Kompetensi Pedagogik dan Kepribadian Dosen Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survey berupa angket sebagai alat pengumpulan datanya. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan bagaimana kompetensi pedagogik dan kepribadian dosen Pendidikan Matematika di Universitas. Berdasarkan uraian pada hasil dan pembahasan, diperoleh bahwa kompetensi pedagogik dan kepribadian dosen Pendidikan Matematika di Universitas dikatakan baik berdasarakan respon, komentar dan saran mahasiswa. Walaupun ada beberapa saran seperti peningkatan cara mengajar, cara memberikan umpan balik, bersikap lebih santai agar pembelajaran tidak terasa tegang, akan tetapi secara garis besar keseluruhan dosen Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang telah memenuhi kompetensi pedagogik dan kepribadia dosen yang baik.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survey berupa angket sebagai alat pengumpulan datanya. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan bagaimana kompetensi pedagogik dan kepribadian dosen Pendidikan Matematika di Universitas. Berdasarkan uraian pada hasil dan pembahasan, diperoleh bahwa kompetensi pedagogik dan kepribadian dosen Pendidikan Matematika di Universitas dikatakan baik berdasarakan respon, komentar dan saran mahasiswa. Walaupun ada beberapa saran seperti peningkatan cara mengajar, cara memberikan umpan balik, bersikap lebih santai agar pembelajaran tidak terasa tegang, akan tetapi secara garis besar keseluruhan dosen Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang telah memenuhi kompetensi pedagogik dan kepribadia dosen yang baik.
Article Details
How to Cite
septy, liana. (2019). Kompetensi Pedagogik dan Kepribadian Dosen Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 173-184. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i2.4362
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
septy, liana. (2019). Kompetensi Pedagogik dan Kepribadian Dosen Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 173-184. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i2.4362
References
Hanafi, I., Kuswarno, E., Zainuddin, M., Rustad, S., Haroen, Y. S., Sugiarto, B., … Tarigan, Y. B. (2015). Buku 1 Naskah Akademik: Buku Pedoman Sertifikasi Pendidik untuk Dosen (SERDOS) Terintegrasi. Jakarta: Ristekdikti.
Kunandar. (2009). Guru Profesional Implementasi Kurikulum KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Kustono, D., Madjiman, H., Sukamto, S., Kumaidi, K., Zainuddin, M., Haroen, Y. S., … Hanafi, I. (2010). Buku Pedoman Sertifikasi Pendidik untuk Dosen Tahun 2010. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
PPRI. (2009). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen. Jakarta: Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5007.
Soraya, N. (2018). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen dalam Mengajar pada Program Studi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 183–204. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i1.1957
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta. In Jurnal Akuntansi (Vol. 21). https://doi.org/10.24912/ja.v21i1.137
Sujati dkk. (2013). Kompetensi Pedagogik Dosen PGSD UNY. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2), 61–65.
Tilaar, H. (1998). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perpektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia.
UURI. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157.
Kunandar. (2009). Guru Profesional Implementasi Kurikulum KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Kustono, D., Madjiman, H., Sukamto, S., Kumaidi, K., Zainuddin, M., Haroen, Y. S., … Hanafi, I. (2010). Buku Pedoman Sertifikasi Pendidik untuk Dosen Tahun 2010. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
PPRI. (2009). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen. Jakarta: Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5007.
Soraya, N. (2018). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen dalam Mengajar pada Program Studi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 183–204. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i1.1957
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta. In Jurnal Akuntansi (Vol. 21). https://doi.org/10.24912/ja.v21i1.137
Sujati dkk. (2013). Kompetensi Pedagogik Dosen PGSD UNY. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2), 61–65.
Tilaar, H. (1998). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perpektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia.
UURI. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157.