Peningkatan Pemahaman Konsep dengan Discovery Learning Materi Inegral Tentu Kelas XI IPA SMAN 2 Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi integral tentu di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Palembang melalui penerapan Discovery Learning. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan indikator keberhasilan dilihat dari meningkatnya kemampuan pemahaman konsep siswa serta nilai ketuntasan belajar yang diperoleh minimal 75% dari banyaknya siswa. Berdasarkan hasil tes pada siklus pertama diperolehketuntasan belajar siswa sebesar 69,44%. Kemudian pada siklus kedua, ketuntasan belajar peserta siswa meningkat menjadi 88,89%. Kemampuan pemahaman konsep siswa juga mengalami peningkatan dari sebelum diadakan penelitian hingga dilaksanakannya siklus kedua. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa.
Article Details
How to Cite
Waisnawa, I. G. A., & Megariati, M. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep dengan Discovery Learning Materi Inegral Tentu Kelas XI IPA SMAN 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 86-97. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3264
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Waisnawa, I. G. A., & Megariati, M. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep dengan Discovery Learning Materi Inegral Tentu Kelas XI IPA SMAN 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 86-97. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3264
References
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafiah, N., & Suhada, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika
Aditama.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik san Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21:
Kunci Kesuksesan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran
Matematika. Pendidikan Matematika, 2(2), 229–235. https://doi.org/10.13140/
RG.2.2.13994.00965
Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman
Konsep Dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning.
PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 810–813. Semarang: Unersitas
Negeri Semarang.
Trianingsih, A., Husna, N., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pengaruh Model Discovery
Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persamaan
Lingkaran di Kelas XI IPA. Variabel, 2(1), 1. https://doi.org/10.26737/
var.v2i1.1026
Hanafiah, N., & Suhada, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika
Aditama.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik san Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21:
Kunci Kesuksesan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran
Matematika. Pendidikan Matematika, 2(2), 229–235. https://doi.org/10.13140/
RG.2.2.13994.00965
Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman
Konsep Dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning.
PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 810–813. Semarang: Unersitas
Negeri Semarang.
Trianingsih, A., Husna, N., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pengaruh Model Discovery
Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persamaan
Lingkaran di Kelas XI IPA. Variabel, 2(1), 1. https://doi.org/10.26737/
var.v2i1.1026