Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan

Main Article Content

munawaroh munawaroh
Eka Liani Resta

Abstract

Abstrak
 
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan Kelas VII berdasarkan langkah penyelesaian Polya terdiri dari empat langkah, yaitu kesalahan memahami soal, kesalahan menyusun rencana, kesalahan melaksanakan rencana, dan kesalahan memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Subjek  penelitian adalah siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Mempura berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita  materi himpunan, yaitu kesalahan memahami masalah sebesar 5,33%, kesalahan menyusun rencana  sebesar 32,66%,  kesalahan melaksanakan rencana sebesar 40 %, dan kesalahan mengecek kembali jawaban sebesar 22 %. Pada penelitian ini kesalahan terbesar dilakukan pada langkah melaksanakan rencana. Penelitian ini dapat  menjadi kajian referensi penelitian selanjutnya.

Article Details

How to Cite
munawaroh, munawaroh, & Resta, E. L. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 105-114. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2934
Section
Artikel

How to Cite

munawaroh, munawaroh, & Resta, E. L. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 105-114. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2934

References

DAFTAR PUSTAKA
Marlina, L (2013).Panerapan Langkah Polya dalam Menyelesaian Soal Cerita Keliling dan Luas Persegi Panjang. Jurnal Pendidikan Matematika Tadulako vol 1

Rafika dkk (2017). Penerapan Langkah Polya untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam menyelesaian soal cerita Sisem Persamaan Linier Dua Variabel Di kelas VIII SMPN 14 Palu. Jurnal Pendidikan Matematika Tadulako vol 5 no. 1 September 2017

Rochmad. 2011. Skema Kognitif Pemecahan Masalah. Semarang: Universitas
Negeri Semarang

Muhammad Khadani Sulis,2018, Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaian soal cerita PLSV Berdasarkan Teory Polya pada siswa kelas VII SMPN Muhamadiyah 7 Surakarta Tahun 2017/2018.
http://eprints.ums.ac.id/61016/12/NASKAH%20PUBLIKASI%20015.pdf

Manibuy, R., Dkk. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solopada Kelas X Sma Negeri 1 Plus Di Kabupaten Nabire – Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika .Issn: 2339-1685 Vol.2, No.9, Hal 933-945. November 2014

T. Khairudin,2017, Analisis strategi pemecahan masalah matematika siswa kelas VII Mts Aceh Besar,