Studi Penguasaan Konsep Vektor dalam Penyelesaian Berbagai Persoalan Fisika pada Perkuliahan Fisika Dasar

Main Article Content

Faizatul Mabruroh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan konsep vektor dalam penyelesaian berbagai persoalan fisika pada perkuliahan Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan Fisika UIN Raden Fatah Palembang. Dalam penelitian ini dibatasi pada permasalahan yaitu bagaimana kemampuan mahasiswa menerapkan (aplikasi) konsep vektor dalam penyelesaian berbagai persoalan fisika pada konsep operasi aljabar vektor, gerak dan gaya, kesetimbangan, dan medan listrik. Penelitian dilakukan terhadap 22 orang mahasiswa semester I tahun akademik 2017/2018. Sebagai alat pengumpul data digunakan instrumen penelitian Tes Penerapan Vektor berupa soal-soal berbentuk essay/uraian sebanyak 8 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam menghitung operasi dasar aljabar vektor sebesar 62,6%, untuk kemampuan dalam menggambarkan resultan vektor dengan metode grafis sebesar 40,5%, kemampuan dalam menggambarkan diagram benda bebas menggunakan pemahaman konsep penguraian vektor sebesar 24%, kemampuan dalam menggunakan rumus yang sesuai untuk setiap persoalan konsep vektor sebesar 44,83%, kemampuan menghitung dan menguraikan jawaban sebesar 41,6%, kemampuan dalam menunjukkan langkah pengerjaan soal secara baik sebesar 24,2%, dan kemampuan menerapkan  serta menggunakan konsep vektor secara baik pada setiap persoalan konsep yang ditanyakan sebesar 37,7% . Secara keseluruhan, mahasiswa cenderung mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep vektor dalam berbagai perhitungan konsep lain dalam fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
“Studi Penguasaan Konsep Vektor Dalam Penyelesaian Berbagai Persoalan Fisika Pada Perkuliahan Fisika Dasar”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 1, no. 2 (January 1, 1970): 42–54. Accessed December 5, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/2831.
Section
Artikel

How to Cite

“Studi Penguasaan Konsep Vektor Dalam Penyelesaian Berbagai Persoalan Fisika Pada Perkuliahan Fisika Dasar”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 1, no. 2 (January 1, 1970): 42–54. Accessed December 5, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/2831.

References

Anderson, Lorin W, David R Krathwohl, dkk. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. United States : Longman.
Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Dahar, Ratna Wilis. 1996. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Daryanto. 1997. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Faisal, Sanapiah dan Drs. Mulyadi Guntur Waseso. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.
Fathurrohman, Prof. Pupuh dan M.Sobry Sutikno, M.Pd. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : PT. Refika Adiatama.
Forehand, M. 2005. Bloom’s Taxonomy : Original and Revised. http://www.coe.uga.edu/epltt/bloom.htm.
Giancoli, Douglas C. 1998. Fisika : Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga.
Kanginan, Marthen. 2003. Fisika SMU Kelas 1 Semester 1. Jakarta : Erlangga.
M. Amirin, Tatang. 1986. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta : CV. Rajawali.
Purwanto, Ngalim. 1984. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remadja Karya.
Resnick dan Halliday. 1992. Fisika Jilid 1 Edisi Ketiga. Jakarta : Erlangga.
Siregar, Ir. Syofian. 2010. Statistik Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Sudjana. 1996. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sudjana, Nana. 1988. Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Sinar Baru.
Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan : Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta : Bumi Aksara.