Deskripsi Sikap Siswa Dalam Kesenangan Belajar Fisika dan Ketertarikan Memeperbanyak Waktu Belajar Fisika di SMAN Batanghari
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sikap kesenangan dalam belajar fisika dan ketertarikan memperbanyak waktu belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis metode deskriptif. Penelitian ini melibatkan 151 siswa-siswi di SMAN 10 Batanghari. Instumen yang digunakan berupa angket sikap dengan indikator kesenangan dalam belajar fisika dan ketertarikan memperbanyak waktu belajar fisika. Hasil dari penelitian ini adalah pada indikator kesenagan dalam belajar fisika yaitu pada kategori Cukup dengan presentase 47 % dan pada indicator ketertarikan memperbanyak waktu belajar fisika pada kategori Cukup dengan presentase 62.3 %. Berdasarkan hasil tersebut sikap siswa terhadap pembelajaran fisika di SMAN 10 Batanghari sudah cukup baik.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
“Deskripsi Sikap Siswa Dalam Kesenangan Belajar Fisika Dan Ketertarikan Memeperbanyak Waktu Belajar Fisika Di SMAN Batanghari”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 4, no. 1 (July 19, 2020): 1–5. Accessed April 10, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/4868.
Section
Artikel
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.
How to Cite
“Deskripsi Sikap Siswa Dalam Kesenangan Belajar Fisika Dan Ketertarikan Memeperbanyak Waktu Belajar Fisika Di SMAN Batanghari”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 4, no. 1 (July 19, 2020): 1–5. Accessed April 10, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/4868.
References
Astalini, D. A Kurniawan, D. K Sari & W. Kurniawan (2019). Description Of Scientific Normality, Attitudes Of Investigation And Interested Career On Physics In Senior High School. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika). 4 (2). 56-63.
Astalini, D. A. Kurniawan, R. Perdana, W. Kurniawan. (2019). Identification Attitudes Of Learners On Physics Subject. Journal Of Education Science And Technology. 5 (1). 39-48
Astalini., D. A. Kurniawan, Sumaryanti. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika Di SMAN Kabupaten Batanghari. Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika. 3 (2). 39-64.
D.A, Kurniawan, A. Astalini, D.Darmaji, R. Meisayanti. (2019). Students Attitude Toward Natural Science. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 8 (3). 455-460.
Darmawangsa. R. Astalini., D.A Kurniawan. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Atas Terhadap Mata Pelajaran Fisika. JPF Jurnal Pendidikan Fisika. 6 (1). 107-113.
Endang K.S, Sri. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Observation Feedback Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas V SD Negeri 157 Pekan Baru. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran). 2 (2). 208-213.
J. M. Asmani. (2011). 7 Tips Aplikasi PAKEM. Jogjakarta : Diva Press.
Joko Yunanto, Sri. (2004). Sumber Belajar Anak Cerdas. Jakarta : PT. Grasindo.
Liaghatdar, M.J., Soltani,. A., & Abedi. A. (2011). Validity Study Of Attitudes Toward Science Among Iranian Secondary School Students. International Education Studied.
Maison, D.A. Kurniawan, L.R Rofiatu Sholihah. (2018). Deskripsi Sikap Siswa SMA Negeri Pada Mata Pelajaran Fisika. EDUSAINS. 10 (1). 160-167.
Rabiah. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dikelas VI SD Negeri 031 Pulau Kijang. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). 2 (3). 463-467.
Z. Trinova. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Jurnal Al-Ta’lim. 1(3). 209-215
Astalini, D. A. Kurniawan, R. Perdana, W. Kurniawan. (2019). Identification Attitudes Of Learners On Physics Subject. Journal Of Education Science And Technology. 5 (1). 39-48
Astalini., D. A. Kurniawan, Sumaryanti. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika Di SMAN Kabupaten Batanghari. Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika. 3 (2). 39-64.
D.A, Kurniawan, A. Astalini, D.Darmaji, R. Meisayanti. (2019). Students Attitude Toward Natural Science. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 8 (3). 455-460.
Darmawangsa. R. Astalini., D.A Kurniawan. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Atas Terhadap Mata Pelajaran Fisika. JPF Jurnal Pendidikan Fisika. 6 (1). 107-113.
Endang K.S, Sri. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Observation Feedback Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas V SD Negeri 157 Pekan Baru. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran). 2 (2). 208-213.
J. M. Asmani. (2011). 7 Tips Aplikasi PAKEM. Jogjakarta : Diva Press.
Joko Yunanto, Sri. (2004). Sumber Belajar Anak Cerdas. Jakarta : PT. Grasindo.
Liaghatdar, M.J., Soltani,. A., & Abedi. A. (2011). Validity Study Of Attitudes Toward Science Among Iranian Secondary School Students. International Education Studied.
Maison, D.A. Kurniawan, L.R Rofiatu Sholihah. (2018). Deskripsi Sikap Siswa SMA Negeri Pada Mata Pelajaran Fisika. EDUSAINS. 10 (1). 160-167.
Rabiah. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dikelas VI SD Negeri 031 Pulau Kijang. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). 2 (3). 463-467.
Z. Trinova. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Jurnal Al-Ta’lim. 1(3). 209-215