Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan Kelas VII berdasarkan langkah penyelesaian Polya terdiri dari empat langkah, yaitu kesalahan memahami soal, kesalahan menyusun rencana, kesalahan melaksanakan rencana, dan kesalahan memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Mempura berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan, yaitu kesalahan memahami masalah sebesar 5,33%, kesalahan menyusun rencana sebesar 32,66%, kesalahan melaksanakan rencana sebesar 40 %, dan kesalahan mengecek kembali jawaban sebesar 22 %. Pada penelitian ini kesalahan terbesar dilakukan pada langkah melaksanakan rencana. Penelitian ini dapat menjadi kajian referensi penelitian selanjutnya.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan Kelas VII berdasarkan langkah penyelesaian Polya terdiri dari empat langkah, yaitu kesalahan memahami soal, kesalahan menyusun rencana, kesalahan melaksanakan rencana, dan kesalahan memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Mempura berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan, yaitu kesalahan memahami masalah sebesar 5,33%, kesalahan menyusun rencana sebesar 32,66%, kesalahan melaksanakan rencana sebesar 40 %, dan kesalahan mengecek kembali jawaban sebesar 22 %. Pada penelitian ini kesalahan terbesar dilakukan pada langkah melaksanakan rencana. Penelitian ini dapat menjadi kajian referensi penelitian selanjutnya.
Article Details
How to Cite
munawaroh, munawaroh, & Resta, E. L. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 105-114. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2934
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
munawaroh, munawaroh, & Resta, E. L. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 105-114. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2934
References
DAFTAR PUSTAKA
Marlina, L (2013).Panerapan Langkah Polya dalam Menyelesaian Soal Cerita Keliling dan Luas Persegi Panjang. Jurnal Pendidikan Matematika Tadulako vol 1
Rafika dkk (2017). Penerapan Langkah Polya untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam menyelesaian soal cerita Sisem Persamaan Linier Dua Variabel Di kelas VIII SMPN 14 Palu. Jurnal Pendidikan Matematika Tadulako vol 5 no. 1 September 2017
Rochmad. 2011. Skema Kognitif Pemecahan Masalah. Semarang: Universitas
Negeri Semarang
Muhammad Khadani Sulis,2018, Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaian soal cerita PLSV Berdasarkan Teory Polya pada siswa kelas VII SMPN Muhamadiyah 7 Surakarta Tahun 2017/2018.
http://eprints.ums.ac.id/61016/12/NASKAH%20PUBLIKASI%20015.pdf
Manibuy, R., Dkk. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solopada Kelas X Sma Negeri 1 Plus Di Kabupaten Nabire – Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika .Issn: 2339-1685 Vol.2, No.9, Hal 933-945. November 2014
T. Khairudin,2017, Analisis strategi pemecahan masalah matematika siswa kelas VII Mts Aceh Besar,
Marlina, L (2013).Panerapan Langkah Polya dalam Menyelesaian Soal Cerita Keliling dan Luas Persegi Panjang. Jurnal Pendidikan Matematika Tadulako vol 1
Rafika dkk (2017). Penerapan Langkah Polya untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam menyelesaian soal cerita Sisem Persamaan Linier Dua Variabel Di kelas VIII SMPN 14 Palu. Jurnal Pendidikan Matematika Tadulako vol 5 no. 1 September 2017
Rochmad. 2011. Skema Kognitif Pemecahan Masalah. Semarang: Universitas
Negeri Semarang
Muhammad Khadani Sulis,2018, Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaian soal cerita PLSV Berdasarkan Teory Polya pada siswa kelas VII SMPN Muhamadiyah 7 Surakarta Tahun 2017/2018.
http://eprints.ums.ac.id/61016/12/NASKAH%20PUBLIKASI%20015.pdf
Manibuy, R., Dkk. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi Solopada Kelas X Sma Negeri 1 Plus Di Kabupaten Nabire – Papua. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika .Issn: 2339-1685 Vol.2, No.9, Hal 933-945. November 2014
T. Khairudin,2017, Analisis strategi pemecahan masalah matematika siswa kelas VII Mts Aceh Besar,