Pengaruh Integrasi Proses Reasearching Reasoning Reflecting (3R) pada Model Problem Basel Learning (PBL) terhadap Domain Pengetahuan Literasi Saintifik Siswa SMA Kelas X

Main Article Content

A.I Irvani
A Suhandi
L Hasanah

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh integrasi proses ResearchingReasoningReflecting (3R) pada model Problem BasedLearning (PBL) terhadap pengetahuan epistemik siswa pada pembelajaran fisika materi pengaruh kalor terhadap benda. Penelitian dilakukan terhadap 65 orang siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pembelajaran yang dilakukan berkaitan dengan materi pengaruh kalor terhadap benda. Domain pengetahuan merupakan bagian dari aspek literasi saintifik berdasarkan kerangka kerja PISA 2015. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan yang signifikan antara siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pembelajaran model Problem BasedLearning (PBL) yang dipadukan dengan proses ResearchingReasoningReflecting (3R) lebih meningkatkan pengetahuan epistemik siswa dibandingkan dengan pembelajaran Problem BasedLearning (PBL) biasa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
“Pengaruh Integrasi Proses Reasearching Reasoning Reflecting (3R) Pada Model Problem Basel Learning (PBL) Terhadap Domain Pengetahuan Literasi Saintifik Siswa SMA Kelas X”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 1, no. 1: 33–38. Accessed April 11, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1201.
Section
Artikel

How to Cite

“Pengaruh Integrasi Proses Reasearching Reasoning Reflecting (3R) Pada Model Problem Basel Learning (PBL) Terhadap Domain Pengetahuan Literasi Saintifik Siswa SMA Kelas X”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 1, no. 1: 33–38. Accessed April 11, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1201.