Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas

Main Article Content

Merva Juniarti
Agustiany Dumeva Putri
Harisman Nizar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana tingkat kemampuan penalaran matematis dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dimasa pandemic covid-19 pada siswa kelas VII SMP di Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.10 pada SMP di Palembang yang berjumlah 30 siswa. Peneliti mengambil masing-masing 1 siswa mewakili kriteria tingkat tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, tes tertulis dan dokumentasi. Tes soal yang diberikan terdiri dari 5 soal dengan materi himpunan. Teknik analsis data dalam penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman, yang meliputi 3 kegiatan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa dikelas VII.10 diperoleh 13,3% siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis tingkat tinggi, 70% siswa yang memiliki kemampauan penalaran matematis tingkat sedang, dan 16,7% siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis tingkat rendah. Dapat diketahui bahwa hampir seluruh siswa memiliki tingkat kemampuan sedang. Dalam kategori tersebut masih dibawah nilai rata-rata dalam kemampuan penalaran matematis siswa.

Article Details

How to Cite
Juniarti, M., Putri, A. D., & Nizar, H. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(1), 25-39. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i1.11150
Section
Artikel

How to Cite

Juniarti, M., Putri, A. D., & Nizar, H. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(1), 25-39. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i1.11150

References

Agustin, S. S., Purwanti, S. E., Maarif, S., & Soebagyo, J. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dengan Penyajian Masalah Open-Ended Pada Pembelajaran Daring. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 66–80. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.19

Arisisari, A., Yopa, Y., Karennisa, F., Farisma, S., Pendi, P., Juwita, I., & Anisa, F. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Daring Siswa SMP Di Bangka Belitung Pada Masa Pandemi Covid-19. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 73–80. https://doi.org/10.24127/emteka.v2i1.590

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Darmawan, I. (2020). “Pembelajaran Pendidikan Jasmani Secara Tatap Muka Di Era New Normal.” Seminar & Conference Nasional Keolahragaan., 1.

Kemendikbud. (2013). UU SISDIKNAS Nomor 20 Tahun 2003. KEMENDIKBUD.

Kemendikbud. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Milles, M. B., Huberman, M. A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A methods Sourcebook Edition 3 (Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi). In Sage Publications, Inc.

Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 402–409. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.840

Nugraheni, W. (2017). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Faktorisasi Aljabar. Journal of Personality and Social Psychology, 1(1).

Palinggi, H., & Tambunan, W. (2021). Analisis Sistem Manajemen Pembelajaran Tatap Muka Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Kristen Rantepao. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 21–27. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i1.3263

Prajono, R., Rahmat, R., Maryanti, E., & Salim, S. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa ditinjau dari Gender. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 208–218. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.3641

Sugandi, A. I., Bernard, M., & Linda, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Di Era Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 993–1004. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3133

Utari, W., Hikmawati, V. Y., & Gaffar, A. A. (2020). Blended Learning: Strategi Pembelajaran Alternatif di Era New Normal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 262–269.

WulandarI. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri 3 Bulu Kumba. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1).