Ketertarikan Mahasiswa Calon Guru Terhadap Desain Perkuliahan PMRI

Main Article Content

Anisa Fatwa Sari
Agustin Ernawati
Zainal Abidin

Abstract

 
Abstrak
Calon guru matematika wajib memiliki kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik. Salah satu irisan kedua kompetensi tersebut adalah keterampilan mengajar. Sebanyak 12 mahasiswa program studi pendidikan matematika dilibatkan dalam implementasi desain perkuliahan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Desain perkuliahan dikembangkan menggunakan model design research. Perkuliahan didesain berfokus pada keterampilan mengajar sekaligus diperkaya dengan 5 karakteristik PMRI. Angket respon diberikan kepada mahasiswa untuk menilai respon mahasiswa terhadap proses perkuliahan. Butir respon dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil angket menunjukkan 6 dari 10 pernyatan mendapatkan dukungan sangat kuat, sementara sisanya mendapatkan dukungan kuat dari mahasiswa. Dukungan paling kuat ditujukan untuk tiga aspek yaitu penggunaan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dalam perencanaan pembelajaran, pemanfaatan alat peraga, keseluruhan desain perkuliahan dianggap membantu mengasah keterampilan mengajar mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Sari, A. F., Ernawati, A., & Abidin, Z. (2018). Ketertarikan Mahasiswa Calon Guru Terhadap Desain Perkuliahan PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 115-122. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2823
Section
Artikel

How to Cite

Sari, A. F., Ernawati, A., & Abidin, Z. (2018). Ketertarikan Mahasiswa Calon Guru Terhadap Desain Perkuliahan PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 115-122. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2823

References

Agustiani, R. (2015). Profil Pengetahuan Pedagogik-Konten Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Melaksanakan Pembelajaran Dengan Pendekatan PMRI. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 1(2), 288–305.
Ambarawati, M. (2016). Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Matematika Pada MataKuliah Micro Teaching. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.91
Noviartati, K., & Ernawati, A. (2017). Respon Mahasiswa terhadap Desain Perkuliahan Geometri yang Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY 2017 (pp. 403–409).
Rahayu, D. S. (2017). Respons Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Statistika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 2(2), 14–24.
Rosdiana, L., & Sari, D. A. P. (2016). Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Model Inkuiri dengan Menggunakan Animasi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 33–36.
Vitantri, C. A. (2017). Integrasi concise learning method dengan mind mapping dalam pembelajaran matematika di perguruan tinggi. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 203–221.
Widjajanti, D. B. (2011). Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 151–158.
Riduwan. (2008) Dasar-dasar statistik. Badung: Alfabeta