PMRI dengan Metode Inquiry Diimplementasikan pada Pembelajaran Matematika Kelas VII MTs Lubuklinggau
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan metode inquiry. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding. Populasi seluruh siswa kelas VII MTs di Lubuklinggau yang terdiri dari 369 siswa dan sebagai sampel adalah kelas VII.7 dengan 34 siswa yang diambil secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan sebesar α = 0,05, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs di Lubuklinggau setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan metode inquiry dapat diimplementasikan dengan baik. Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah setelah diberikan perlakuan sebesar 73,35% termasuk dalam kategori baik.
Article Details
How to Cite
Epriyani, S. R., Fitriyana, N., & Wahyuni, R. (2019). PMRI dengan Metode Inquiry Diimplementasikan pada Pembelajaran Matematika Kelas VII MTs Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 120-128. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i2.4127
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Epriyani, S. R., Fitriyana, N., & Wahyuni, R. (2019). PMRI dengan Metode Inquiry Diimplementasikan pada Pembelajaran Matematika Kelas VII MTs Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 120-128. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i2.4127
References
AB, S., Yusuf, M. N., & Nurhayati, N. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri pada Subtema Gerak dan Gaya terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 16 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 73–83.
Anisa, W. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik untuk Siswa SMP Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 209668.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Ilmiah. In Rineka cipta, Jakarta.
Efuansyah, E., & Wahyuni, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis PMRI Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII. Jurnal Derivat, 5(3), 28–41.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Fitriani, K., & Maulana, -. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Mamtematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355
Gravemeijer, K. (1999). Mathematical Thinking and Learning How Emergent Models May Foster the Constitution of Formal Mathematics. Mathematical Thinking and Learning, 1(2), 155–177. https://doi.org/10.1207/s15327833mtl0102
Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777–785.
Kemendikbud. (2013). Pedoman Pembenaan Bantuan Implementasi Kurikulum tahun 2013. Kemendikbud.
Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Exacta, X(2), 1–4. http://repository.unib.ac.id/519/1/08. Effie Efrida Mukhlis.pdf
Primasari, N. P. D. (2016). PMRI dan Inkuiri Sebagai Alternatif Pembelajarn untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016, 83–86.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.60
Sugiyono, S. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sunadi, S. (2014). Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung, 165–170.
Wahyuni, N. D., & Jailani, J. (2017). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 5(2), 151. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i2.7785
Anisa, W. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik untuk Siswa SMP Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 209668.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Ilmiah. In Rineka cipta, Jakarta.
Efuansyah, E., & Wahyuni, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis PMRI Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII. Jurnal Derivat, 5(3), 28–41.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Fitriani, K., & Maulana, -. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Mamtematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355
Gravemeijer, K. (1999). Mathematical Thinking and Learning How Emergent Models May Foster the Constitution of Formal Mathematics. Mathematical Thinking and Learning, 1(2), 155–177. https://doi.org/10.1207/s15327833mtl0102
Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777–785.
Kemendikbud. (2013). Pedoman Pembenaan Bantuan Implementasi Kurikulum tahun 2013. Kemendikbud.
Muchlis, E. E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Exacta, X(2), 1–4. http://repository.unib.ac.id/519/1/08. Effie Efrida Mukhlis.pdf
Primasari, N. P. D. (2016). PMRI dan Inkuiri Sebagai Alternatif Pembelajarn untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016, 83–86.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Sari, P. (2017). Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.60
Sugiyono, S. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sunadi, S. (2014). Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung, 165–170.
Wahyuni, N. D., & Jailani, J. (2017). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 5(2), 151. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i2.7785