Upaya Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Melalui Penugasan Catatan TS (Tulis dan Susun)

Main Article Content

Sheila Fitriana

Abstract

Kurangnya keaktifan siswa dan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika menyebabkan rendahnya tingkat kelulusan siswa dalam batas standar ketuntasan minimal  Di samping itu, metode yang digunakan oleh guru kurang variatif dan membosankan. Oleh sebab itu dilakukan sebuah penelitian dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Fisika siswa kelas X melalui penugasan catatan TS (tulis dan susun). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur penelitian dilakukan secara bersiklus yaitu dimulai dari perencanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi. Adapun objek penelitian ini adalah siswa SMA Pertiwi 1 Kelas X4 sebanyak 39 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran Fisika yang dilakukan dengan menggunakan  penugasan catatan TS menjadikan siswa semakin aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari aktivitas siswa yang terus meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, sebagian besar kadar keaktifan siswa berada pada skala rendah yaitu di skala 1 dan skala 2, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dimana aktivitas siswa sebagian besar berada pada skala 3 dan 4. Hasil belajar siswa  mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dilihat dari persentase ketuntasan belajar yang dipoeroleh pada siklus I yaitu 20,5% dan mengalami peningkatan pada siklus II sehingga persentase ketuntasan yang diperoleh menjadi 66,67%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
“Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Melalui Penugasan Catatan TS (Tulis Dan Susun)”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 3, no. 1 (July 15, 2019): 24–33. Accessed May 28, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/3218.
Section
Artikel

How to Cite

“Upaya Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Melalui Penugasan Catatan TS (Tulis Dan Susun)”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 3, no. 1 (July 15, 2019): 24–33. Accessed May 28, 2024. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/3218.

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Yogyakarta.

Asmarisa, Noni Dkk. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Catatan Tulis dan Susun terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Perkembangan Konsep Reaksi Redoks Kelas X MAN Malang.Http://JurnalOnline.Um.Ac.Id/Data/Artikel/Artikel98bdfe7b5247a2b293bb3bf1fd08d01f.Pdf. Diakses Pada Tanggal 9 Mei 2019.

DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2003. Quantum Learnig: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. PT.Rineka. Jakarta.

Sarwono, S.W. 2000. Teori-teori Psikolologi Sosial. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sudjana, N. 2001. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Argesindo.

Sudjana. 2002. Metode Statistika Edisi keenam. PT. Tarsito. Bandung.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung. Bandung.

Thoha, C. 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Utari, Nadia. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching yang Dipadukan dengan Teknik Catatan Tulis dan Susun Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan dan Elektronika Kelas X Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 5 Padang. Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Index.Php/Voteknika/Article/View/3273. Diakses pada tanggal 9 Mei 2019.

Wandhira, Retno Wandhira dan Mulyanratna, Wadewi. 2012. Penerapan Teknik Catatan Tulis dan Susun dalam Pembelajaran Quantum Teaching Pada Materi Pokok Bunyi di SMP Negeri 1 Mojokerto. Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Inovasi-Pendidikan-Fisika/Article/View/389/309. Diakses pada tanggal 9 Mei 2019.