Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berbantuan Media Poster terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Main Article Content

Siti Nur Rahmah
Muhammad Kafrawi
Alwan Mahsul

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan bantuan media poster pada aktivitas dan hasil belajar fisika siswa di MTs Darunnajah Al-Falah Telagawaru. Sampelnya kelas VIIIA  21 orang dan kelas VIIIB 17 orang  menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen 19,25 berada pada interval 19,25 ≤ A ≤ 22,75 kategori aktif dan kelas kontrol 11,75 berada pada interval 07,00 ≤ A ≤ 12,25 kategori sangat kurang aktif. Sedangkan hasil belajar diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 74,12 dan kelas kontrol 63,67. Melalui uji hipotesis dengan menggunakan t-test pooled varian, diperoleh thitung > ttabel atau 2,42  > 2,04 dengan dk = dan taraf signifikan 5%, yang berarti ada perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran kooperatif  tipe STAD berbantuan media poster terhadap aktivitas dan hasil belajar fisika siswa di MTs Darunnajah Al-Falah Telagawaru tahun ajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
“Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 3, no. 2 (December 31, 2019): 58–62. Accessed April 18, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/3845.
Section
Artikel

How to Cite

“Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 3, no. 2 (December 31, 2019): 58–62. Accessed April 18, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/3845.

References

Astuti, A. M. (2016). Statistika Penelitian. Mataram: Insan Madani Publishing.

Bahtiar. (2015). Strategi Belajar Mengajar Sains (IPA). Mataram: IAIN Mataram.

Erina, R., & Kuswanto, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran InSTAD Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Fisika di SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 202–211.

Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Tekik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. Cived Jurusan Teknik Sipil, 5(1), 2175–2182.

Kafrawi, M. (2015). Penerapan Strategi Motivasional ARCS Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Dompu Tahun Ajaran 2014/2015. Program Pasca Sarjana UAD, Yogyakarta.

Kusumawardani, N., Siswanto, J., & Purnamasari, V. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 170–174.

Niska, B., & Gregorius, J. (2013). Penggunaan Media Poster Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. JPGSD, 01(02), 0-216.

Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206–218.