THE INFLUENCE OF THE ARISAN TYPE COOPERATIVE LEARNING MODEL ONTHE LEARNING OUTCOMES OF ELEMENTARY SCHOOL TEACHER EDUCATIONSTUDENTS
Main Article Content
Abstract
Downloads
Article Details
How to Cite
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Juhji, J. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dalam Pembelajaran IPA. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 9–22.
Kemdikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2016:
Akses Makin Meluas Saatnya Tingkatkan Kualitas. Diakses dari: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisaindonesia-2018 akses-makin-meluas-saatnya tingkatkan-kualitas 2019 Jakarta: Departemen Pen-didikan dan Kebudayaan.
Hamalik, O. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara.
Paradila, NA., Hakim, L & Lefudin. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 10 (2), 824-834.
Putri, OA., Suarlin & Hamzah, P. (2023). Penerapan Model Kooperatif Tipe Kartu Arisan Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Barru. Jurnal Pinisi Journal of Education, 3(4), 195-206.
Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Sahputra, RM., Hasmunir & Amri, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kartu Arisan untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 2 (2), 92-103.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan. Jakarta: Refika Aditama.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Unesco. (1990). New Trends in Integrated Science Teaching. Paris: Published in 1990 by the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.