Pengaruh Model Auditory Intellectual Repetition Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Disposisi Matematis di SMP

Main Article Content

Apri anti
Nila Kesumawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari disposisi matematis siswa. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII. Sampel yang diambil kelas VIII.1 dan VIII.2 yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan. Hasil dari penelitian ini, terdapat pengaruh model pembelajaran AIR terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan disposisi matematis siswa, Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan disposisi matematis siswa terhadap kemampuan pemeecahan masalah matematis siswa.

Article Details

How to Cite
anti, A., & Kesumawati, N. (2019). Pengaruh Model Auditory Intellectual Repetition Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Disposisi Matematis di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 10-21. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.2729
Section
Artikel

How to Cite

anti, A., & Kesumawati, N. (2019). Pengaruh Model Auditory Intellectual Repetition Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Disposisi Matematis di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 10-21. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.2729

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Burhan, A. V., & dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran AIR pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 18 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1 , 6 - 11.
Juliani, N. A. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Script Menggunakan Model Cooperative. Jurnal Edumat Vol. 2 No. 3 , 254.
Kesumawati, N. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Kesumawati, N., & I. A. (2017). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: Noer Fikri.
Lestari, E. K., & dkk. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Sundayana, R. (2013). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Suyanto. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.
Syaiful. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Edumatika Vol. 2 No. 1 .
Wena, M. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.