Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Web Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Pada Prodi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Raden Fatah
Main Article Content
Abstract
Ketersedian buku yang sedikit sebagai sumber belajar utama merupakan aspek yang membuat kegiatan belajar menjadi tidak maksimal. Di sisi lain, saat ini ketersedian jaringan internet lebih mudah diakses dari pada sebuah buku. Pemanfaatan internet sebagai media sumber belajar menjadi menarik dilakukan karena akses yang mudah dan biaya yang murah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan sumber belajar berbasis web dalam menunjang kegiatan belajar pada Prodi Pendidikan Fisika UIN Raden Fatah. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall oleh Puslitjaknov. Terdapat 4 tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis produk, pengembangan produk awal, validasi ahli dan uji coba lapangan skala kecil. Produk dievaluasi dari aspek kelayakan sumber belajar yang terdiri dari kelayakan penyajian, kabahasaan, dan kegrafikan serta respon mahasiswa terhadap sumber belajar yang dikembangkan. Hasil kelayakan sumber belajar yang dilakukan oleh ahli terhadap kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan kegrafikan berada pada kriteria “sangat layak” dengan hasil penilaian dalam persentase masing-masing yaitu 87,50%; 94,44%; dan 81,81%. Kemudian melalui uji respon mahasiswa terhadap produk diperoleh penilaian pada aspek kemenarikan, bahasa, dan materi pada kriteria “sangat baik” dengan persentase nilai masing-masing 86,81%; 88,19%; dan 89,58%. Harapannya dengan kelayakan dan respon yang sangat baik oleh pengguna maka sumber belajar berbasis web ini dapat digunakan sebagai sumber belajar utama oleh mahasiswa.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
“Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Web Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Pada Prodi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Raden Fatah”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 2, no. 2 (December 14, 2018): 34–48. Accessed April 24, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/2659.
Section
Artikel
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
How to Cite
“Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Web Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Pada Prodi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Raden Fatah”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 2, no. 2 (December 14, 2018): 34–48. Accessed April 24, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/2659.
References
Ahmadi, A., dan A. Rohani.1995. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Chiou, Chei-Chang., Tien, Li-Chu., Lee Li-Tze. 2014. Effects on Learning of Multimedia Animation Combined with Multideminsional Concept Maps.Elsevier Computer & Education, 80, 211 – 223
Hamka. 2015. Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran pada Mahasiswa IAIN PALU. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, Vol.12 (1): 95-119.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto.2011. Media Pembelajaran Manualdan Digital, Edisi Kedua. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Lawanto. 2001. Pembelajaran Berbasis WEB Sebagai Metoda Komplemen Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan. Unitas, Vol 9 (1): 44-58.
Muslich, M. 2010. Text Book Writing. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Muttaqien, Z. 2011. Pemanfaatan BLOG Sebagai Media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadist Tingkat Madrasah Aliyah. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga (Tesis)
Pressman, Roger S. 2002. Software Engineering: A Practitioner’s Approach. New York: McGraw Hill Book Co.
Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.
Rosyidah, A. N., &Witjaksono, M. 2015. Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Memahami Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X IIS 1 Di SMA Islam Kepanjen Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 96-107.
Seels dan Richey. (1994). Instructional Technology. AECT. Washington, DC
Silviarista, M., dan Setyosari, P. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Mobile Untuk Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa Kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP). 4 (1), 22-27
Soeharto, K. 2003. Teknologi Pembelajaran Sistem, Konspetis dan Model, SAP, Evaluasi, Sumber belajar dan Media. Surabaya:SIC
Sumiati, dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima
Chiou, Chei-Chang., Tien, Li-Chu., Lee Li-Tze. 2014. Effects on Learning of Multimedia Animation Combined with Multideminsional Concept Maps.Elsevier Computer & Education, 80, 211 – 223
Hamka. 2015. Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran pada Mahasiswa IAIN PALU. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, Vol.12 (1): 95-119.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto.2011. Media Pembelajaran Manualdan Digital, Edisi Kedua. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Lawanto. 2001. Pembelajaran Berbasis WEB Sebagai Metoda Komplemen Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan. Unitas, Vol 9 (1): 44-58.
Muslich, M. 2010. Text Book Writing. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Muttaqien, Z. 2011. Pemanfaatan BLOG Sebagai Media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadist Tingkat Madrasah Aliyah. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga (Tesis)
Pressman, Roger S. 2002. Software Engineering: A Practitioner’s Approach. New York: McGraw Hill Book Co.
Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.
Rosyidah, A. N., &Witjaksono, M. 2015. Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Memahami Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X IIS 1 Di SMA Islam Kepanjen Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 96-107.
Seels dan Richey. (1994). Instructional Technology. AECT. Washington, DC
Silviarista, M., dan Setyosari, P. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Mobile Untuk Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa Kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP). 4 (1), 22-27
Soeharto, K. 2003. Teknologi Pembelajaran Sistem, Konspetis dan Model, SAP, Evaluasi, Sumber belajar dan Media. Surabaya:SIC
Sumiati, dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima