Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan self esteem peserta didik

Main Article Content

Indah Wulan Sari
Nila Kesumawati
Eka Fitri Puspa Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning     terhadap kemampuan berpikir kreatif berdasarkan self esteem peserta didik, untuk   mengetahui perbedaan krmampuan berpikir kreatif berdasarkan self esteem, dan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan self esteem terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA di OKU. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling sehingga terpilih sampel penelitian yaitu peserta didik kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) terdapat pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik; 2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif berdasarkan self esteem (tinggi, sedang, rendah) peserta didik; 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self esteem terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Article Details

How to Cite
Sari, I. W., Kesumawati, N., & Sari, E. F. P. (2022). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan self esteem peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 168-178. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i2.13405
Section
Artikel

How to Cite

Sari, I. W., Kesumawati, N., & Sari, E. F. P. (2022). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan self esteem peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 168-178. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i2.13405

References

Abdurrozak, R., Jayadinata, A. K., & Isrok’atun. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.1-8

Adiputra, S. (2015). Keterkaitan self efficacy dan self esteem terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 151–161.

Aspriyani, R. (2020). Self esteem siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 285–297.

Frentika, D., & Rizki, H. T. N. (2020). Upaya meningkatkan self-esteem melalui mathematics Problem Based Learning di sekolah. Prosiding Seminar Nasional IPPeMas, 87–96.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: Refika Aditama.

Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan keyakinan matematis siswa. MaPan, 7(1), 155–166. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a1

Nasution, P. R. (2017). Perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional di SMPN 4 Padangsidimpuan. Paidagogeo, 2(1), 46–62. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.374

Nur, I. R. D. (2016). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning. Jurnal Pendidikan Unsika, 4(1), 26–41.

Pamungkas, A. S., & Setiani, Y. (2017). Peranan pengetahuan awal dan self esteem matematis terhadap kemampuan berpikir logis mahasiswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 61–68. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.7866

Prayuti, A., Aziz, T. A., & Makmuri. (2021). Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 42–53. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i2.19391

Refnadi, R. (2018). Konsep self-esteem serta implikasinya pada siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 16. https://doi.org/10.29210/120182133

Salim, Lambertus, & Bariudin, L. O. M. (2020). Pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap pencapaian hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(1), 28–38. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v6i1.5348

Trijaya, R. (2020). Pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i1.4376

Waristman, A., & Tombokan, F. (2020). Pengaruh self-esteem terhadap prestasi akademik matematika mahasiswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 134–143. https://doi.org/10.15548/mej.v4i2.1784

Yanti, A. H. (2017). Penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 111.