PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 PRABUMULIH

Main Article Content

Dyah Agustin
Ali Syahbana
Retni Paradesa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Prabumulih. Populasi penelitian ini sebanyak 8 kelas siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Prabumulih. Sampel penelitian diambil sebanyak 2 kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen, sedangkan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol. Kemampuan pemahaman konsep matematis dilihat dari nilai posttest dari soal tes sebanyak 5 butir. Untuk motivasi belajar siswa dilihat dari nilai angket motivasi belajar sebanyak 28 pernyataan. Teknik analisis data menggunakan  uji dua pihak dilihat dari Independen Sample T-Test pada program SPSS Versi 23 For Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Prabumulih.

Article Details

How to Cite
Agustin, D., Syahbana, A., & Paradesa, R. (2018). PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 PRABUMULIH. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 9-18. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.2461
Section
Artikel

How to Cite

Agustin, D., Syahbana, A., & Paradesa, R. (2018). PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 PRABUMULIH. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 9-18. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.2461

References

Buzan, Tony. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Darusman, Rijal. 2014. Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Jurnal Infinity, 3(2), 164-173.
Hamalik,Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.
Herawati, O.D.P. dkk. 2010. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. UNSRI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1), 70-80.
Huda, Miftahul. 2016. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kesumawati, Nila dan Eti. 2016. Peningkatan Disposisi Matematis dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Problem Based Learning Di SMP Negeri 16 Palembang. Universitas PGRI Palembang: Prosiding, ISBN 978-602-17891-7-9.
Lestari, K. E. 2014. Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 2(1), 36-46.
Nuryandari. 2017. Pengaruh Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Sentolo. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Mercu Buana.
Tapantoko, A. A. 2011. Penggunaan Metode Mind Map (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Depok. Universitas Negeri Yogyakarta: Skripsi, Tidak Diterbitkan. [Online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/2371/1/BADAN_SKRIPSI.pdf. Diakses : 20 April 2017.
Wowiling, Yoppy X. dkk. 2014. Pengaruh Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok. Universitas Negeri Gorontalo: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3). [Online]. Tersedia: http://www.kim.ung.ac.id. Diakses : 22 April 2017.