Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pada masa pandemi Covid-19

Main Article Content

Meidytha Puti Sabrina
Agustiany Dumeva Putri
Harisman Nizar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dan mendeskripsikan masing-masing tingkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dalam pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian    adalah siswa MAN di Palembang kelas X IPA 1 yang terdiri dari 15 siswa. Pengambilan subjek sebanyak 3 subjek menggunakan purposive sampling dari nilai tes dan pertimbangan guru matematika yaitu 1 subjek kemampuan komunikasi matematis tingkat tinggi, 1 subjek kemampuan komunikasi matematis tingkat sedang, dan 1 subjek kemampuan komunikasi matematis tingkat rendah. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis untuk subjek dengan kemampuan tinggi memenuhi tiga indikator kemampuan komunikasi matematis sebanyak 2 orang dengan hasil tes mencapai nilai, subjek dengan kemampuan komunikasi sedang memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis sebanyak 12 orang dengan hasil tes mencapai , dan subjek dengan kemampuan komunikasi rendah belum memenuhi keseluruhan indikator kemampuan komunikasi    matematis sebanyak 1 orang dengan hasil tes mencapai.
 

Article Details

How to Cite
Sabrina, M. P., Putri, A. D., & Nizar, H. (2022). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 155-167. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i2.11146
Section
Artikel

How to Cite

Sabrina, M. P., Putri, A. D., & Nizar, H. (2022). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 155-167. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i2.11146

References

Amir, Z., & Risnawati, R. (2015). Psikologi pembelajaran matematika. In Aswaja Pressindo. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan komunikasi matematis siswa. Jurnal Theorems, 1(2), 82–91.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119–128. https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. In Bandung: Refika Aditama.

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. In Jakarta: Salemba Humanika.

Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2019). Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal geometri kubus dan balok. PRISMA, 8(1), 68–79. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.648

Hodiyanto. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu, 7(1), 9–17. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397

Khaini, F. N. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam mengubah soal cerita menjadi model matematika pada siswa kelas VIII MTs Darussalam Kademangan Blitar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(4), 459–469. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i4.109

Krisnawati, K. (2009). Studi kasus terhadap penyelesaian sistem persamanaan linear dengan eliminasi gauss. Jurnal Dasi, 10(1).

Kula, K., Murniasih, T. R., & Wulandari, T. C. (2019). Kemampuan komunikasi tertulis peserta didik pada materi lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(1), 1–12. https://doi.org/10.21043/jpm.v2i1.6346

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: Refika Aditama.

Limbong, O. P., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Kesiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di SMK Negeri 2 Toraja Utara pada masa pandemi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 37–45. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i1.3265

NCTM. (2000). Principles and standard for school mathematics. Reston, Virginia: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Rizqi, A. A. (2016). Kemampuan komunikasi matematis siswa melalui blended learning berbasis pemecahan masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 191–202.

Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Wulandari, S., Mirza, A., & Sayu, S. (2014). Kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar pada SMA Negeri 10 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(9), 1–11.