Pengaruh Persepsi tentang Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan Profesi Guru terhadap Minat Mahasiswa untuk Menjadi Guru

Main Article Content

Beti Anggraini
Akmal Hawi
Ahmad Zainuri

Abstract

Minat merupakan suatu keinginan dari dalam diri seseorang yang timbul karena adanya ketertarikan terhadap sesuatu yang akan menimbulkan rasa keingintahuan yang tinggi dalam diri seseorang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat asosiatif kausal dan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai April 2020 di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan  Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, sampel penelitian berjumlah 152 orang siswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan menggunakan Nomogram Herry King dengan taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif persepsi mahasiswa tentang program pendidikan profesi guru (PPG) (sebesar 0,723 dengan nilai t sebesar 9,139 dan signifikansi 0,000) dan profesi guru (sebesar 0,201 dengan nilai t sebesar 3,994 dan signifikansi 0,000) terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Article Details

How to Cite
“Pengaruh Persepsi Tentang Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dan Profesi Guru Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Menjadi Guru”. Intizar 26, no. 2 (February 7, 2021): 107–116. Accessed September 18, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/6104.
Section
Artikel

How to Cite

“Pengaruh Persepsi Tentang Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dan Profesi Guru Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Menjadi Guru”. Intizar 26, no. 2 (February 7, 2021): 107–116. Accessed September 18, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/6104.

References

Alim, A. F. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Profesi Guru Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (S1) Jurusan Teknik Sipil FT UNP. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 4(1).
Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Remaja Rosdakarya.
Baharuddin, & Makin, M. (2010). Manajemen Pendidikan Islam Transformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul. UIN Maliki Press.
Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.
Djam’an, S. (2007). Profesi Keguruan. Universitas Terbuka.
Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Hidayatullah, F. (2009). Guru Sejati Membangun Insan Berkarakter Kuat Dan Cerdas. Yuma Pustaka.
Khairani, M. (2017). Psikologi belajar. Aswaja Pressindo.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.
Syah, M. (2013). Psikologi Belajar. Rajawali Pers.
Yahya, M. (2013). Profesi Tenaga Kependidikan. Pustaka Setia.