Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional Siswa SMAN 4 Kayuagung
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking ter-hadap kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional siswa SMA Negeri 4 Ka-yuagung. Desain penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kayuagung, diambil sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan Pendekatan Metaphorical Thinking dan kelas XI MIPA 3 sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan uji t (Independent Sample T-Test), dengan terlebih dahulu menguji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan analisis data tersebut, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 4 Kayuagung, 2) ada pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SMA Negeri 4 Kayuagung.
Article Details
How to Cite
Anggraeny, T. K., Rohana, R., & Jayanti, J. (2019). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional Siswa SMAN 4 Kayuagung. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 57-69. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3001
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Anggraeny, T. K., Rohana, R., & Jayanti, J. (2019). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Emosional Siswa SMAN 4 Kayuagung. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 57-69. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3001
References
Adeyanto, R., Kusmayadi, T. A., & Riyadi. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Missouri Mathematics Project (MMP) Dan Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan Saintifik Pada Maetri Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Pemalang Tahun Pelaja. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 6(1), 25–33.
Afrilianto, M. (2014). Pendekatan Metaphorical Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 68.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Asnawati, S., K.D., I. L., & Muhtarulloh, F. (2015). PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN ETNOMATEMATIK PADA MATERI BIDANG DATAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA. Euclid, 2(2), 275–295. https://doi.org/10.33603/e.v2i2.363
Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Press.
Kadir. (2015). Statistika Terapan. Jakarta: PT Raja Garafindo Persada.
Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 95. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634
Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2017). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan Matematika. Palembang: Noerfikri.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Refika Aditama.
Puspendik. (2017). Mengenai TIMSS. Retrieved from Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan website: puspendik.kemendikbud.go.id
Setiawan, W. (2016). Profil Berpikir Metaforis (Metaphorical Thinking) Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Pengukuran Ditinjau dari Gaya Kognitif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 208–216. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.7127
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D, pp. 283–393. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Afrilianto, M. (2014). Pendekatan Metaphorical Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 68.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Asnawati, S., K.D., I. L., & Muhtarulloh, F. (2015). PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN ETNOMATEMATIK PADA MATERI BIDANG DATAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA. Euclid, 2(2), 275–295. https://doi.org/10.33603/e.v2i2.363
Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Press.
Kadir. (2015). Statistika Terapan. Jakarta: PT Raja Garafindo Persada.
Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 95. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634
Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2017). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan Matematika. Palembang: Noerfikri.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Refika Aditama.
Puspendik. (2017). Mengenai TIMSS. Retrieved from Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan website: puspendik.kemendikbud.go.id
Setiawan, W. (2016). Profil Berpikir Metaforis (Metaphorical Thinking) Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Pengukuran Ditinjau dari Gaya Kognitif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 208–216. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.7127
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D, pp. 283–393. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.