Pengembangan e-modul berbantuan Flip Builder berbasis  etnomatematika budaya Islam Lokal Kudus Kelas VII

Main Article Content

Galih Tsaniya Putra
Arghob Khofya Haqiqi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul (electronic module) matematika berbantuan flip builder berbasis etnomatematika budaya Islam lokal Kudus pada materi matematika kelas VII yang valid dan menarik. Bahan ajar matematika yang berbasis etnomatematika budaya Islam lokal Kudus dan terintegrasi nilai keislaman akan lebih menarik bagi siswa. Hal ini dikarenakan dengan adanya etnomatematika siswa dapat belajar matematika melalui budaya sekaligus mengenalkan budaya lokal setempat kepada siswa. Sedangkan integrasi nilai keislaman akan mampu menumbuhkan rasa keimanan dan ketakwaan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi dan angket respon kemenarikan peserta didik terhadap produk e-modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ahli materi memperolehan nilai rata-rata 3,43, ahli konten islami 3,47, dan ahli media 3,4. Ketiga hasil validasi tersebut telah memenuhi kriteria “Valid”. Sedangkan uji respon kemenarikan dilakukan dua kali pengujian yakni uji skala kecil yang memperoleh nilai rata-rata 3,39 dan uji skala besar 3,46. Kedua hasil uji tersebut telah memenuhi kriteria “Sangat Menarik”. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk e-modul matematika ini valid dan menarik, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.

Article Details

How to Cite
Putra, G. T., & Haqiqi, A. K. (2022). Pengembangan e-modul berbantuan Flip Builder berbasis  etnomatematika budaya Islam Lokal Kudus Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 106-127. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i2.12366
Section
Artikel

How to Cite

Putra, G. T., & Haqiqi, A. K. (2022). Pengembangan e-modul berbantuan Flip Builder berbasis  etnomatematika budaya Islam Lokal Kudus Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 106-127. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i2.12366

References

Agustin, E. C., Kusumajanto, D. D., Wahyudi, H. D., & Hidayat, R. (2021). Pengembangan E-modul berbantuan aplikasi Flip Builder pada mata pelajaran marketing (Studi pada kelas x bisnis daring dan pemasaran SMKN 1 Turen). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(5), 163–171. https://doi.org/10.17977/um066v1i52021p470-478

Dominikus, W. S. (2021). Hubungan etnomatematika adonara dan matematika sekolah: Etnografi matematika di adonara. Malang: Media Nusa Creative.

Larasati, A. D., Lepiyanto, A., Sutanto, A., & Asih, T. (2020). Pengembangan e-modul terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi Sistem Respirasi. Pengembangan E-Modul Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Sistem Respirasi, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.21580/bioeduca.v1i1.4951

Masamah, U. (2018). Pengembangan pembelajaran Matematika dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal Kudus. Jurnal Pendidikan Matematika Kudus, 1(2), 123–144. https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4882

Nurlaia, S. (2012). Kreasi tumpeng tradisional. Bandung: Demedia.

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kelereng. Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i1.1611

Prihatiningtyas, S. (2020). Physics learning bye-module. Fakultas Pertanian.

Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Validitas e-modul matematika berbasis EPUB3 menggunakan analisis Rasch Model. Jurnal Gantang, 5(2), Validitas E-Modul Matematika Berbasis EPUB3 Menggu. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2535

Ratriana, D., Purwoko, R. Y., & Yuzianah, D. (2021). Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika yang mengeksplorasi nilai dan budaya Islam untuk siswa SMP. AlphaMath : Journal Of Mathematics Education, 7(1), 11–19. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.8498

Rindaryati, N. (2021). E-modul counter berbasis Flip Pdf pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 192–199. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2

Rohmatin, T. (2020). Etnomatematika permainan tradisional congklak sebagai teknik belajar matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 144–150. Madiun: Universitas PGRI Madiun.

Sa’adah, N., Haqiqi, A. K., & Malasari, P. N. (2021). Etnomatematika gerakan Tari Kretek Kudus pada pembelajaran Matematika. Algoritma Journal of Mathematics Education, 3(1), 58–71. https://doi.org/10.15408/ajme.v3i1.20544

Sandri, E., & Mailani, E. (2021). Pengembangan e-modul bercirikan etnomatematika Suku Simalungun berbasis HOTS pada materi Bangun Datar kelas IV SDN 098167. JS (Jurnal Sekolah), 5(4), 78–86. https://doi.org/10.24114/js.v5i4.28259

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triyono, S. (2021). Dinamika penyusunan modul. In Dinamika Penyusunan Modul. Indramayu: Penerbit Adab.

Ula, Ii. R., & Fadila, A. (2018). Pengembangan e-modul berbasis Learning Content Development System pokok bahasan pola bilangan SMP. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 201–207. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2563

Ummi, K. K., & Erita, Y. (2021). Pengembangan modul berbasis digital menggunakan Aplikasi Flip Pdf Profesional pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3085–3099.

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268–283. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458

Wulandari, S., Octaria, D., & Mulbasari, A. S. (2021). Pengembangan e-modul berbantuan aplikasi flip pdf builder berbasis contextual teaching and learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 389–402. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4628

Yunianto, T., Negara, H. S., & Suherman, S. (2019). Flip Builder: Pengembangannya pada media pembelajaran matematika. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(6), 115–127. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5056