Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script pada Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri di Palembang
Main Article Content
Abstract
Model pembelajaran Cooperative Script adalah model pembelajaran siswa bekerja secara berpasangan dan menuntut siswa untuk selalu aktif serta kreatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang model pembelajaran Cooperative Script terhadap peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMP Negeri X Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi experimental design dengan Randomized prestest-postest, dengan populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri X Palembang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak terdiri dari kelas VII8 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dan kelas VII7 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan N-gain dan analisis Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMP Negeri X Palembang.
Article Details
How to Cite
suryaningsih, N., Lusiana, L., & Mulbasari, A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script pada Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 111-119. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i2.3534
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
suryaningsih, N., Lusiana, L., & Mulbasari, A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script pada Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 111-119. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i2.3534
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Fathurrahman, M. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.33506/jq.v5i1.241
Florentina, N., & Leonard, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 96–106. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1877
Lestari, K. L., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Loviana, S., Nurhanurawati, & Coesamin, M. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Cooperative Script Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 75–80.
Lusiana, L., Hartono, Y., & Saleh, T. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (MPG) UNTUK PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA NEGERI 8 PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.22342/jpm.3.2.324.
Meilani, R., & Sutarni, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 176. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3349
Mulbasari, A. S., & Surmilasari, N. (2018). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL)Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. Jurnal Elemen, 4(2), 197–203. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.719
Munandar, U. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Noor, J. A., & Norlaila, N. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 250–259. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i2.620
Shoimin, A. (2014). Guru-Berkarakter untuk implementasi pendidikan karakter. In Guru-Berkarakter.
Yudiawati, N., & G. P, B. Y. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 2(1), 63. https://doi.org/10.25157/teorema.v2i1.766
Yuwono, M. R. (2016). Analisis kesulitan belajar siswa kelas VII SMP dalam menyelesaikan soal materi segitiga dan alternatif pemecahannya. Magistra, 28(95), 14–25.
Fathurrahman, M. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.33506/jq.v5i1.241
Florentina, N., & Leonard, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 96–106. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1877
Lestari, K. L., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Loviana, S., Nurhanurawati, & Coesamin, M. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Cooperative Script Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 75–80.
Lusiana, L., Hartono, Y., & Saleh, T. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (MPG) UNTUK PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA NEGERI 8 PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.22342/jpm.3.2.324.
Meilani, R., & Sutarni, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 176. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3349
Mulbasari, A. S., & Surmilasari, N. (2018). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL)Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. Jurnal Elemen, 4(2), 197–203. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.719
Munandar, U. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Noor, J. A., & Norlaila, N. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 250–259. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i2.620
Shoimin, A. (2014). Guru-Berkarakter untuk implementasi pendidikan karakter. In Guru-Berkarakter.
Yudiawati, N., & G. P, B. Y. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 2(1), 63. https://doi.org/10.25157/teorema.v2i1.766
Yuwono, M. R. (2016). Analisis kesulitan belajar siswa kelas VII SMP dalam menyelesaikan soal materi segitiga dan alternatif pemecahannya. Magistra, 28(95), 14–25.