Konstruksi Skala K13 FoMO
Main Article Content
Abstract
Penggunaan media sosial TikTok secara berlebihan berisiko memberikan dampak negatif terhadap mahasiswa seperti kecanduan dan mengalami Fear of Missing Out (FoMO). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengkonstruksi alat ukur tingkat distraksi akibat media sosial TikTok pada mahasiswa pengguna TikTok di Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah. Acuan konseptual dalam penyusunan alat ukur ini adalah skala FoMO dengan 4 dimensi. Metode penelitian menggunakan mixed method exploratory sequential. Sampel penelitian adalah 200 mahasiswa pengguna TikTok. Hasil penelitian menunjukkan 19 item valid dan reliabel untuk mengukur FoMO pada mahasiswa pengguna TikTok. Alat ukur ini diharapkan dapat mendeteksi tingkat gangguan TikTok terhadap proses belajar mahasiswa.
Article Details
How to Cite
Konstruksi Skala K13 FoMO. (2023). Indonesian Journal of Behavioral Studies, 3(2), 75-83. https://doi.org/10.19109/ijobs.v3i2.21281
Section
Submission
How to Cite
Konstruksi Skala K13 FoMO. (2023). Indonesian Journal of Behavioral Studies, 3(2), 75-83. https://doi.org/10.19109/ijobs.v3i2.21281
References
Aisafitri, L., & Yusriyah, K. (2021). Kecanduan media sosial (fomo) pada generasi milenial. Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(01), 86-106.
Aurelya, C. H. (2021). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap munculnya sindrom fear of missing out (fomo) (studi kasus media sosial tiktok di kalangan generasi z). Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Brown, T. A., & Moore, M. T. (2012). Confirmatory factor analysis. In R. H. Hoyle (Ed.), Handbook of structural equation modeling (pp. 361–379). The Guilford Press.
Creswell, J. W. (2014). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (ed. 4). SAGE Publications.
Hu, L. T. & Bentler, P. M. (1999). Cutoff criteria for fit indexes in covariance structure analysis: conventional criteria versus new alternatives. Structural Equation Modeling, 6 (1), 1-55.
Husna, S. (2023). Peran fear of missing out (FOMO) dan penggunaan media sosial terhadap artikulasi identitas keislaman pada kalangan milennial muslim yang mengikuti tren hijrah di Instagram. Jurnal Psikologi Sosial, 21(1), 1-11.
Kaplan, R. M. & Dennis P. S. (2018). Psychological testing. Cengage Learning.
Kumaidi. (2014). Validitas dan pemvalidasian instrumen penilaian karakter. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mawardi, M. (2019). Rambu-rambu Penyusunan skala sikap model likert untuk mengukur sikap siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 292–304. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p292-304
Nursatri, H. (2023). Hubungan antara fear of missing out (fomo) dengan psychological well-being pengguna media sosial tiktok pada mahasiswa tingkat akhir fakultas psikologi uin raden fatah Palembang. UIN Raden Fatah Palembang.
Nursodiq, F. (2019). Konseptualisasi fear of missing out pada mahasiswa pengguna smartphone. Universitas Sebelas Maret (UNS).
Przybylski, A. K., Murayama, K., DeHaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in human behavior, 29(4), 1841-1848.
Sette, C. P., Lima, N. R. S., Queluz, F. N. F. R., Ferrari, B., & Filho, N. H. (2019). The online fear of missing out inventory (on-fomo): development and validation of a new tool. Journal of Technology in Behavioral Science, 5(1), 20–29. https://doi.org/10.1007/s41347-019-00110-0
Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2007). Using multivariate statistics. Allyn & Bacon/Pearson Education.
Aurelya, C. H. (2021). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap munculnya sindrom fear of missing out (fomo) (studi kasus media sosial tiktok di kalangan generasi z). Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Brown, T. A., & Moore, M. T. (2012). Confirmatory factor analysis. In R. H. Hoyle (Ed.), Handbook of structural equation modeling (pp. 361–379). The Guilford Press.
Creswell, J. W. (2014). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (ed. 4). SAGE Publications.
Hu, L. T. & Bentler, P. M. (1999). Cutoff criteria for fit indexes in covariance structure analysis: conventional criteria versus new alternatives. Structural Equation Modeling, 6 (1), 1-55.
Husna, S. (2023). Peran fear of missing out (FOMO) dan penggunaan media sosial terhadap artikulasi identitas keislaman pada kalangan milennial muslim yang mengikuti tren hijrah di Instagram. Jurnal Psikologi Sosial, 21(1), 1-11.
Kaplan, R. M. & Dennis P. S. (2018). Psychological testing. Cengage Learning.
Kumaidi. (2014). Validitas dan pemvalidasian instrumen penilaian karakter. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mawardi, M. (2019). Rambu-rambu Penyusunan skala sikap model likert untuk mengukur sikap siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 292–304. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p292-304
Nursatri, H. (2023). Hubungan antara fear of missing out (fomo) dengan psychological well-being pengguna media sosial tiktok pada mahasiswa tingkat akhir fakultas psikologi uin raden fatah Palembang. UIN Raden Fatah Palembang.
Nursodiq, F. (2019). Konseptualisasi fear of missing out pada mahasiswa pengguna smartphone. Universitas Sebelas Maret (UNS).
Przybylski, A. K., Murayama, K., DeHaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in human behavior, 29(4), 1841-1848.
Sette, C. P., Lima, N. R. S., Queluz, F. N. F. R., Ferrari, B., & Filho, N. H. (2019). The online fear of missing out inventory (on-fomo): development and validation of a new tool. Journal of Technology in Behavioral Science, 5(1), 20–29. https://doi.org/10.1007/s41347-019-00110-0
Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2007). Using multivariate statistics. Allyn & Bacon/Pearson Education.