APLIKASI PENDEKATAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION MENGGUNAKAN MULTIMEDIA
Main Article Content
Abstract
Dalam proses belajar mengajar yang berlangsung di SMP N 07 Palembang siswa cendrung kurang aktif, dikarenakan siswa menganggap mata pelajaran fisika tergolong sulit dipahami, sehingga berdampak pada hasil belajar fisika siswa. Untuk mengatasi permasalahan ini maka peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran STAD(Student Team Achievement Division) dengan menggunakan multimedia yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa selama dan setelah diterapkan model pembelajaran STAD.Variabel dalam penelitian adalah aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran fisika di SMP N 07 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, dan menggunakan teknik observasi dan tes. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa selama diterapkan model pembelajaran STAD tergolong aktif dan hasil belajar siswa di peroleh nilai rata-rata siswa pada kelas VIII.6 yaitu mencapai nilai 81,5 dengan kategori baik.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
“APLIKASI PENDEKATAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION MENGGUNAKAN MULTIMEDIA”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 1, no. 1 (February 18, 2017): 22–32. Accessed April 11, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1202.
Section
Artikel
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
How to Cite
“APLIKASI PENDEKATAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION MENGGUNAKAN MULTIMEDIA”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 1, no. 1 (February 18, 2017): 22–32. Accessed April 11, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/1202.