Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi Trigonometri
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dan menganalisis faktor penyebab siswa melakukan di Dukupuntang dengan subjek siswa kelas XII IPA sebanyak 36 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal limit fungsi trigonometri berdasarkan teori Newman. Teknik pengambilan data pada penelitian kali ini adalah dengan observasi, tes, dan wawancara. Observasi dilakukan pada saat proses pembelajaran, kemudian tes dilakukan pada kelas yang menjadi sasaran penelitian, dan melakukan wawancara untuk memperkuat data. Berdasarkan hasil analisis data berupa hasil tes yang diberikan kepada siswa dapat ditarik kesimpulan bahwa kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal limit fungsi trigonometri sesuai dengan tipe-tipe kesalahan menurut Newman yaitu (1) kesalahan membaca soal sebanyak 0%, (2) kesalahan memahami masalah sebanyak 25%, (3) kesalahan transformasi sebanyak 53%, (4) kesalahan keterampilan proses sebanyak 61%, dan (5) kesalahan penulisan jawaban sebanyak 50%. Adapun penyebab siswa melakukan kesalahan dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kemampuan pemahaman yang rendah pada materi limit fungsi trigonometri dan materi prasyarat yang lainnya, terlalu tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, siswa lupa akan rumus-rumus identitas trigonometri, dan kurangnya ketelitian siswa dalam menyelesaikan soal-soal limit fungsi trigonometri.
Article Details
How to Cite
Suryana, S., Rosmaya, E., Sudarsono, N., & Sundawan, M. D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 152-161. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i2.4343
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Suryana, S., Rosmaya, E., Sudarsono, N., & Sundawan, M. D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 152-161. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i2.4343
References
Adhim, B. F., & Amin, S. M. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Limit Fungsi Trigonometri. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 169–173.
Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BNSP Depdiknas.
Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya (Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah). Bogor: Ghalia Indonesia.
Newman, M. A. (1997). An Analysis of Sixth-grade Pupils, Errors on Writen Mathematical Taks. Victorian Instituteefor Educational Research Bulltein, 39, 31–42.
Prabandari, I. A. D. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Mataram.
Russefendi, E. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematik untuk meningkatkan CBSA. In Tarsito. https://doi.org/10.3844/jssp.2010.272.275
Salido, A., Misu, L., & Salam, M. (2017). Anaisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Materi Pokok Limit Fungsi pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.36709/JPPM.V2I1.3072
Sudirman, S. (2013). The Profile of Students Mistakes in Answering Function Limit Questions and Alternative Solution to Overcome the Problems. Jurnal Daya Matematis, 1(2), 247. https://doi.org/10.26858/jds.v1i2.3577
Teleswara, D. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal-soal limit fungsi aljabar kelas XI IPA SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo tahun ajaran 2014/2015. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Yusnia, D., & Fitriyani, H. (2010). Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’s Error Analysis (NEA) pada Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, 78–83.
Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BNSP Depdiknas.
Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya (Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah). Bogor: Ghalia Indonesia.
Newman, M. A. (1997). An Analysis of Sixth-grade Pupils, Errors on Writen Mathematical Taks. Victorian Instituteefor Educational Research Bulltein, 39, 31–42.
Prabandari, I. A. D. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Mataram.
Russefendi, E. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematik untuk meningkatkan CBSA. In Tarsito. https://doi.org/10.3844/jssp.2010.272.275
Salido, A., Misu, L., & Salam, M. (2017). Anaisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Materi Pokok Limit Fungsi pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.36709/JPPM.V2I1.3072
Sudirman, S. (2013). The Profile of Students Mistakes in Answering Function Limit Questions and Alternative Solution to Overcome the Problems. Jurnal Daya Matematis, 1(2), 247. https://doi.org/10.26858/jds.v1i2.3577
Teleswara, D. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal-soal limit fungsi aljabar kelas XI IPA SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo tahun ajaran 2014/2015. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Yusnia, D., & Fitriyani, H. (2010). Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’s Error Analysis (NEA) pada Pemecahan Masalah Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, 78–83.