Penerapan Token Economy dan Negative Punishment  untuk Mengurangi Durasi Penggunaan Media Sosial Instagram

Main Article Content

Siti Mardhiah
Yustiani Perbina Br Sitepu
Rani Hasanah Br Solin
Deby Melisa putri -
Rahmah Rezki Elvika

Abstract

Kecanduan media sosial dapat berdampak pada pemikiran individu sehingga menyebabkan masalah emosional seperti kecemasan, depresi, kemarahan, dan cacian. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi durasi penggunaan media sosial Instagram pada remaja menggunakan teknik token economy dan negative punishment agar tidak menjadi heavy users yang berdampak pada kecanduan. Subjek penelitian adalah seorang siswi berusia 16 tahun yang menunjukkan kriteria kecanduan media sosial Instagram. Metode penelitian yang digunakan yaitu single subject design dengan tipe pengambilan data A1-B-A2. Teknik token ekonomi memberikan reward berupa sticker ketika partisipan berhasil mengurangi durasi penggunaan Instagram, sementara negative punishment berupa penarikan sticker diterapkan jika penggunaan melebihi batas yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan penurunan signifikan dalam durasi penggunaan Instagram, dari rata-rata 230 menit/hari pada fase baseline (A1) menjadi rata-rata 96 menit/hari selama fase intervensi (B), dengan total akumulasi 118 sticker tanpa mendapatkan negative punishment dan pada pengukuran fase baseline (A2) menjadi 46 menit/hari. Kesimpulannya, penerapan teknik token ekonomi dan negative punishment terbukti efektif dalam menurunkan durasi penggunaan media sosial Instagram dan mengatasi kecanduan media sosial pada partisipan.

Article Details

How to Cite
Penerapan Token Economy dan Negative Punishment  untuk Mengurangi Durasi Penggunaan Media Sosial Instagram. (2025). Indonesian Journal of Behavioral Studies, 5(1), 1-11. https://doi.org/10.19109/ijobs.v5i1.27101
Section
Articles
Author Biographies

Yustiani Perbina Br Sitepu , Universitas Negeri Padang

-

Rani Hasanah Br Solin, Universitas Negeri Padang

-

Deby Melisa putri -

-

Rahmah Rezki Elvika, Universitas Negeri Padang

-

How to Cite

Penerapan Token Economy dan Negative Punishment  untuk Mengurangi Durasi Penggunaan Media Sosial Instagram. (2025). Indonesian Journal of Behavioral Studies, 5(1), 1-11. https://doi.org/10.19109/ijobs.v5i1.27101

References

Abuk, L., & Iswahydi, D. (2019, December). Dampak penggunaan media sosial facebook terhadap interaksi sosial remaja. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan (Vol. 3, pp. 311-318).

Andreassen, S., C., & Pallesen, S. (2014). Social network site addiction-an overview. Current pharmaceutical design, 20(25), 4053-4061.

Annur, C. M. (2024). Ini media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia awal 2024.

Diakses tanggal 25 April 2024, dari Databoks.

Ayllon, T. (1999). How to use token economy and point systems. 2nd Ed. Austin, Texas: Pro- Ed.

Bosman, L., & Zagenczyk, T. (2011). Revitalize your teaching: Creative approaches to applying social media in the classroom. Social media tools and platforms in learning environments, 3-15.

Bronfenbrenner, U. (1977). Menuju ekologi eksperimental perkembangan manusia. Psikolog Amerika, 32 (7), 513-531.

Chou, C., & Hsiao, M. C. (2000). Internet addiction, usage, gratification, and pleasure experience: the Taiwan college students’ case. Computers & Education, 35(1), 65-80.

Corey, G. (2016). Student Manual for Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy.

th Edition. USA: Brooks/Cole.

Farmer, R. F., & Chapman, A. L. (2016). Behavioral activation. In R. F. Farmer & A. L. Chapman, Behavioral interventions in cognitive behavior therapy: Practical guidance for putting theory into action (2nd ed., pp. 245–268). American Psychological Association.

Indrijati, H., Mastuti, E., & Surjaningrum, E. R. (2001). Studi perbedaan efektivitas antara metode manajemen kelas good behavior game dengan metode manajemen kelas yang selama ini diterapkan. Laporan penelitian (tidak diterbitkan). Surabaya: Universitas Airlangga.

Jamaludin, J., Syarifah, A., & Karyadi, K. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Kecanduan Media Sosial Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Edu Dharma Journal: Jurnal penelitian dan pengabdian masyarakat, 6(2), 138-155.

Maheswari, J., & Dwiutami, L. (2013). Pola perilaku dewasa muda yang kecenderungan kecanduan situs jejaring sosial. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi: JPPP, 2(1), 51-62.

Miltenberger, R. G. (2008). Behavior modification: Principles and procedures (4th ed).

Cengage Learning.

Mim, F. N., Islam, M. A., & Kumar, G. (2018). Impact of the use of social media on students’ academic performance and behavior change. Age, 18(20), 150.

Muhammad, N. (2024). Mayoritas anak muda Indonesia gunakan internet untuk media sosial.

Diakses tanggal 25 April 2024, dari Databoks.

Prout, H, T., & Fedewa, A. L. (2015). Counseling and psychotherapy with children and adolescents: Historical, developmental, integrative, and effectiveness perspectives. Counseling and Psychotherapy with Children and Adolescents: Theory and Practice for School and Clinical Settings, Fifth Edition, 1-24.

Santrock, J.W. (2007). Remaja. Erlangga.

Sarwono, S.W. (2011). Psikologi remaja. PT Raja Grafindo Persada.

Sigalingging, D, P, R. (2022). Blended technic terapi task centered dan token ekonomi dalam meningkatkan keterampilan sosial korban penyalahguna napza. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2 (1), 492-500. ISSN: 2807-5994

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Introduction to Research with Single Subjects. Center for Research on International Cooperation in Educational Development (CRICED): University of Tsukuba.

Surya, Y. W. I. (2002). Pola konsumsi dan pengaruh internet sebagai media komunikasi interaktif pada remaja (studi analisis resepsi pada remaja di Kotamadya Surabaya). Laporan penelitian (tidak diterbitkan). Surabaya: Universitas Airlangga.

Suryani, F. L. (2015). Instagram dan fashion remaja (Studi kasus peran media sosial Instagram terhadap trend fashion remaja dalam akun @OOTDINDO tahun 2014).

Wulandari, R., & Netrawati, N. (2020). Analisis tingkat kecanduan media sosial pada remaja.

Jurnal Riset Tindakan Indonesia. 5(2), 41-46.

Young, K, S., & Abreu, C. (2011). Internet addiction. A handbook and guide to evaluation and treatment. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.

Young, K. S. (1997, August). What makes the Internet addictive: Potential explanations for pathological Internet use. In 105th annual conference of the American Psychological Association (Vol. 15, pp. 12-30). August.

Young, K. S. (2009). Internet addiction: The emergence of a new clinical disorder. Cyberpsychology & behavior, 1(3).

Yumna, W. O., Husniah, W. O., & Kurniawan, U. T. (2022). Bimbingan kelompok melalui teknik token economy untuk mengurangi kecanduan media sosial siswa. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 1(01), 22-28.