Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik bernuansa Etnomatematika (PMRE)

Main Article Content

Muslimahayati Muslimahayati

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa jika ditinjau secara keseluruhan dan ditinjau menurut kategori kemampuan awal matematis tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan nonequivalent pre-test and post-test control-group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa di salah satu sekolah di kota Jambi, yang terdiri dari 32 siswa kelas eksperimen yang diberikan PMRE dan 32 siswa kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran PMRE secara keseluruhan lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dengan kategori tinggi 2) ditinjau dari KAM, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kategori KAM sedang yang memperoleh pembelajaran PMRE lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, sedangkan pada siswa kategori KAM tinggi dan rendah yang memperoleh pembelajaran PMRE tidak lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

Article Details

How to Cite
Muslimahayati, M. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik bernuansa Etnomatematika (PMRE). Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 22-40. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3773
Section
Artikel

How to Cite

Muslimahayati, M. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik bernuansa Etnomatematika (PMRE). Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 22-40. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3773

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Asikin, M., & Junaedi, I. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (REalistic Mathematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Research , 2 (1), 203-213.
De'Ambrosio. (1999). Literacy, Matheracy, dan Thechnoracy: A Trivium for Today. Math Think Learn , 1 (2), 131-153.
Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. Prisma, Seminar Nasional Matematika. 1, pp. 114-119. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Isrok'atun, I. (2009). Meningkatkan Komunikasi Matematik Siswa SMP Melalui Realistic Mathematics Education (RME) dalam Rangka Menuju Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_11-April_2009/MENINGKATKAN_KOMUNIKASI_MATEMATIK_SISWA_SMP_MELALUI_REALISTIC_MATHEMATICS_EDUCATION_%28RME%29_DALAM_RANGKA_MENUJU_SEKOLAH_BERTARAF_INTERNASIONAL_%28SBI%29.pdf
Izzati, N., & Suryadi, D. (2010). Komunikasi matematik dan pendidikan matematika realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 721–729.
Kaselin, Sukestiyarno, & Waluya, B. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT Berbasis Etnomatematika. Journal of Mathematics Educational Research , 2 (2), 121-127.
Marsigit, M., Conromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia (pp. 20-38). Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Muslimahayati, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Berpikir Kritis Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematik (PMRE). In U. P. Indonesia, Thesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Muslimahayati, M., & Wardani, A. K. (2019). Implementasi Etnomatematika Masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Elemen, 5(2), 108. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.957
NCTM. (1989). Cirriculum and Evaluation Standars for School Mathematis. Reston VA: NCTM.
Putri, A. D., Syutaridho, S., Paradesa, R., & Afgani, M. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 135. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1884
Qohar, A., & Sumarmo, U. (2013). Improving mathematical communication ability and self regulation learning of yunior high students by using reciprocal teaching. Journal on Mathematics Education, 4(1), 59–74.
S. Sirate, F. (2012). IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA JENJANG PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 41–54. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a4
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D, pp. 283–393. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial (Edisi Revisi). Bandung: Tim Komunikata Publishing House.
Turmidi, T. (2018). Kajian Etnomatematika: Belajar Matematika dengan Melibatkan Unsur Budaya. Seminar Nasional Etnomatnesia (pp. 38-53). Yogyakarta: Universitas Sanjanawiyata Tamansiswa.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu. https://doi.org/10.21009/jpd.061.11