PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS X SMA ETHIKA PALEMBANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching terhadap pemahaman konsep matematika siswa di kelas X SMA Ethika Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan desain posttest-only control design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X yang ada di SMA Ethika Palembang tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa 101 siswa. Dari dua populasi diambil sampel dengan menggunakan penentuan sampel teknik simple random sampling didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas X2 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X1 berjumlah 33 siswa sebagai kelas ekperimen. Penelitian itu dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Pertemuan pertama sampai ketiga, kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksprimen dengan model quantum teaching dan kelas kontrol dengan model konvensional pada materi fungsi, fungsi sederhana dan fungsi kuadrat. Pada pertemuan keempat, kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui adakah peningkatan pemahaman konsep matematika mereka setelah diberi perlakuan. Data penelitian ini dihasilkan dari tes. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan pemahaman konsep matematika siswa selama diterapkan model quantum teaching didapat maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya ada pengaruh pemahaman konsep matematika siswa setelah diterapkan model quantum teaching di kelas X SMA Ethika Palembang
Article Details
How to Cite
Oktarina, S., Ismail, F., & Nery, R. S. (2017). PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS X SMA ETHIKA PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 39-56. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1440
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Oktarina, S., Ismail, F., & Nery, R. S. (2017). PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS X SMA ETHIKA PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 39-56. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1440