Pengembangan media pembelajaran menggunakan Software Macromedia Flash 8 pada materi Program Linear

Main Article Content

Susan Lia Anggreny
Nila Kesumawati
Destiniar Destiniar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis komputer yang valid dan praktis dengan menggunakan software Macromedia Flash 8 pada materi program linier. Metode penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Rowntree yang menggunakan teknik evaluasi formatif yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pengembangan (development) dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMK di Bayung Lencir. Teknik pengumpulan data berupa angket. Kevalidan media pembelajaran dapat dilihat dari komentar dan saran yang diberikan validator dan kepraktisan media pembelajaran dapat dilihat dari angket dan komentar pada tahap uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil, pada tahap pengembangan (development). Sehingga, hasil penelitian menunjukan bahwa produk pengembangan menghasilkan     bahan ajar yang sangat valid berdasarkan perhitungan angket validasi dan sangat praktis berdasarkan perhitungan angket pada tahap evaluasi. Hasil penilaian kepraktisan dinilai berdasarkan aspek keterlaksanaan dengan pengambilan data dan pengamatan. Dengan demikian Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkatnpembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.

Article Details

How to Cite
Anggreny, S. L., Kesumawati, N., & Destiniar, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran menggunakan Software Macromedia Flash 8 pada materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(1), 59-70. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i1.12010
Section
Artikel

How to Cite

Anggreny, S. L., Kesumawati, N., & Destiniar, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran menggunakan Software Macromedia Flash 8 pada materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(1), 59-70. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i1.12010

References

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran [Teaching instruments]. Bandung: Rosdakarya.

Alwi, Z., Ernalida, E., & Lidyawati, Y. (2020). Kepraktisan bahan ajar perencanaan pembelajaran berbasis pendidikan karakter dan saintifik. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(1), 10–21. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2312

Alyusfitri, R., Ambiyar, A., Aziz, I., & Amdia, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 dengan pendekatan contextual teaching and learning pada materi bangun ruang kelas V SD. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1281–1296. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.371

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik (edisi revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Astari, S. Y., Kesumawati, N., & Misdalina, M. (2021). Development of social arithmetic teaching materials using it-based PMRI approach for SMP students. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2). https://doi.org/10.22342/jpm.15.2.13022.191-202

Crismono, P. C. (2017). Pengaruh outdoor learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Junal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 106–113.

Fahmi, S. (2014). Pengembangan multimedia Macromedia Flash dengan pendekatan kontekstual dan keefektifannya terhadap sikap siswa pada matematika. Jurnal Agrisains, 5(2), 90–98. https://doi.org/10.21831/pg.v9i1.9071

Fitri, J., Sarmidin, & Mailani, I. (2019). Pengembangan media pembelajaran Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran PAI kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Gunung Toar kabupaten Kuantan Singingi. Jom Ftk Uniks, 1(1), 23–32.

Handayani, H., Putra, F. G., & Yetri, Y. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tatsqif, 16(2), 186–203. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.160

Hotimah, H., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Progres Pendidikan, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i4.38697

Munir, A., Rondli, S., & Su’ad, S. (2022). Media interaktif Match Snail Adventure berbasis permainan edukasi software Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran matematika kelas 4 SD. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(4), 461–470. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i4.38697

Pemimaizita. (2022). Pengembangan e-modul berbasis canva pada pembelajaran matematika di masa pandemik Covid-19 siswa kelas XI MAN 1 Bungo. Mat-Edukasia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).

Prawiradilaga, D. S. (2015). Prinsip desain pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Prayoga, G. A. N., Heynoek, F. P., & Yudasmara, D. S. (2022). Pengembangan model pembelajaran kebugaran jasmani dengan modifikasi permainan pada siswa kelas VIII. Sport Science and Health, 2(10). https://doi.org/10.17977/um062v2i102020p500-510

Putri, Z. S., & Rakhmawati, F. (2018). Pengaruh multimedia Macromedia Flash terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi pokok persegi panjang dan persegi kelas VII di MTS Al-Ulum Medan T.P. 2016/2017. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1776

Susianingsih, S., Anggraini, R. D., & Suanto, E. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika melalui penerapan model discovery learning pada materi perbandingan untuk siswa kelas VII. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–12.

Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluations: Improving the quality of education and training. In Planning and Conducting Formative Evaluations.

Umam, K., & Yudi, Y. (2016). Pengaruh menggunakan software Macromedia Flash 8 terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 84–92. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol1no1.2016pp84-92

Wulandari, T. J., Siagian, S., & Sibuea, A. M. (2019). Pengembangan media pembelajaran dengan aplikasi Macromedia Flash pada mata pelajaran matematika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 195–210. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12598