Pengaruh Penggunaan Metode Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di Sekolah Menengah Pertama
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar skor signifikansi pengaruh penggunaan metode Index Card Match terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Keliling Danau Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis komparasional yaitu uji beda rata-rata dengan “t” Test. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIB. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan tes. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode Index Card Match terhadap hasil belajar fisika pada mata pelajaran cahaya di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Keliling Danau Kabupaten Kerinci. Dimana diperoleh to sebesar 4,076 sedangkan tt 2,06 dan 2,78 sehingga to lebih besar dari tt maka Hipotesis Alternatif diterima.
Kata Kunci: Metode, Index Card Match, Hasil Belajar
Kata Kunci: Metode, Index Card Match, Hasil Belajar
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
“Pengaruh Penggunaan Metode Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Di Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 3, no. 1 (July 10, 2019): 11–17. Accessed April 19, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/3221.
Section
Artikel
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
How to Cite
“Pengaruh Penggunaan Metode Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Di Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 3, no. 1 (July 10, 2019): 11–17. Accessed April 19, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/3221.
References
Anonim. 1998. Alqur’an dan Terjemahannya.
Anonim. 2004. Pedoman Penulisan Skripsi dan Karya Ilmiah. IAIN STS Jambi.
Arikunto,suharsimi 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta
Arikunto,suharsimi 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta
Astuti, Cindy Cahyaning. 2017. Analisis Korelasi untuk Mengetahui Keeratan Hubungan antara Keaktifan Mahasiswa dengan Hasil Belajar Akhir. Journal of Information Computer Technology Education, 1 (1), April 2017,1-7E. ISSN 2541-5107 .http//ojs.umsida.ac.id/index.php/jicte DOILink:https://doi.org/10.21070/jicte.v1i1.1127
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zein. 1996. Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta. Jakarta
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belaja Mengajar. Bumi Aksara. Bandung
Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Bumi Aksara. Jakarta
Mukhtar dan Samsul. 2003. Evaluasi yang Sukses Pedoman Mengukur Kinerja Pembelajaran. Sasama Mitra Suksesa. Jakarta
Ni’mah,Tatmimatun, Triyono, dan Joharman. Penerapan metode Index Card Match Untuk meningkatkan keaktifan Dalam pembelajaran IPS Siswa kelas IV SD, FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret
Nurhayati, E, 2008, Skripsi: Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Aktif Tipe Team quiz Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Kuntansi Siswa Kelas X Ak Smk Negeri 3 Jepara Tahun 2006/2007. Universitas Negeri Semarang
Priyono, S. 2006. Belajar Aktif. Http://myaghnee.blogspot.com/. Diakses 12 Februari 2010
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta. Bandung
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Rieneka Cipta Jakarta.
Sabri, Ahmad. 2007. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. PT. Ciputat Press. Ciputat
Sanjaya, Wina. 2006. Active Learning : 101 Cara Belajar Aktif. Nusa Media. Bandung
Silberman. 2009. Active Learning : 101 Cara Belajar Aktif. Nusa Media. Bandung
Subari. 1994. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Perbaikan Situasi Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta
Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grapindo Persada. Jakarta
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung
Sugiono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. AlfaBeta. Bandung
Sumantri, dkk. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Depertemen Pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar. Surabaya.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Winisandia, Dinta, Fitriani, dan dedeh kurniasih. 2018. Efektivitas Strategi Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Teori Hibridisasi Kelas XI IPA SMA negeri 1 Sungai Raya. Ar-Razi Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Pontianak. Vol. 6 No. 2, Agustus 2018. DOI: http://dx.doi.org/10.29406/ar-r.v6i2.1221
Yamin, Martinis. 2004. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Gaung Persada. Jakarta.
Anonim. 2004. Pedoman Penulisan Skripsi dan Karya Ilmiah. IAIN STS Jambi.
Arikunto,suharsimi 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta
Arikunto,suharsimi 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta
Astuti, Cindy Cahyaning. 2017. Analisis Korelasi untuk Mengetahui Keeratan Hubungan antara Keaktifan Mahasiswa dengan Hasil Belajar Akhir. Journal of Information Computer Technology Education, 1 (1), April 2017,1-7E. ISSN 2541-5107 .http//ojs.umsida.ac.id/index.php/jicte DOILink:https://doi.org/10.21070/jicte.v1i1.1127
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zein. 1996. Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta. Jakarta
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belaja Mengajar. Bumi Aksara. Bandung
Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Bumi Aksara. Jakarta
Mukhtar dan Samsul. 2003. Evaluasi yang Sukses Pedoman Mengukur Kinerja Pembelajaran. Sasama Mitra Suksesa. Jakarta
Ni’mah,Tatmimatun, Triyono, dan Joharman. Penerapan metode Index Card Match Untuk meningkatkan keaktifan Dalam pembelajaran IPS Siswa kelas IV SD, FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret
Nurhayati, E, 2008, Skripsi: Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Aktif Tipe Team quiz Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Kuntansi Siswa Kelas X Ak Smk Negeri 3 Jepara Tahun 2006/2007. Universitas Negeri Semarang
Priyono, S. 2006. Belajar Aktif. Http://myaghnee.blogspot.com/. Diakses 12 Februari 2010
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta. Bandung
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Rieneka Cipta Jakarta.
Sabri, Ahmad. 2007. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. PT. Ciputat Press. Ciputat
Sanjaya, Wina. 2006. Active Learning : 101 Cara Belajar Aktif. Nusa Media. Bandung
Silberman. 2009. Active Learning : 101 Cara Belajar Aktif. Nusa Media. Bandung
Subari. 1994. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Perbaikan Situasi Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta
Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grapindo Persada. Jakarta
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung
Sugiono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. AlfaBeta. Bandung
Sumantri, dkk. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Depertemen Pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar. Surabaya.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Winisandia, Dinta, Fitriani, dan dedeh kurniasih. 2018. Efektivitas Strategi Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Siswa pada Sub Materi Teori Hibridisasi Kelas XI IPA SMA negeri 1 Sungai Raya. Ar-Razi Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Pontianak. Vol. 6 No. 2, Agustus 2018. DOI: http://dx.doi.org/10.29406/ar-r.v6i2.1221
Yamin, Martinis. 2004. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Gaung Persada. Jakarta.