Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan gender dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial

Main Article Content

Azela Fitri
Darhim Darhim

Abstract

Siswa wajib menguasai kemampuan matematis salah satunya yaitu kemampuan komunikasi imatematis. Tujuan dari penelitian ‘ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana gambaran kemampuan ikomunikasi imatematis siswa berdasarkan perbedaan gender dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. Subjek dari penelitian ini ada enam yaitu tiga Isiswa perempuan dan tiga Isiswa laki-laki yang telah belajar aritmatika sosial di kelas. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif. Penelitian dilakukan di SMPN 35 Bandung. Hasil dari penelitian ini ialah perbedaan gender dalam menvelesaikan soal aritmatika sosial dapat mempengaruhi kemampuan ikomunikasi matematis siswa. Siswa perempuan untuk semua indikator nilai rata-rata komunikasi matematis secara keseluruhan lebih besar 84,4% dibandingkan dengan siswa laki-laki yang memperoleh 71,2%. Sehingga siswa perempuan lebih unggul dibandingan dengan siswa laki-laki.
 

Article Details

How to Cite
Fitri, A., & Darhim, D. (2023). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan gender dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 9(1), 49-57. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v9i1.17297
Section
Artikel

How to Cite

Fitri, A., & Darhim, D. (2023). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan gender dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 9(1), 49-57. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v9i1.17297

References

Abdi, M. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1687–1692.
Azzahra, N., & Herman, T. (2022). Students’ Learning Obtacles in Social Arithmetic. AKSIOMA.
Buhaerah, Jusoff, K., & Nasir, M. (2022). Junior High School Students’ Mathematical Communication in the Written Answer Problem. KREANO.
Islami, N. N., & Priatna, N. (2020). Mathematical Communication of Junior High School Student Based on Gender. Journal of Physics.
Kamid, Rusdi. M., Fitaloka, O., Basuki, F. R., & Anwar, K. (2020). Mathematical Communication skills based on cognitive styles and gender. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 847–856.
Lomibao, L. S., Luna, C. A., & Namoco, R. A. (2016). The Influence of Mathematical Communication on Students’ Mathematics Performance and Anxiety. SciEP (Science & Education Publishing).
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. www.nctm.org.
Putra Imam Wijaya, H., Sujadi, I., Magister Pendidikan Matematika, P., & Universitas Sebelas Maret Surakarta, F. (2016). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SESUAI DENGAN GENDER DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BALOK DAN KUBUS (STUDI KASUS PADA SISWA SMP KELAS VIII SMP ISLAM AL-AZHAR 29 SEMARANG). 4(9), 778–788. http://jurnal.fkip.uns.ac.id
Qohar, A. (2011). Mathematical Communication: What and How to Develop It in Mathematics Learning? . International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. PT Alfabet.
Suryadi, D. (2012). Critical Issues on Mathematical Communication: Lesson Learn From Lesson Study Activities in Indonesia.
Suryana, A., & Jurusan Administrasi Pendidikan, Mp. (2007). TAHAP-TAHAPAN PENELITIAN KUALITATIF MATA KULIAH ANALISIS DATA KUALITATIF.
Swastika, A., Charismajati, R. C., & Kholid, M. N. (2022). Analysis of student difficulties in completing social arithmetic stories assessed from understanding the concept. AIP Conference Proceedings.
Tong, D. H., Uyen, B. P., & Quoc, N. V. (2021). The Improvement of 10th students’mathematical communication skills through learning ellipse topics. Heliyon.
Yulianti, M., Juniati, D., & Khabibah, S. (2018). Mathematical Writing Profile of High Social Arithmetic Ability Student in Solving Social Arithmetic Problems. Journal of Physics.