Deskripsi Sikap Siswa Dalam Kesenangan Belajar Fisika dan Ketertarikan Memeperbanyak Waktu Belajar Fisika di SMAN Batanghari
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sikap kesenangan dalam belajar fisika dan ketertarikan memperbanyak waktu belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis metode deskriptif. Penelitian ini melibatkan 151 siswa-siswi di SMAN 10 Batanghari. Instumen yang digunakan berupa angket sikap dengan indikator kesenangan dalam belajar fisika dan ketertarikan memperbanyak waktu belajar fisika. Hasil dari penelitian ini adalah pada indikator kesenagan dalam belajar fisika yaitu pada kategori Cukup dengan presentase 47 % dan pada indicator ketertarikan memperbanyak waktu belajar fisika pada kategori Cukup dengan presentase 62.3 %. Berdasarkan hasil tersebut sikap siswa terhadap pembelajaran fisika di SMAN 10 Batanghari sudah cukup baik.
Downloads
Article Details
How to Cite
References
Astalini, D. A. Kurniawan, R. Perdana, W. Kurniawan. (2019). Identification Attitudes Of Learners On Physics Subject. Journal Of Education Science And Technology. 5 (1). 39-48
Astalini., D. A. Kurniawan, Sumaryanti. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika Di SMAN Kabupaten Batanghari. Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika. 3 (2). 39-64.
D.A, Kurniawan, A. Astalini, D.Darmaji, R. Meisayanti. (2019). Students Attitude Toward Natural Science. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 8 (3). 455-460.
Darmawangsa. R. Astalini., D.A Kurniawan. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Atas Terhadap Mata Pelajaran Fisika. JPF Jurnal Pendidikan Fisika. 6 (1). 107-113.
Endang K.S, Sri. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Observation Feedback Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas V SD Negeri 157 Pekan Baru. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran). 2 (2). 208-213.
J. M. Asmani. (2011). 7 Tips Aplikasi PAKEM. Jogjakarta : Diva Press.
Joko Yunanto, Sri. (2004). Sumber Belajar Anak Cerdas. Jakarta : PT. Grasindo.
Liaghatdar, M.J., Soltani,. A., & Abedi. A. (2011). Validity Study Of Attitudes Toward Science Among Iranian Secondary School Students. International Education Studied.
Maison, D.A. Kurniawan, L.R Rofiatu Sholihah. (2018). Deskripsi Sikap Siswa SMA Negeri Pada Mata Pelajaran Fisika. EDUSAINS. 10 (1). 160-167.
Rabiah. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dikelas VI SD Negeri 031 Pulau Kijang. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). 2 (3). 463-467.
Z. Trinova. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Jurnal Al-Ta’lim. 1(3). 209-215