Penggunaan Media Handout Berbantuan Camtasia Studio Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik

Main Article Content

Putri Fitriasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa melalui penggunaan media handout berbantuan camtasia studio pada mata kuliah metode numerik materi persamaan nirlanjar. Media pembelajaran handout berbantuan camtasia studio merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai pengganti buku ajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas V.A program studi pendidikan matematika FKIP Universitas PGRI Palembang semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes.  Data hasil tes dianalisis secara deskrptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil belajar mahasiswa melalui penggunaan media camtasia berbantuan handout pada materi persamaan nirlanjar termasuk dalam kategori baik.

Article Details

How to Cite
Fitriasari, P. (2018). Penggunaan Media Handout Berbantuan Camtasia Studio Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 93-104. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2896
Section
Artikel

How to Cite

Fitriasari, P. (2018). Penggunaan Media Handout Berbantuan Camtasia Studio Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 93-104. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2896

References

Aripin. (2009). Step by Step Membuat Video Tutorial Menggunakan Camtasia Studio. Bandung: Oase Media.
Kurniawan, D. T. (2017). Penggunaan Model PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika , 2 (2), 207-220.
Kuzma, J., & Wiliiams, N. (2014). Using Camtasia to Create Video Tutorials: Students As Academic Partners Project report. Project Report University of Worcester. Journal of Learning & Teaching .
Maidani, D. M., Khairil, & Rahmatan, H. (2016). Penggunaan Media Camtasia Studio Berbantuan Handout untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Konsep Sistem Ekskresi di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Biotik , 4 (1), 75-80.
Nuari, F., & Ardi, H. (2014). Using Camtasia Studio 8 to Produce Learning Video to Teach English Through E-Learning. JELT , 3 (1 Serie D), 259-267.
Setyorini, E. S., Tiyaswati, I., Faradilla, L., & Pratiwi, R. D. (2016). Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio 7 Sebagai Media Pembelajaran Fisika pada Materi Hukum Newton. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek 2016, (pp. 946-952).
Subekti, E. E., Cahyadi, F., & Fajriah, K. (2017). Multimedia Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio dalam Mata Kuliah Matematika 1 untuk Mahasiswa PGSD. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang , 1 (2), 134-140.
Sudarmoyo. (2012). Membumikan Matematika dengan Pembelajaran BERPETAC (Berbantuan Pen Tablet dan Camtasia). International Symposium on Mathematics Education Innovation, 4.
TechSmit. (2013). Camtasia Studio 8.2 Help File. Michigan: TechSmith Cooperation.