Pengembangan Alat Peraga PanJarKuBa (Papan Jaring-Jaring Kubus dan Balok) pada Matematika Sekolah Dasar

Main Article Content

Dhea Riski Aprilianty
Jihan Syakirah
Meutia Rahmi Haranti
Yoni Muslimin
Zulkardi Zulkardi
Hapizah Hapizah
Budi Mulyono
Meryansumayeka Meryansumayeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu alat peraga PanJarKuBa (Papan Jaring-Jaring Kubus dan Balok). Penelitian dilakukan terhadap beberapa orang siswa kelas 5 SD. Dalam penelitian ini, model penelitian yang diterapkan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate). Prosedur yang digunakan pada penelitian ini adalah 1) analisis dan validasi ide, 2) mendesain produk/alat peraga, 3) validasi dan revisi produk/alat peraga, 4) uji coba produk/alat peraga, dan 5) evaluasi terhadap produk/alat peraga. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji coba dengan bantuan instrumen tes dan hasil evaluasi memperlihatkan bahwa alat peraga PanJarKuBa (Papan Jaring-Jaring Kubus dan Balok) telah sukses dikembangkan dengan baik.

Article Details

How to Cite
Riski Aprilianty, D., Syakirah, J., Rahmi Haranti, M., Muslimin, Y., Zulkardi, Z., Hapizah, H., Mulyono, B., & Meryansumayeka, M. (2022). Pengembangan Alat Peraga PanJarKuBa (Papan Jaring-Jaring Kubus dan Balok) pada Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(1), 93-105. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i1.12149
Section
Artikel

How to Cite

Riski Aprilianty, D., Syakirah, J., Rahmi Haranti, M., Muslimin, Y., Zulkardi, Z., Hapizah, H., Mulyono, B., & Meryansumayeka, M. (2022). Pengembangan Alat Peraga PanJarKuBa (Papan Jaring-Jaring Kubus dan Balok) pada Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(1), 93-105. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i1.12149

References

Annisah, S. (2014). Alat peraga pembelajaran matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 1–15.

Gusty, S., Nurmiati, Muliana, Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., … Warella, S. Y. (2020). Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., … Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIPAI; Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Isnawan, M. G., & Wicaksono, A. B. (2018). Model desain pembelajaran matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 47. https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.935

Isnawati. (2011). Meningkatkan pemahaman konsep jaring-jaring bangun ruang dengan menggunakan alat peraga pada siswa SMK. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 2(2), 121–128.

Kania, N. (2017). Efektivitas alat peraga konkret terhadap peningkatan visual thinking siswa. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2).

Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika siswa SMP berbasis android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2805

Netriwati, & Lena, M. S. (2019). Media pembelajaran matematika berbasis. Bandar Lampung: Permata Net.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Pramono, T. (2017). Mengoptimalkan penggunaan alat peraga dalam setiap kegiatan pembelajaran. Seminar Nasional 2017 “Menjadi Pembelajar Sepanjang Hayat Dengan Literasi Sebagai Upaya Memajukan Pendidikan Anak Bangsa,” 1689–1699.

Putri, L. S., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis kesulitan siswa kelas V Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 65–74. https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.9200

Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran pendidikan matematika di era globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1), 534–541.

Samura, A. O. (2015). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 69–79.

Sari, A. P., Jamaludin, & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan alat peraga BACALA (Bangun Datar, Pecahan, Labirin) untuk pembelajaran matematika tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(80), 1–10.

Sari, B. K. (2017). Desain pembelajaran model ADDIE dan implementasinya dengan teknik jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 87–102.