Development of mathematics learning in the form of animation using Canva
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
References
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model R&D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 62–78.
Aprilia, A., & Nur Fitriana, D. (2022). Mindset awal siswa terhadap pembelajaran matematika yang sulit dan menakutkan. Journal Elmentary Education, 1(2).
Ardiman, K., Tukan, M. B., & Baunsele, A. B. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbasis praktikum dalam pembelajaran daring materi titrasi asam basa kelas XI SMAN 5 Pocoranaka. Jurnal Beta Kimia, 1(1).
Arigiyati, T. A., Kuncoro, K. S., & Kusumaningrum, B. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis smartphone bagi guru SD Muhammadiyah Girikerto. Kanigara, 1(2).
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai media pembelajaran matematika SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiya, 2(1), 47–66. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741.
Biassari, I., & Putri, K. E. (2021). Penggunaan Media video pembelajaran interaktif berbasis aplikasi nearpod pada materi kecepatan di sekolah dasar. Seminar Pendidikan, 4(1).
Branch, R. M. (2010). Instructional design: the ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6 .
Desiani, A., Nugrohoputri, R. F., Zayanti, D. A., Amran, A., Syafitri, H. N., Savira, I. Y., Margo Uteh, C., Assaidah, A., Adnan, Y., & Arsyad, F. S. (2022). Pelatihan matematika realistik sebagai upaya peningkatan kemampuan geometri matematika siswa SD Negeri 04 Indralaya Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 3(2). https://doi.org/10.23960/jpkmt.v3i2.88 .
Irmawati, Retta, A. M., & Fitriasari, P. (2022). Pengembangan video pembelajaran pada materi barisan dan deret untuk peserta didik kelas X SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 8(1).
John, J. (2020). Perancangan media pembelajaran pakaian adat dengan Macromedia Flash CS6 untuk tingkat sekolah dasar. Proporsi : Jurnal Desain, Multimedia Dan Industri Kreatif, 6(1). https://doi.org/10.22303/proporsi.6.1.2020.25-34 .
Mardiana, M., Sari, D. N., & Octarina, A. (2023). Pembuatan video pembelajaran dengan Canva bagi guru SDN 204 Palembang. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3). https://doi.org/10.59025/js.v2i3.104 .
Mumpuni, R. S., Hartatiana, H., & Wardani, A. K. (2023). Pengembangan e-modul berbasis problem based learning menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(03). https://doi.org/10.22437/edumatica.v13i03.28634 .
Mustika, J. (2022). Oemah matematika: pendampingan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika untuk anak-anak di kelurahan Yosorejo. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1). https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i1.1899 .
Patahuddin, S. M., & Rokhim, A. F. (2013). Website permainan matematika online untuk belajar matematika secara menyenangkan. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.22342/jpm.3.2.332.
Prasetyo, F., & Dasari, D. (2023). Studi literatur: identifikasi kecemasan matematika dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3649 .
Rahmalina, W., Gusteti, M. U., & Desmariani, E. (2020). Pelatihan membuat video pembelajaran menarik dengan smartphone pada guru Adzkia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(1). https://doi.org/10.36341/jpm.v4i1.1485 .
Richardo, R. (2017). Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2). https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125 .
Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2079 .
Roliza, E., Ramadhona, R., & Rosmery, L. (2018). Praktikalitas lembar kerja siswa pada pembelajaran matematika materi statistika. Jurnal Gantang, 3(1). https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.377 .
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan video pembelajaran matematika berorientasi kebudayaan lokal pada sekolah dasar. Sebatik, 25(2). https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1649 .
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Muslim, S. (2022). Filsafat matematika: kedudukan, peran, dan persepektif permasalahan dalam pembelajaran matematika. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 10(01). https://doi.org/10.35450/jip.v10i01.269 .
Saragih, A. (2019). Peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media kartu bilangan di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2). https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.457
Septian, A., Setiawan, E., Noersapitri, Y., & Artikel, I. (2023). Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa menggunakan GeoGebra. Jurnal Padegogik, 6(1).
Suardi, S., Hijrah, H., Ramlan, H., Mutiara, I. A., Syarifuddin, S., Firdaus, F., Nur, S., Nur, R., & Nur, H. (2023). Penguatan literasi guru dan siswa melalui Quick Response Code (barcode) buku kurikulum merdeka dan media board game pada program kampus mengajar 6 di sekolah dasar. Jurnal Abdimas Indonesia, 3(4). https://doi.org/10.53769/jai.v3i4.571 .
Sudarman. (2021). AQ, Pembangkit motivasi siswa dalam belajar matematika. Ilmiah Pendidikan, 11(2).
Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis software Liveworksheet pada materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1). https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176 .
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan media video berbasis Powtoon pada mata pelajaran IPA di kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835 .
Yandani, P. E., & Agustika, G. N. S. (2022). Implementation of ethnomathematics in mathematics learning videos for first grade of elementary school. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.47683 .