Kemampuan Penalaran Statistis Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share, Think Talk Write dan Teams Games Tournament

Main Article Content

Anwar Rosidi
Nila Kesumawati
Misdalina Misdalina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran statistis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair share (TPS), Think Talk Write (TTW), dan Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX semester ganjil SMPN 2 Banyuasin I tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi 6 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX.2, IX.4, dan IX.5 yang diambil dengan teknik Cluster Sampling dengan menggunakan desain penelitian posttest only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan penalaran statistis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan penalaran statistis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe TPS, TTW dan TGT di SMPN 2 Banyuasin I tahun pelajaran 2018/2019. Dengan hasil postest kemampuan penalaran statistis yang lebih baik adalah model pembelajaran Teams Games Tournament.

Article Details

How to Cite
Rosidi, A., Kesumawati, N., & Misdalina, M. (2019). Kemampuan Penalaran Statistis Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share, Think Talk Write dan Teams Games Tournament. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 70-77. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3018
Section
Artikel

How to Cite

Rosidi, A., Kesumawati, N., & Misdalina, M. (2019). Kemampuan Penalaran Statistis Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share, Think Talk Write dan Teams Games Tournament. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 70-77. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3018

References

Hardiyanti, A., Mardiyana, & Pramudya, I. (2016). Eksperimentasi Model TPS Mind
Mapping dan TTW Mind Mapping pada materi Persamaan Garis lurus ditinjau dari
kecerdasan matematis logis siswa SMP. Seminar Matematika Dan Pendidikan
Matematika, 135–157. FKIP UNS.

Hartini, H., Maharani, Z. Z., & Rahman, B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran
Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 131–135. https://
doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5009

Intan, I., Ashiddiqi, M. H., & Nery Rieno Septra. (2018). Pengaruh Strategi Think Talk
Write (TTW) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran
Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 64–78. https://doi.org/
https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.3514

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan
R&D. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D,
pp. 283–393. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Tri Roro, S., Rippi, M., & Eka, S. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis
Siswa SMP Pada Materi Seegitiga dan Segiempat. Jurnal Kajian Pembelajaran
Matematika, 2(1), 9–13.

Yulianto, W. D., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2016). MODEL PEMBELAJARAN
TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR SISWA SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 323
–330. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3820

Yusuf, Y. (2017). KONSTRUKSI PENALARAN STATISTIS PADA STATISTIKA
PENELITIAN. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1). https://
doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p60-69