Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang

Main Article Content

Marisa Indah Leoni
Inda Purwasih

Abstract

This study aims to determine whether there is a relationship between Emotional maturity and Consumptive Behavior in Sharia and Law Students at UIN Raden Fatah Palembang. By using quantitative research methods. The population in this study were 200 students using Isaac Michael's table with an error rate of 5% and the sample used in this study was 127 students. The sample technique used in this study is a random sampling technique with a Likert scale. The data analysis method used is the product moment. It can be concluded that there is a significant relationship between Emotional Maturity and Consumptive Behavior. This is evidenced by the value of the correlation coefficient which shows the number 0.730 with a sig value. 0.000 where p < 0.05, meaning that the higher the emotional maturity, the lower the consumptive behavior of students, and vice versa, the lower the emotional maturity, the higher the consumptive behavior of students.

Article Details

How to Cite
Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang. (2021). Indonesian Journal of Behavioral Studies, 1(4), 473-487. https://doi.org/10.19109/ijobs.v1i4.11934
Section
Vol. 1, No. 4, December 2021

How to Cite

Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang. (2021). Indonesian Journal of Behavioral Studies, 1(4), 473-487. https://doi.org/10.19109/ijobs.v1i4.11934

References

Afriani, R. (2014). Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswi. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.

Ainunnisa, L. (2016, 8 Desember). Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Diperoleh 20 Mei 2021 dari . Https://www.kompasiana.com/lanainunnisa/perilaku-konsumtif-mahasiswa.

Al-Ghifari. (2003). Remaja Korban mode. Bandung: Mujahid.

Al-Mighwar, M. (2011). Psikologi Remaja. Bandung: Pustaka Setia.

Alhamdu. (2015). Analisis Statistik Dengan Program SPSS. Palembang: NoerFikri.

Alhamdu. (2017). Kontruksi Tes: Teori dan Aplikasi. Palembang: NoerFikri.

Ardikawati, Trigita, J. T. (2013). Perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa FIS UNY pada klinik kecantikan. Jurnal Ilmu Sosial, 3(1), 1–20.

Astuti, R. (2009). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rasa Percaya Konsumen pada LPG Tabung 3Kg, studi kasus pada masyarakat desa Krajankulon , Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Skripsi. Universitas Semarang.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaplin, J. . (2006). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Effendi, M. A. (2016). The Power of Good Corporate Governance Teori dan Implementasi (2nd ed.). Jakarta: Penerbit salemba empat.

Fardhani, P.R., & Izzati, U. A. (2013). Hubungan Antara Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada Remaja (Studi pada Siswa Kelas XI SMA Trimurti Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(02), 1–7.

Goleman, D. (2000). Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Gramedia.

Helmi, A. F. (2002). Teoretik gaya Kelekatan, Atribusi, Respon Emosi, dan Perilaku Marah. Buletin Psikologi, 12(2).

Hurlock, B. E. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan. Jakarta: Erlangga.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenada Media.

James, F. E. (1994). pengertian perilaku konsumen, dalam buku Perilaku Konsumen (6th ed.). Jakarta: Binarupa Aksara.

Kementrian Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan Terjemahnya​. Bandung: Syamil Qur’an.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Jakarta: Indeks.

Kuncoro, A. A. T. (2009). Hubungan Kematangan Emosi dan Perilaku Konsumtif pada Remaja Putra. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Nurrahman, A. (2016, 16 April). Teknologi Informasi dan Mahasiswa. Diperoleh 5 Mei 2021 dari https://www.kompasiana.com/teknologi-informasi-dan-mahasiswa.

Rossa, V., & Frizona, V. (2019, 9 September). Survei : Pesta Belanja Online Bikin Konsumen Indonesia Kian Konsumtif. Diperoleh pada 15 Mei 2021 dari https://www.suara.com/lifestyle/2019/09/09/145029/survei-pesta-belanja-online-bikin-konsumen-indonesia-kian-konsumtif.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode Dan Prosedur. Jakarta: Perdana Media Group.

Sarwono, S. W. (2002). Psikologi Sosial: Individu dan Teori-teori Psikologi Sosial​. Jakarta: PT. Balai Pustaka.

Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suwendra, I. W. (2017). Murid Bandel Salah Siapa. Bali: Nilacakra.

Walgito, B. (2004). Pengantar psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Wardhani, M. D. (2019). Hubungan Antara Konformitas Dan Harga Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri. Thesis. Universitas Sebelas Maret.

Widodo, A. (2015). Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswi (setudi kasus mahasiswi jurusan P.IPS UIN Sarif Hidayatulloh. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.