Pengaruh Model Auditory Intellectual Repetition Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Disposisi Matematis di SMP
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari disposisi matematis siswa. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII. Sampel yang diambil kelas VIII.1 dan VIII.2 yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan. Hasil dari penelitian ini, terdapat pengaruh model pembelajaran AIR terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan disposisi matematis siswa, Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan disposisi matematis siswa terhadap kemampuan pemeecahan masalah matematis siswa.
Article Details
How to Cite
anti, A., & Kesumawati, N. (2019). Pengaruh Model Auditory Intellectual Repetition Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Disposisi Matematis di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 10-21. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.2729
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
anti, A., & Kesumawati, N. (2019). Pengaruh Model Auditory Intellectual Repetition Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Disposisi Matematis di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 10-21. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.2729
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Burhan, A. V., & dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran AIR pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 18 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1 , 6 - 11.
Juliani, N. A. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Script Menggunakan Model Cooperative. Jurnal Edumat Vol. 2 No. 3 , 254.
Kesumawati, N. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Kesumawati, N., & I. A. (2017). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: Noer Fikri.
Lestari, E. K., & dkk. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Sundayana, R. (2013). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Suyanto. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.
Syaiful. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Edumatika Vol. 2 No. 1 .
Wena, M. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Burhan, A. V., & dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran AIR pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 18 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1 , 6 - 11.
Juliani, N. A. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Script Menggunakan Model Cooperative. Jurnal Edumat Vol. 2 No. 3 , 254.
Kesumawati, N. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Kesumawati, N., & I. A. (2017). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: Noer Fikri.
Lestari, E. K., & dkk. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Sundayana, R. (2013). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Suyanto. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana Pustaka.
Syaiful. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Edumatika Vol. 2 No. 1 .
Wena, M. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.