ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH STRUKTUR ALJABAR DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah struktur aljabar sebagai salah satu cara untuk evaluasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 yang mengambil matakuliah struktur aljabar pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa test yang dilakukan diakhir perkuliahan. Test dilakukan untuk melihat hasil belajar mahasiswa sebagai evaluasi pembelajaran. Hasil yang didapat dari test dikoreksi dan dianalisis sehingga diperoleh nilai rata-rata mahasiswa pada matakuliah struktur aljabar yaitu 70,3 dan masuk dalam kategori tinggi. 62,8% mahasiswa atau 22 mahasiswa memperoleh nilai diatas rata-rata.
Article Details
How to Cite
Nopriyanti, T. D., & Retta, A. M. (2018). ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH STRUKTUR ALJABAR DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 53-63. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.2498
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Nopriyanti, T. D., & Retta, A. M. (2018). ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH STRUKTUR ALJABAR DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 53-63. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.2498
References
Arikunto, S., & Jabar, C. S. (2004). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (Kedua ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Astuti, A. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Struktur Aljabar Semester III Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau Tahun Ajaran 2015/2016.
Depdiknas. (2003). Materi Pelatihan Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penyusunan dan Penggunaan Alat Evaluasi serta Pengembangan Sistem Penghargaan Terhadap Siswa. Jakarta: Direktorat PLP-Ditjen Dikdasmen.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1985). Effective Evaluation. San Fransisco: Jossey-Bass Pub.
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Mas'oed, F. (2013). Struktur Aljabar. Jakarta: Akademia Permata.
Phillips, A. (1979). Measurement and Evaluation in Physical Education. Canada: Whiley & Sons, Inc.
Sudjana, N. (2005). Medode Statistika (6 ed.). Bandung: Tarsito.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Program Belajar Mengajar (6 ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winkel, W. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Zainul, A., & Nasution, N. (2001). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Astuti, A. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Struktur Aljabar Semester III Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau Tahun Ajaran 2015/2016.
Depdiknas. (2003). Materi Pelatihan Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penyusunan dan Penggunaan Alat Evaluasi serta Pengembangan Sistem Penghargaan Terhadap Siswa. Jakarta: Direktorat PLP-Ditjen Dikdasmen.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1985). Effective Evaluation. San Fransisco: Jossey-Bass Pub.
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Mas'oed, F. (2013). Struktur Aljabar. Jakarta: Akademia Permata.
Phillips, A. (1979). Measurement and Evaluation in Physical Education. Canada: Whiley & Sons, Inc.
Sudjana, N. (2005). Medode Statistika (6 ed.). Bandung: Tarsito.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Program Belajar Mengajar (6 ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winkel, W. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Zainul, A., & Nasution, N. (2001). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.