Pembinaan Guru Berbasis Lesson Study dalam Rangka Mengembangkan Kompetensi Guru Matematika
Main Article Content
Abstract
Proses pembelajaran secara garis besar menuntut sang guru untuk menyajikan proses pembelajaran yang aktif dan kreatif dan juga menyampaikan materi dengan cara yang menyenangkan. Oleh karena itu, sang guru haruslah pempunyai banyak pengalaman, memahami teori-teori pembelajaran dan mengusai meteri secara baik. Membangun mental guru professional harus sudah dibangun sedini mungkin. Pengabdian ini menggambarkan pembinaan kepada guru, pembinaan pengelolaan pembelajaran, pengembangan mutu pembelajaran dan sistem pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran, implementasi Lesson Study dalam mengembangkan kompetensi guru dan mengungkap secara deskriptif proses pelaksanaan Lesson Study dan temuan-temuan selama pelaksanaan Lesson Study. Pengabdian ini dilakukan di Pondok Pesantren Ar- Rahman yang meliputi pembinaan guru di Pondok Pesantren Ar- Rahman. Kemudian treatment Lesson Study diterapkan untuk guru yang mengajar mata pelajaran matematika. Treatment dilakukan dalam rangka menyempurnakan performance dalam proses pembelajaran Metodologi ini melalui tahapan desain dan pengembangan instrument dan selanjutnya pelaksanaan Lesson Study meliputi Plan, Do dan See yang dilakukan dengan cara siklus berulang.
Article Details
How to Cite
Putri, A. D. (2021). Pembinaan Guru Berbasis Lesson Study dalam Rangka Mengembangkan Kompetensi Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(1), 32-42. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i1.11724
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Putri, A. D. (2021). Pembinaan Guru Berbasis Lesson Study dalam Rangka Mengembangkan Kompetensi Guru Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(1), 32-42. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i1.11724
References
Affandi, Lalu H. dkk. (2018). Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Inovatif Berbasis Lesson Study Bagi Guru SDN 12 Ampenan. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. 1(1): 127.
Andina, Elga. (2018). Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial. 9 (2) : 204-220.
Anggara, Rian dan Umi Chotimah. (2012). Penerapan Lesson Study Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pkn SMP Se-Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Forum Sosial. 5(2): 188.
Depdiknas. (2005). Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Tenaga Kependidikan. (2008). Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Direktorat Ketenagaan Ditjen Dikti. (2009). Program Perluasan Lesson Study untuk Penguatan LPTK (Lesson Study Dissemination Program for Strengthening Teacher Education in Indonesia-LEDIPSTI). Jakarta: Depdiknas.
Fitriani, Cut dkk. (2017). Kompetensi Professional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan. 5 (2) : 88-95.
Gunnarsdottir, G. H., & Palsdottir, G., (2011). Lesson Study In Teacher Education: A Tool To Establish A Learning Community. Relationen mellem læreruddannelsen og skoleudviklingen. Kongressrapport til den 10. nordiske læreruddannelses kongres. Reykjavík: University of Iceland, School of Education.
Hidayat, Saleh. Dkk. (2019). Lesson Study & Project Based Learning sebagai Upaya Membentuk Forum diskusi dan Perbaikan Kualitas Pembelajaran Guru IPA. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 4(2): 172.
Mariyana, Rita. Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Pedagogia: Jurnal ilmu pendidikan
Muchtar A. Karim. (2006). Apa, mengapa , dan bagaimana lesson study. Malang: fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam universitas negeri malang.
Parmin. (2007). Strategi meningkatkan kualitas pembelajaran melalui lesson study. Lembaran ilmu kependidikan jilid 36.
Prayitno. (2012). Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Shúilleabháin, Aoibhinn Ní. (2015). Lesson Study as a form of in-School Professional Development. National Council for Curriculum and Assessment (NCCA).
Sukirman. (2006). Peningkatan Keprofesionalan Guru Melalui Lesson Study. Makalah disajikan dalam Pelatihan Lesson Study bagi Guru berprestasi dan MGMP MIPA SMP Seluruh Indonesia, Yogyakarta, 26 November-10 Desember 2006.
Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Guru Professional : Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suratno, Tatang. (2012). Lesson Study as Practice: An Indonesian Elementary School Experience. US-China Education Review A 7: 627-638.
Surya, M. (2001). Psikologi pembelajaran. Publikasi Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan FIP UPI.
Syaiful, Sagala. (2009). Kemampuan Professional Guru Dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Vitantri, Ciptianing sari Ayu dan Asriningsih, Tafsillatul Mufida. (2016). Effectiveness of Lesson Study to Improve the Competence of Perspective Teacher of Mathematics. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 1(1): 23-33.
Wahyudi, Imam. (2012). Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.
Andina, Elga. (2018). Efektivitas Pengukuran Kompetensi Guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial. 9 (2) : 204-220.
Anggara, Rian dan Umi Chotimah. (2012). Penerapan Lesson Study Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pkn SMP Se-Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Forum Sosial. 5(2): 188.
Depdiknas. (2005). Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Tenaga Kependidikan. (2008). Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Direktorat Ketenagaan Ditjen Dikti. (2009). Program Perluasan Lesson Study untuk Penguatan LPTK (Lesson Study Dissemination Program for Strengthening Teacher Education in Indonesia-LEDIPSTI). Jakarta: Depdiknas.
Fitriani, Cut dkk. (2017). Kompetensi Professional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan. 5 (2) : 88-95.
Gunnarsdottir, G. H., & Palsdottir, G., (2011). Lesson Study In Teacher Education: A Tool To Establish A Learning Community. Relationen mellem læreruddannelsen og skoleudviklingen. Kongressrapport til den 10. nordiske læreruddannelses kongres. Reykjavík: University of Iceland, School of Education.
Hidayat, Saleh. Dkk. (2019). Lesson Study & Project Based Learning sebagai Upaya Membentuk Forum diskusi dan Perbaikan Kualitas Pembelajaran Guru IPA. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 4(2): 172.
Mariyana, Rita. Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Pedagogia: Jurnal ilmu pendidikan
Muchtar A. Karim. (2006). Apa, mengapa , dan bagaimana lesson study. Malang: fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam universitas negeri malang.
Parmin. (2007). Strategi meningkatkan kualitas pembelajaran melalui lesson study. Lembaran ilmu kependidikan jilid 36.
Prayitno. (2012). Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Shúilleabháin, Aoibhinn Ní. (2015). Lesson Study as a form of in-School Professional Development. National Council for Curriculum and Assessment (NCCA).
Sukirman. (2006). Peningkatan Keprofesionalan Guru Melalui Lesson Study. Makalah disajikan dalam Pelatihan Lesson Study bagi Guru berprestasi dan MGMP MIPA SMP Seluruh Indonesia, Yogyakarta, 26 November-10 Desember 2006.
Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Guru Professional : Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suratno, Tatang. (2012). Lesson Study as Practice: An Indonesian Elementary School Experience. US-China Education Review A 7: 627-638.
Surya, M. (2001). Psikologi pembelajaran. Publikasi Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan FIP UPI.
Syaiful, Sagala. (2009). Kemampuan Professional Guru Dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Vitantri, Ciptianing sari Ayu dan Asriningsih, Tafsillatul Mufida. (2016). Effectiveness of Lesson Study to Improve the Competence of Perspective Teacher of Mathematics. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 1(1): 23-33.
Wahyudi, Imam. (2012). Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.