Pengaruh Model Pembelajaran CORE dengan Metode Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP di Lubuklinggau :Pengaruh Model Pembelajaran CORE dengan Metode Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Ar Risalah Lubuklinggau
Main Article Content
Abstract
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of CORE learning model by the method of Problem Posing on mathematical problem solving ability at the eighth grade students of SMP Ar Risalah Lubuklinggau in academic year 2019/2020. The research method used in the form of pure experimentation. The population in this study were all students of class VIII SMP Ar Risalah Lubuklinggau the academic year 2019/2020, which consists of 157 students and a sample is VIII.Ibnu Khaldun as an experimental class and VIII.Ibnu Miskawaih as the control class. Collecting the data in the study used a test about the description. The data were analyzed using t-test. Based on the analysis of t-test with a significant level of = 0.05, obtained thitung (1,81) > ttabel (1,67), so it can be concluded that there is influence learning model CORE method Problem Posing on mathematical problem solving ability at the eighth grade students of SMP Ar Risalah Lubuklinggau in academic year 2019/2020. From the results of post-test the average score of students' mathematical problem solving ability in the experimental class was 23.52 and in the control class was 14.45.
Keywords: CORE, Problem Posing, Problem Solving.
vi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE dengan metode Problem Posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Ar Risalah Lubuklinggau tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian digunakan berbentuk eksperimen murni. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Ar Risalah Lubuklinggau tahun pelajaran 2019/2020, yang terdiri dari 157 siswa dan sebagai sampelnya adalah kelas VIII.Ibnu Khaldun sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.Ibnu Miskawaih sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes soal uraian.. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan sebesar = 0,05, diperoleh thitung (1,81) > ttabel (1,67), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CORE dengan metode Problem Posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Ar Risalah Lubuklinggau tahun pelajaran 2019/2020. Dari hasil post-test rata-ratas skor kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas eksperimen sebesar 23,52 dan pada kelas kontrol sebesar 14,45.
Kata kunci: CORE, Problem Posing, Pemecahan Masalah.
This study aims to determine the effect of CORE learning model by the method of Problem Posing on mathematical problem solving ability at the eighth grade students of SMP Ar Risalah Lubuklinggau in academic year 2019/2020. The research method used in the form of pure experimentation. The population in this study were all students of class VIII SMP Ar Risalah Lubuklinggau the academic year 2019/2020, which consists of 157 students and a sample is VIII.Ibnu Khaldun as an experimental class and VIII.Ibnu Miskawaih as the control class. Collecting the data in the study used a test about the description. The data were analyzed using t-test. Based on the analysis of t-test with a significant level of = 0.05, obtained thitung (1,81) > ttabel (1,67), so it can be concluded that there is influence learning model CORE method Problem Posing on mathematical problem solving ability at the eighth grade students of SMP Ar Risalah Lubuklinggau in academic year 2019/2020. From the results of post-test the average score of students' mathematical problem solving ability in the experimental class was 23.52 and in the control class was 14.45.
Keywords: CORE, Problem Posing, Problem Solving.
vi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE dengan metode Problem Posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Ar Risalah Lubuklinggau tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian digunakan berbentuk eksperimen murni. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Ar Risalah Lubuklinggau tahun pelajaran 2019/2020, yang terdiri dari 157 siswa dan sebagai sampelnya adalah kelas VIII.Ibnu Khaldun sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.Ibnu Miskawaih sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes soal uraian.. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan sebesar = 0,05, diperoleh thitung (1,81) > ttabel (1,67), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CORE dengan metode Problem Posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Ar Risalah Lubuklinggau tahun pelajaran 2019/2020. Dari hasil post-test rata-ratas skor kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas eksperimen sebesar 23,52 dan pada kelas kontrol sebesar 14,45.
Kata kunci: CORE, Problem Posing, Pemecahan Masalah.
Article Details
How to Cite
Sari, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran CORE dengan Metode Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP di Lubuklinggau: :Pengaruh Model Pembelajaran CORE dengan Metode Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Ar Risalah Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(1), 69-79. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i1.4087
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Sari, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran CORE dengan Metode Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP di Lubuklinggau: :Pengaruh Model Pembelajaran CORE dengan Metode Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Ar Risalah Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(1), 69-79. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i1.4087
References
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Artasari, P. Y., Arini, N. W., & Wirya, I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending ( Core ) Terhadap Kemampuan Berpikir Divergen Siswa Kelas Iv Mata Pelajaran Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/878
Ayu, G., Dantes, N., & Jampel, I. N. (2015). Pengaruh Penerapan Model Core Terhadap Kecamatan Denpasar Barat. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 1–10. Diambil dari http://download.portalgaruda.org/
Daryati, D., Nugraha, & Sutarni, N. (2018). Pengaruh penggunaan metode problem posing terhadap kemampuan memecahkan masalah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (JPIS), 27(1), 31–42.
Konita, M., Asikin, M., & Asih, T. S. N. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). PRISMA,Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 2, 611–615.
Kumalasari, E. (2011). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Model CORE. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 200–211.
Mukarromah, E. F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Core ( Connecting , Organizing , Reflecting , Extending ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Mts Negeri 5 Jember Pada Materi Peluang.
Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ngalimun. (2016). Starategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. In Nizmania Learning Center.
Prasetyo, T. I., Syaban, M., & Irmawan. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA. Intermezho (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 3(1), 11–17. Diambil dari http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/279
Rahmadayanti, A., Purwaningrum, J. P., & Rahatu, P. (2022). Pengaruh Model CORE Berbantuan Modul DIgital Interaktif. (1), 26–36.
Rosalina, E., & Elly S, A. (2018). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematika. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(2), 90–97. https://doi.org/10.31539/joeai.v1i2.490
Sariningtias, R., Rahmawati, F., & Hendrastuti, Z. R. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CORE terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 9, 40–44.
Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovativ dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar - Ruzz Media.
Sofyan, D., & Madio, S. S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pendekatan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika Di Sma. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 93–104. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.297
Wahyuningtyas, P. S., Setiani, Y., & Khaerunnisa, E. (2020). Pengaruh Model Core dengan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 81. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.979
Artasari, P. Y., Arini, N. W., & Wirya, I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending ( Core ) Terhadap Kemampuan Berpikir Divergen Siswa Kelas Iv Mata Pelajaran Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/878
Ayu, G., Dantes, N., & Jampel, I. N. (2015). Pengaruh Penerapan Model Core Terhadap Kecamatan Denpasar Barat. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 1–10. Diambil dari http://download.portalgaruda.org/
Daryati, D., Nugraha, & Sutarni, N. (2018). Pengaruh penggunaan metode problem posing terhadap kemampuan memecahkan masalah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (JPIS), 27(1), 31–42.
Konita, M., Asikin, M., & Asih, T. S. N. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). PRISMA,Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 2, 611–615.
Kumalasari, E. (2011). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Model CORE. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 200–211.
Mukarromah, E. F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Core ( Connecting , Organizing , Reflecting , Extending ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Mts Negeri 5 Jember Pada Materi Peluang.
Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ngalimun. (2016). Starategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. In Nizmania Learning Center.
Prasetyo, T. I., Syaban, M., & Irmawan. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA. Intermezho (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 3(1), 11–17. Diambil dari http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/279
Rahmadayanti, A., Purwaningrum, J. P., & Rahatu, P. (2022). Pengaruh Model CORE Berbantuan Modul DIgital Interaktif. (1), 26–36.
Rosalina, E., & Elly S, A. (2018). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematika. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(2), 90–97. https://doi.org/10.31539/joeai.v1i2.490
Sariningtias, R., Rahmawati, F., & Hendrastuti, Z. R. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CORE terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 9, 40–44.
Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovativ dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Ar - Ruzz Media.
Sofyan, D., & Madio, S. S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Melalui Pendekatan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika Di Sma. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 93–104. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.297
Wahyuningtyas, P. S., Setiani, Y., & Khaerunnisa, E. (2020). Pengaruh Model Core dengan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 81. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.979