Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Media CD Program Dengan Pendekatan Tutorial Di SMP
Main Article Content
Abstract
Upaya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dikelas adalah suatu kewajiban bai guru sebagai salah satu usaha untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional di Indonesia. Telah dilakukan peneltian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) pada 32 orang siswa dengan tujuan untuk mengetahui penigkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan media CD Program melalui pendekatan tutorial.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media CD Program melalui pendekatan tutorial pada mata pelajaran fisika kelas VIIIc SMP Negeri 7 Muaro Jambi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswaalam proses pembelajaran jika dilihat dari 3 siklus pembelajaran yang dilakukan. Siklus pertama diperoleh nilai rata-rata 5,08, pada siklus kedua diperoleh nilai rata-rata 6,25 dan pada siklus ketiga diperoleh nilai rata-rata 6,59 dengan peningkatan persentase keberhasilan masing-masing sebesar 31,3%, 53,13%, dan 78,12%.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
“Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Media CD Program Dengan Pendekatan Tutorial Di SMP”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 3, no. 1 (June 30, 2019): 1–10. Accessed April 19, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/3386.
Section
Artikel
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
How to Cite
“Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Media CD Program Dengan Pendekatan Tutorial Di SMP”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 3, no. 1 (June 30, 2019): 1–10. Accessed April 19, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/3386.
References
Latuheru, J. D. 1988. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar mengajar Masa Kini. Jakarta: Dirjen DIKTI P2LPTK
Nasution S. 1999. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajara dan Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Newby et al.Diakses Tanggal 25 Januari.(http;//www.scribd.com,2006)
Oemar Hamalik. 2006. “Kurikulum dan Pembelajaran”. Jakarta, Bumi Aksara.
Sairi, Andi. “Pengembangan Buku Saku (E-Media) Termodinamika Berorientasi Android”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 2, no. 2 (December 14, 2018): 20-33. Accessed July 10, 2019. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/2664.
Slameto. 1998. Belajar Dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka
Nasution S. 1999. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajara dan Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Newby et al.Diakses Tanggal 25 Januari.(http;//www.scribd.com,2006)
Oemar Hamalik. 2006. “Kurikulum dan Pembelajaran”. Jakarta, Bumi Aksara.
Sairi, Andi. “Pengembangan Buku Saku (E-Media) Termodinamika Berorientasi Android”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 2, no. 2 (December 14, 2018): 20-33. Accessed July 10, 2019. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/2664.
Slameto. 1998. Belajar Dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka