Kebiasaan Berpikir Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Statistika

Main Article Content

Ely Susanti
Sujinal Arifin

Abstract

Siswa yang memiliki kebiasaan berpikir memiliki kecenderungan berperilaku, berpikir, secara cerdas dan cara mengorganisir secara vocational, rasional dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif sehingga tujuan penelitian ini adalah    untuk mendeskripsikan kebiasaan berpikir matematis siswa SMP dalam menyelesaikan     masalah statistika. Subjek penelitian ini diambil dari dua SMP negeri di Kota Palembang. Subjek penelitian ini terdiri dari 97 orang siswa dengan rincian 26 siswa dari SMP Akreditasi A dan 71 siswa dari SMP berakreditasi B. Tes, angket, dan wawancara dipilih sebagai teknik pengumpulan data. Semua data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Dari hasil analisis terhadap data tes, angket, dan wawancara maka dapat disimpulkan bahwa kebiasaan berpikir matematis dari aspek kognitif dan aktivitas secara umum sudah cukup baik. Dari aspek kognitif            tergambar bahwa siswa yang memiliki pengetahuan masa lama yang baik cenderung memiliki kebiasaan berpikir yang baik. Dari aspek aktivitas terlihat bahwa umumnya siswa belum terbiasa berpikir metakognisi dan belum terbiasa melihat hal-hal yang ganjil dalam matematika. Oleh karenanya diperlukan stimulus yang harus dilakukan secara  kontinu dan terintegrasi dalam keseharian siswa.
 

Article Details

How to Cite
Susanti, E., & Arifin, S. (2022). Kebiasaan Berpikir Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 179-192. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i2.14670
Section
Artikel

How to Cite

Susanti, E., & Arifin, S. (2022). Kebiasaan Berpikir Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 8(2), 179-192. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v8i2.14670

References

Agustina, T. S., & Komalasari, P. T. (2014). Kecerdasan Adversiti (Adversity Quotient) Berdasarkan Jender Pada Mahasiswa yang Mengikuti Executive Territory Program-Program Mata Kuliah Manajemen Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 24(3), 2016–2215.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bakri, A., Mulyono, M., & Syahputra, E. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa kelas VII SMP Negeri 3 Langsa. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 56–64. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i2.32030

Campbell, J. (2006). Theorising habits of mind as a framework for learning. Australian Association for Research in Education Conference, 1–21. Adelaide.

Costa, A. L., & Kallick, B. (2008). Learning and leading with habits of mind : 16 essential characteristics for success. Retrieved from https://www.ascd.org/books/learning-and-leading-with-habits-of-mind?variant=108008

Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh habits of mind terhadap kemampuan generalisasi matematis. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(2), 91–104. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3757

Faizah Akmala, N., Suana, W., & Sesunan, F. (2019). Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA pada materi hukum newton tentang gerak. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 67–72. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.472

Fitrah, M. (2017). Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi segiempat siswa SMP. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51–70. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no1.2017pp51-70

Hikmah, R. (2017). Penerapan model advance organizer untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 271–280. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1204

Hoiriyah, D. (2019). Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal open-ended. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(2), 201–212. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i02.2116

Kallick, B., & Zmuda, A. (2017). Students at the center: Personalized learning with habits of mind. Alexandria: ASCD.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan matematika di sekolah kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Lada, E. Y., Thomas, O., & Simpun, S. (2019). Identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi statistika kelas viII MTs Islamiyah Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 29–35. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i1.1187

Muhsin, M., Razi, Z., & Nufus, H. (2022). Pembelajaran O2EMQ untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Amalgamasi, 1(1), 44–53. https://doi.org/10.55098/amalgamasi.v1.i1.pp44-53

Munawaroh, L., Pantiwati, Y., & Rofieq, A. (2015). Penggunaan jurnal belajar dalam pembelajaran class wide peer tutoring terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(3), 263–273. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i3.2659

Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 64–74. Retrieved from http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/94

Pratama, A. P. (2017). Ekuivalen: Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi statistika. Jurnal Ekuivalen, 28(1), 39–45. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v28i1.3899

Putera, Z. F., & Shofiah, N. (2021). Model kurikulum kompetensi berpikir pada pembelajaran Bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 29–36. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10094

Putri, K., Dirgantoro, S., Saragih, M. J., & Listiani, T. (2019). Analisis kesalahan mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan soal statistika penelitian pendidikan ditinjau dari prosedur newman [an analysis of primary teacher education students solving problems in statistics for educational research using the newman procedure. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 83–96. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1203

Renatovna, A. G., & Renatovna, A. S. (2021). Pedagogical and psychological conditions of preparing students for social relations on the basis of the development of critical thinking. Psychology and Education Journal, 58(2), 4889–4902. https://doi.org/10.17762/pae.v58i2.2886

Rosita, C. D. (2014). Kemampuan penalaran dan komunikasi matematis : apa, mengapa, dan bagaimana ditingkatkan pada mahasiswa. Euclid, 1(1), 33–46. https://doi.org/10.33603/e.v1i1.342

Rusdiana, E., & Sucipto, S. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis melalui penerapan model cooperative learning tipe group investigation (studi pada siswa smk dr. Soetomo surabaya). Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 6(1), 25–36. https://doi.org/10.25139/sm.v6i1.925

Sari, W. R. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika menggunakan pendekatan double loop problem solving dengan metode penemuan terbimbing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Subekti, H. (2016). Upaya membangun generasi berkarakter bangsa melalui kebiasaan berpikir sukses. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 9(3), 34–42. https://doi.org/10.30651/DIDAKTIS.V9I3.247

Sumartini, T. S. (2022). Pengaruh habit of mind terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis melalui metode pembelajaran improve. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 167–178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1253

Surya, E. (2012). Visual thinking dalam memaksimalkan pembelajaran matematika siswa dapat membangun karakter bangsa. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 41–50.

van Tonder, G. P., Bunt, B. J., Petzer, A., Bosch, H. D., van Deventer, N., Gerber, A., & van Schadewijk, L. (2021). The efficacy of habits of mind in the inculcation of self-directed learning skills in pre-service teachers. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(2). https://doi.org/10.26803/ijlter.20.2.3

Zayyadi, M., Nusantara, T., Hidayanto, E., Sulandra, I. M., & Sa’dijah, C. (2020). Content and Pedagogical Knowledge of Prospective Teachers in Mathematics Learning: Commognitive. Journal for the Education of Gifted Young, 8(1), 515–532. https://doi.org/10.17478/jegys.642131