada Sektor Ketenagakerjaan Indonesia? (11 Agustus 2020). Kompas.com (on-line).
Diakses pada 9 Maret 2021 dari https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/11/102500165/pandemi-covid-19-apa-saja-dampak-pada-sektor-ketenagakerjaan-indonesia-?page=all

Pencetus Sekolah Alam Pertama di Indonesia Raih Penghargaan (30 November 2016). Suara.com (on-line). Diakses pada 6 Maret 2021 https://www.suara.com/pressrelease/2016/11/30/221556/pencetus-sekolah-alam-pertama-di-indonesia-raih-penghargaan

Pentury, H.J. (2017). Pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran kreatif pelajaran bahasa inggris. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 265-272.

Penyebab, Asal Mula, dan Pencegahan Virus Corona di Indonesia (28 Maret 2020). Detik News (on-line). Diakses pada 6 Maret 2021 dari https://news.detik.com/berita/d-4956764/penyebab-asal-mula-dan pencegahan-virus-corona-di-indonesia

Poerwandari, K. (2017). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia. Depok: LPSP3 UI.

Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sudjana, N. (2019). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung : PT SB Algensindo Offset.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Jakarta : Alfabeta Cv.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Jakarta : Alfabeta Cv.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto., & Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional. Jakarta : Erlangga.

Syah, M. (2016). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Tarmizi. (2013). Problem solving dalam perspektif bimbingan konseling islami. Miqot, 37(1), 87-108.

UNICEF, WHO, IFRC. (2020). Key messages and actions for covid-19 prevention and control in schools.

Wakhidah, N., Azizah, N.N. (2019). Kreativitas guru dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam di MTS. NU Khoiriyah Bae. Jurnal Tarbawi, 16(2), 85-92.