APLIKASI PENDEKATAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION MENGGUNAKAN MULTIMEDIA

Main Article Content

Ella Rodya

Abstract

Dalam proses belajar mengajar yang berlangsung di SMP N 07 Palembang siswa cendrung kurang aktif, dikarenakan  siswa menganggap mata pelajaran fisika tergolong sulit dipahami, sehingga berdampak pada hasil belajar fisika siswa. Untuk mengatasi permasalahan ini maka peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran STAD(Student Team Achievement Division) dengan menggunakan multimedia yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil  belajar siswa selama dan setelah diterapkan model pembelajaran STAD.Variabel dalam penelitian adalah aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran fisika di SMP N 07 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, dan menggunakan teknik observasi dan tes. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa selama diterapkan model pembelajaran STAD tergolong aktif dan hasil belajar siswa di peroleh nilai rata-rata siswa pada kelas VIII.6 yaitu mencapai nilai 81,5 dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
“APLIKASI PENDEKATAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION MENGGUNAKAN MULTIMEDIA”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 1, no. 1 (February 18, 2017): 22–32. Accessed April 11, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1202.
Section
Artikel

How to Cite

“APLIKASI PENDEKATAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION MENGGUNAKAN MULTIMEDIA”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 1, no. 1 (February 18, 2017): 22–32. Accessed April 11, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1202.