PROFIL KOMPETENSI PEDAGOGIK CALON GURU MATEMATIKA MELALUI LESSON STUDY PADA MATA KULIAH MICRO TEACHING
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kompetensi pedagogik calon guru matematika, yang berfokus pada kemampuan merencanakan dan kemampuan mengimplementasikan pembelajaran, melalui lesson study pada mata kuliah micro teaching. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa UIN Raden Fatah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Program Studi Pendidikan Matematika, berjumlah 10 orang. Tahap pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Hasil temuan menunjukkan kemampuan guru model meningkat lebih baik melalui Lesson Study. Kegiatan lesson Study sangat potensial dalam peningkatan kualitas keprofesionalan guru yang berdampak pada peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran dan menciptakan proses interaksi antar berbagai pihak.
Article Details
How to Cite
Putri, A. D. (2018). PROFIL KOMPETENSI PEDAGOGIK CALON GURU MATEMATIKA MELALUI LESSON STUDY PADA MATA KULIAH MICRO TEACHING. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.2346
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Putri, A. D. (2018). PROFIL KOMPETENSI PEDAGOGIK CALON GURU MATEMATIKA MELALUI LESSON STUDY PADA MATA KULIAH MICRO TEACHING. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.2346
References
Aminah, N. (2014). Analisis Kemampuan Pedagogik dan Self Confidence Calon Guru Matematika dalam Menghadapi Praktek Pengalaman Lapangan. Euclid, 1(1), 55-59.
Aryulina, D. (2010). Penerapan Lesson Study pada Microteaching bagi Calon Guru Biologi. In Forum Kependidikan (Vol. 30, No. 1, pp. 14-19).
Hidayat, B. (2016). Analisis Keterlaksanaan Program Perkuliahan Micro teaching Berbasis Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UM Metro.HISTORIA: JOURNAL OF TEACHING HISTORY AND HISTORICAL SCIENCE, 4(2), 75-80.
Ismail, M. I. (2017). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63.
INDONESIA, P. R. (2006). Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.
Kwartolo, Y. (2005). Menyiapkan guru yang berkualitas dengan pendekatan micro teaching. Jurnal Pendidikan Penabur, 4(4), 98-105.
Lidinillah, D. A. (2009). Lesson Study Sebagai Inovasi untuk Peningkatan Mutu Pendidikan. Tasikmalaya: Universitas Pendidikan Indonesia–Kampus Tasikmalaya.
Susilo, H, Chotimah, H, Joharmawan, R, Jumiati, Dwita sari, Y, dan Sunarjo. 2011. Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Bayumedia Publising
Aryulina, D. (2010). Penerapan Lesson Study pada Microteaching bagi Calon Guru Biologi. In Forum Kependidikan (Vol. 30, No. 1, pp. 14-19).
Hidayat, B. (2016). Analisis Keterlaksanaan Program Perkuliahan Micro teaching Berbasis Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UM Metro.HISTORIA: JOURNAL OF TEACHING HISTORY AND HISTORICAL SCIENCE, 4(2), 75-80.
Ismail, M. I. (2017). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63.
INDONESIA, P. R. (2006). Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.
Kwartolo, Y. (2005). Menyiapkan guru yang berkualitas dengan pendekatan micro teaching. Jurnal Pendidikan Penabur, 4(4), 98-105.
Lidinillah, D. A. (2009). Lesson Study Sebagai Inovasi untuk Peningkatan Mutu Pendidikan. Tasikmalaya: Universitas Pendidikan Indonesia–Kampus Tasikmalaya.
Susilo, H, Chotimah, H, Joharmawan, R, Jumiati, Dwita sari, Y, dan Sunarjo. 2011. Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Bayumedia Publising