Efektivitas Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP L Sidoharjo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP L Sidoharjo setelah diterapkan model pembelajaran LAPS-Heuristik dikategorikan baik? (2) Bagaimana respon siswa kelas VIII SMP L. Sidoharjo setelah diterapkan model pembelajaran LAPS-Heuristik? (3) Bagaimana aktivitas siswa kelas VIII SMP L Sidoharjo pada saat proses pembelajaran dengan model pembelajaran LAPS-Heuristik?. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP L Sidoharjo sebanyak 210 siswa dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII.2 berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data dengan teknik tes, angket dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan “(1) Kemampuan pemecahan masalah siswa dikategorikan baik dengan rata-rata 73,11. (2) Respon siswa dikategorikan baik dengan rata-rata 76,89%. (3) Aktivitas siswa dikategorikan aktif dengan rata-rata 60,17%.
Article Details
How to Cite
Nuansyah, N., Efuansyah, E., & Yanto, Y. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 162-172. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i2.4201
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Nuansyah, N., Efuansyah, E., & Yanto, Y. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 162-172. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i2.4201
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Delyana, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended. Lemma, 2(1), 26–34.
Fatimah, A. E. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Melalui Pendekatan Differentiated Instruction. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 11–23. https://doi.org/10.30743/MES.V2I1.111
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Purba, O. N., & Sirait, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Model LAPS-Heuristic di SMA Shafiyyatul Amaliyah. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(1), 31–39. https://doi.org/10.36294/JMP.V2I1.119
Rahmi, I., Trapsilasiwi, D., & Sri, L. N. D. (2012). Penerapan Pembelajaran RME untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Pokok Bahasan Perbandingan Skala di SMP Negeri 3 Arjasa Kelas VII B Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, 3(3), 133–145.
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta. In Jurnal Akuntansi (Vol. 21). https://doi.org/10.24912/ja.v21i1.137
Suryani, S., & Iqbal, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Langsa. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 50–56. https://doi.org/10.32505/V3I2.1203
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wahyuni, R., & Efuansyah, E. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 24. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.778
Yanto, Y., & Juwita, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(1), 53–60. https://doi.org/10.31539/judika.v1i1.247
Delyana, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended. Lemma, 2(1), 26–34.
Fatimah, A. E. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Melalui Pendekatan Differentiated Instruction. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 11–23. https://doi.org/10.30743/MES.V2I1.111
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Purba, O. N., & Sirait, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Model LAPS-Heuristic di SMA Shafiyyatul Amaliyah. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(1), 31–39. https://doi.org/10.36294/JMP.V2I1.119
Rahmi, I., Trapsilasiwi, D., & Sri, L. N. D. (2012). Penerapan Pembelajaran RME untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Pokok Bahasan Perbandingan Skala di SMP Negeri 3 Arjasa Kelas VII B Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, 3(3), 133–145.
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta. In Jurnal Akuntansi (Vol. 21). https://doi.org/10.24912/ja.v21i1.137
Suryani, S., & Iqbal, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Langsa. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 50–56. https://doi.org/10.32505/V3I2.1203
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wahyuni, R., & Efuansyah, E. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 24. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.778
Yanto, Y., & Juwita, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(1), 53–60. https://doi.org/10.31539/judika.v1i1.247