Ketertarikan Mahasiswa Calon Guru Terhadap Desain Perkuliahan PMRI
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Calon guru matematika wajib memiliki kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik. Salah satu irisan kedua kompetensi tersebut adalah keterampilan mengajar. Sebanyak 12 mahasiswa program studi pendidikan matematika dilibatkan dalam implementasi desain perkuliahan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Desain perkuliahan dikembangkan menggunakan model design research. Perkuliahan didesain berfokus pada keterampilan mengajar sekaligus diperkaya dengan 5 karakteristik PMRI. Angket respon diberikan kepada mahasiswa untuk menilai respon mahasiswa terhadap proses perkuliahan. Butir respon dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil angket menunjukkan 6 dari 10 pernyatan mendapatkan dukungan sangat kuat, sementara sisanya mendapatkan dukungan kuat dari mahasiswa. Dukungan paling kuat ditujukan untuk tiga aspek yaitu penggunaan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dalam perencanaan pembelajaran, pemanfaatan alat peraga, keseluruhan desain perkuliahan dianggap membantu mengasah keterampilan mengajar mahasiswa.
Article Details
How to Cite
Sari, A. F., Ernawati, A., & Abidin, Z. (2018). Ketertarikan Mahasiswa Calon Guru Terhadap Desain Perkuliahan PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 115-122. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2823
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Sari, A. F., Ernawati, A., & Abidin, Z. (2018). Ketertarikan Mahasiswa Calon Guru Terhadap Desain Perkuliahan PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 115-122. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2823
References
Agustiani, R. (2015). Profil Pengetahuan Pedagogik-Konten Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Melaksanakan Pembelajaran Dengan Pendekatan PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 1(2), 288–305.
Ambarawati, M. (2016). Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Matematika Pada MataKuliah Micro Teaching. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.91
Noviartati, K., & Ernawati, A. (2017). Respon Mahasiswa terhadap Desain Perkuliahan Geometri yang Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY 2017 (pp. 403–409).
Rahayu, D. S. (2017). Respons Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Statistika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 2(2), 14–24.
Rosdiana, L., & Sari, D. A. P. (2016). Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Model Inkuiri dengan Menggunakan Animasi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 33–36.
Vitantri, C. A. (2017). Integrasi concise learning method dengan mind mapping dalam pembelajaran matematika di perguruan tinggi. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 203–221.
Widjajanti, D. B. (2011). Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 151–158.
Riduwan. (2008) Dasar-dasar statistik. Badung: Alfabeta
Ambarawati, M. (2016). Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Matematika Pada MataKuliah Micro Teaching. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.91
Noviartati, K., & Ernawati, A. (2017). Respon Mahasiswa terhadap Desain Perkuliahan Geometri yang Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY 2017 (pp. 403–409).
Rahayu, D. S. (2017). Respons Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Statistika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 2(2), 14–24.
Rosdiana, L., & Sari, D. A. P. (2016). Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Model Inkuiri dengan Menggunakan Animasi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 33–36.
Vitantri, C. A. (2017). Integrasi concise learning method dengan mind mapping dalam pembelajaran matematika di perguruan tinggi. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 203–221.
Widjajanti, D. B. (2011). Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 151–158.
Riduwan. (2008) Dasar-dasar statistik. Badung: Alfabeta