Pengembangan media pembelajaran berbantuan Aplikasi Maple pada materi grafik fungsi trigonometri

Main Article Content

Al Afidatul Khulus
Hanif Amrulloh
Ari Rohmawati
Hernisawati Hernisawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan software Maple pada materi grafik fungsi trigonometri dan mengetahui bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang dihasilkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian pengembangan perangkat 4D (Four D Model) namun dibatasi hanya sampai tahap development dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Excellent di MA Ma’arif Roudlotut Tholibin Metro Utara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kualitas kevalidan media dari aspek materi memperoleh persentase 85% dengan kriteria sangat layak dan aspek media memperoleh persentase 83,50% dengan kriteria sangat    layak. Sedangkan respon peserta didik memperoleh nilai 83% dengan kriteria sangat menarik, hal ini menunjukkan media yang dikembangkan mempunyai kriteria sangat menarik dan layak digunakan sebagai media dalam kegiatan belajar mengajar pada materi grafik fungsi Trigonometri di MA Ma’arif Roudlotut Tholibin Metro Utara di kelas X Excellent.
 

Article Details

How to Cite
Khulus, A. A., Amrulloh, H., Rohmawati, A., & Hernisawati, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbantuan Aplikasi Maple pada materi grafik fungsi trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(1), 81-92. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i1.11116
Section
Artikel

How to Cite

Khulus, A. A., Amrulloh, H., Rohmawati, A., & Hernisawati, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbantuan Aplikasi Maple pada materi grafik fungsi trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(1), 81-92. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i1.11116

References

Amrulloh, H., & Mahmudah, M. (2020). Pembelajaran IPA SD/MI yang menyenangkan.

Anita, T., Hasanah, N., Huda, C., & Kurniawati, M. (2017). Pengembangan modul pembelajaran Fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi gelombang bunyi untuk siswa SMA kelas XII. Momentum: Physics Education Journal, 1(1), 56–65. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i1.1631

Batubara, H. H. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk siswa SD/MI [development of android-based mathematics learning media for Elementary/MI students]. Muallimuna; Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–27. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.952

Choirudin, C., Ningsih, E. F., Amrulloh, H., Anwar, M. S., Azizah, I. N., & Prastika, M. S. (2020). Development of Learning Media for Ethnomathematics and Culture of Lampung with the Powtoon Application. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 141–152. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.141-152

Daud, M. K., & Kamalussafir, M. (2019). Akurai arah kiblat komplek pemakaman ditinjau menurut kaidah trigonometri (studi kasus di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh). SAMARAH: Jurnal Hukum Keluarga Dan Hukum Islam, 2(2), 502–529. https://doi.org/10.22373/sjhk.v2i2.4750

Gr. Voskoglou, M. (2019). Communities of practice for teaching and learning mathematics. American Journal of Educational Research, 7(6), 386–391. https://doi.org/10.12691/education-7-6-2

Maharani, M., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2018). Media pembelajaran matematika berbasis kartun untuk menurunkan kecemasan siswa. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 101–106. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2036

Mahmudah, M., Aziz, I., Habibah, U., Fauzan, F., & Amrulloh, H. (2020). Solution problems of Islamic Elementary Students in memorizing the holy Qur’an. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(2), 261–271. https://doi.org/10.32934/jmie.v4i2.188

McLaren, B. M., Adams, D. M., Mayer, R. E., & Forlizzi, J. (2017). A computer-based game that promotes mathematics learning more than a conventional approach. International Journal of Game-Based Learning, 7(1), 36–56. https://doi.org/10.4018/IJGBL.2017010103

Misri, M. A. (2017). Pengembangan modul pembelajaran statistika data tunggal menggunakan aplikasi maple. Procediamath, 1(1), 72–81.

Novtiar, C., & Fitrianna, A. Y. (2019). Development of innovative teaching and learning module in linear algebra course assisted by Maple. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012050

Nugraheni, N. (2017). Penerapan media komik pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Sidarta, K. T., & Yunianta, T. N. H. (2019). Pengembangan kartu domino (domino matematika trigono) sebagai media pembelajaran pada matakuliah trigonometri. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 62–75. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p62-75

Subroto, T., & Sholihah, W. (2018). Analisis hambatan belajar pada materi trigonometri dalam kemampuan pemahaman matematis siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 109–120. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2624

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066

Zarnuji, A., Amrulloh, H., & Azizah, I. N. (2019). Utilization of rice husk waste for paper raw materials as an arabic calligraphy media. Engagement : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 43–54. https://doi.org/10.29062/engagement.v3i1.49

Zayyadi, M., Lanya, H., & Irawati, S. (2019). Geogebra dan maple sebagai media pembelajaran matematika untuk meningkatkan kualitas guru matematika. Abdimas Dewantara, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.30738/ad.v2i1.2919