Academic Hardiness pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Aktif Organisasi dan Bekerja Part Time
Main Article Content
Abstract
Pada hakikatnya tugas mahasiswa adalah belajar, mampu berpikir kritis, memenuhi komitmen akademik di perguruan tinggi. Khususnya bagi mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Nyatanya, tugas akhir bukan satu-satunya fokus mahasiswa saat ini. Dengan kebutuhan yang semakin beragam, banyak mahasiswa terdorong untuk melatih kemandirian dengan bekerja. Mahasiswa juga memilih aktif organisasi untuk mendapatkan pengalaman yang mendukung karir mereka. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, pekerja dan aktivis mahasiswa, yang memiliki banyak tanggung jawab merupakan aktivitas yang dapat memunculkan stress, maka dari itu seorang mahasiswa tingkat akhir harus memiliki karakter academic hardiness, sehingga mahasiswa mampu survive dalam dunia pendidikan, organisasi maupun di pekerjaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang yang aktif organisasi dan bekerja part time, yaitu FA, DV, RZ dan AF. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek FA dan RZ memiliki karakteristik Academic hardiness karena dapat memenuhi aspek kontrol, komitmen dan tantangan. Sementara itu, subjek AF dan DV kurang memenuhi karakteristik academic hardiness karena gagal memenuhi aspek komitmen dan kontrol dari kewajiban utamanya sebagai mahasiswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi academic hardiness subjek ada dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi motivasi, keahlian, kepercayaan diri, minat, landasan keyakinan. Faktor eksternal meliputi dukungan sosial, pola asuh, jenis kelamin.
Article Details
How to Cite
Academic Hardiness pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Aktif Organisasi dan Bekerja Part Time. (2023). Indonesian Journal of Behavioral Studies, 3(1), 54-67. https://doi.org/10.19109/ijobs.v3i1.18109
Section
Submission
How to Cite
Academic Hardiness pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Aktif Organisasi dan Bekerja Part Time. (2023). Indonesian Journal of Behavioral Studies, 3(1), 54-67. https://doi.org/10.19109/ijobs.v3i1.18109
References
Asmawan, M. C. (2016) Analisis kesulitan mahasiswa menyelesaikan skripsi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 26(2)
Andarini, S. R., & Fatma, A. (2013). Hubungan antara distres dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam menyusun skripsi. Talenta Psikologi. 2(2).
Benishek, L. A., & Lopez, F.G. (2001). Development and initial validation of a measure of Academic Hardiness. Journal Career Assessment, 9(4), doi: https://doi.org/10.1177/106907270100900402
Corno, L., & Mandinach, E. B. (1983). The role of cognitive engagement in classroom learning and motivation. Educational Psychologist, 18(2), doi: https://doi.org/10.1080/00461528309529266
Ghufron, M, N., Suminta, R, R. (2017) Hubungan antara kepercayaan epistemologis dengan belajar berdasar regulasi diri. Jurnal Psikologi Insight. 1(1).
Hamadi, Wiyono, J., & Rahayu, W. (2018). Perbedaan Tingkat Stress pada Mahasiswa yang Bekerja dan Tidak Bekerja di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Angkatan 2013. Nursing News, 3(1)
Indraswari, D., & Ningrum, D. R. (2014). Hubungan antara hardiness dengan burnout pada perawat di rumah sakit umum daerah (RSUD) kabupaten batang. Jurnal EMPATI, 3(1). Doi: https://doi.org/10.14710/empati.2014.7478
Lau, B., Hem, E., Berg, A. M., Exeberg, O., & Torgersen, S. (2006). Personality types, coping, and stress in the Norwegian police service. Personality and Individual Differences, 41 (971-982). https://doi.org/10.1016/j.paid.2006.04.006
Meinarta, I. W. O., Tripalupi, L. E., & Suwena, K. R. (2014). Studi komparatif prestasi belajar mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan feb undiksha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 4(1).
Mardelina, E & Muhson, A. (2017). Mahasiswa bekerja dan dampaknya pada aktivitas belajar dan prestasi akademik. Jurnal Economia, 13(2).
Mahalina, E, R., (2016). Dampak kerja Part time pada proses penulisan skripsi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 5(1).
Muyana, S. (2018) Prokrastinasi Akademik dikalangan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1)
Pancarani, N. (2018) Pengaruh Kepribadian Tahan Banting (Hardiness) terhadap Stres Kerja pada Pengajar Muda di Gerakan Indonesia Mengajar. Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ : Jakarta
Roelyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan optimisme terhadap resiliensi pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1)
Sari, N. (2015). Hubungan Keaktifan Berorganisasi dengan Stres Pada Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2006). Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trifiriani, M., & Agung, I, M. (2017). Academic Hardiness dan prokrastinasi pada mahasiswa. Jurnal Psikologi. 13(2), doi: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v13i2.3626
Walsh, W. M. (2005). Introduction. The Family Journal, 13(1). doi: https://doi.org/10.1177/1066480704272447
Andarini, S. R., & Fatma, A. (2013). Hubungan antara distres dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam menyusun skripsi. Talenta Psikologi. 2(2).
Benishek, L. A., & Lopez, F.G. (2001). Development and initial validation of a measure of Academic Hardiness. Journal Career Assessment, 9(4), doi: https://doi.org/10.1177/106907270100900402
Corno, L., & Mandinach, E. B. (1983). The role of cognitive engagement in classroom learning and motivation. Educational Psychologist, 18(2), doi: https://doi.org/10.1080/00461528309529266
Ghufron, M, N., Suminta, R, R. (2017) Hubungan antara kepercayaan epistemologis dengan belajar berdasar regulasi diri. Jurnal Psikologi Insight. 1(1).
Hamadi, Wiyono, J., & Rahayu, W. (2018). Perbedaan Tingkat Stress pada Mahasiswa yang Bekerja dan Tidak Bekerja di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Angkatan 2013. Nursing News, 3(1)
Indraswari, D., & Ningrum, D. R. (2014). Hubungan antara hardiness dengan burnout pada perawat di rumah sakit umum daerah (RSUD) kabupaten batang. Jurnal EMPATI, 3(1). Doi: https://doi.org/10.14710/empati.2014.7478
Lau, B., Hem, E., Berg, A. M., Exeberg, O., & Torgersen, S. (2006). Personality types, coping, and stress in the Norwegian police service. Personality and Individual Differences, 41 (971-982). https://doi.org/10.1016/j.paid.2006.04.006
Meinarta, I. W. O., Tripalupi, L. E., & Suwena, K. R. (2014). Studi komparatif prestasi belajar mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi kemahasiswaan feb undiksha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 4(1).
Mardelina, E & Muhson, A. (2017). Mahasiswa bekerja dan dampaknya pada aktivitas belajar dan prestasi akademik. Jurnal Economia, 13(2).
Mahalina, E, R., (2016). Dampak kerja Part time pada proses penulisan skripsi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi, 5(1).
Muyana, S. (2018) Prokrastinasi Akademik dikalangan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1)
Pancarani, N. (2018) Pengaruh Kepribadian Tahan Banting (Hardiness) terhadap Stres Kerja pada Pengajar Muda di Gerakan Indonesia Mengajar. Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ : Jakarta
Roelyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan optimisme terhadap resiliensi pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1)
Sari, N. (2015). Hubungan Keaktifan Berorganisasi dengan Stres Pada Mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2006). Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trifiriani, M., & Agung, I, M. (2017). Academic Hardiness dan prokrastinasi pada mahasiswa. Jurnal Psikologi. 13(2), doi: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v13i2.3626
Walsh, W. M. (2005). Introduction. The Family Journal, 13(1). doi: https://doi.org/10.1177/1066480704272447