Peningkatan Pemahaman Konsep dengan Discovery Learning Materi Inegral Tentu Kelas XI IPA SMAN 2 Palembang

Main Article Content

I Gde Arry Waisnawa
Megariati Megariati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi integral tentu di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Palembang melalui penerapan Discovery Learning. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan indikator keberhasilan dilihat dari meningkatnya kemampuan pemahaman konsep siswa serta nilai ketuntasan belajar yang diperoleh minimal 75% dari banyaknya siswa. Berdasarkan hasil tes pada siklus pertama diperolehketuntasan belajar siswa sebesar 69,44%. Kemudian pada siklus kedua, ketuntasan belajar peserta siswa meningkat menjadi 88,89%. Kemampuan pemahaman konsep siswa juga mengalami peningkatan dari sebelum diadakan penelitian hingga dilaksanakannya siklus kedua. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa.

Article Details

How to Cite
Waisnawa, I. G. A., & Megariati, M. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep dengan Discovery Learning Materi Inegral Tentu Kelas XI IPA SMAN 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 86-97. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3264
Section
Artikel

How to Cite

Waisnawa, I. G. A., & Megariati, M. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep dengan Discovery Learning Materi Inegral Tentu Kelas XI IPA SMAN 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 86-97. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3264

References

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafiah, N., & Suhada, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika
Aditama.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik san Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21:
Kunci Kesuksesan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran
Matematika. Pendidikan Matematika, 2(2), 229–235. https://doi.org/10.13140/
RG.2.2.13994.00965
Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman
Konsep Dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning.
PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 810–813. Semarang: Unersitas
Negeri Semarang.
Trianingsih, A., Husna, N., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pengaruh Model Discovery
Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persamaan
Lingkaran di Kelas XI IPA. Variabel, 2(1), 1. https://doi.org/10.26737/
var.v2i1.1026