Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Peserta Didik

Main Article Content

Rika Lisnia Putri
Retno Marsitin
Vivi Suwanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangan permainan tradisional engklek untuk menjadi media pembelajaran permainan matematika untuk meningkatkan komunikasi matematis peserta didik yang valid, layak dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu : (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (4) Evaluation. Proses uji coba lapangan pada penelitian ini memanfaatkan peserta didik kelas VII di SMP PGRI 02 Pakisaji Kabupaten Malang dan SMP Advent Malang. Prosedur pengumpulan data menggunakan lembar validasi dari beberapa ahli, angket, dan soal tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian ini diperoleh penilaian kevalidan dari para ahli sebesar 3,41, 3,38, 3,57, dan 3,85 dengan kriteris sangat valid, penilaian kelayakan berdasarkan angket pada uji coba kelompok kecil memperoleh skor penilaian pengajar sebesar 3,57 dan presentase peserta didik sebesar 100% memperoleh kriteria sangat dan pada uji coba penelitian kelompok besar memperoleh skor sebesar 3,33 dan 72,2% dengan kriteria sangat layak, dan penilaian keefektifan menurut hasil tes pada uji coba penelitian kelompok kecil dan uji coba penelitian kelompok besar adalah sebesar 100% dan 83,3% dengan kriteria sangat efektif. Media pembelajaran permainan engklek sangat valid, dan efektif untuk meningkatkan komunikasi matematika siswa.

Article Details

How to Cite
Putri, R. L., Marsitin, R., & Suwanti, V. (2021). Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(2), 157-169. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i2.5850
Section
Artikel

How to Cite

Putri, R. L., Marsitin, R., & Suwanti, V. (2021). Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(2), 157-169. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i2.5850

References

Farhanah, L., & Arifin, F. (2021). Pengaruh Model Permainan Finding My Secret Word Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 30. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.176

Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engklek Dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1. https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358

Harahap, N. S., & Jaelani, A. (2022). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek. Paradikma: Jurnal Pendidikan …, 86–90.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1). https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397

Irawan, A. (2018). Penggunaan Ethnomatematika Engklek Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 46–51.

Ismah, & Dwitama, A. (2018a). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Konsep Permainan Engklek (MATLEK). Fibonacci : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1, 155–166.

Ismah, & Dwitama, T. (2018b). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KONSEP PERMAINAN ENGKLEK (MATLEK). Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi, 155–166. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Leha.Mc, Y., Marsitin, R., & Fayeldi, T. (2019). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Media Manipulatif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(3), 84–91. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i3.3557

Nasution, M. (2018). Konsep Standar Proses dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Logaritma, 06(01), 120–138. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i01.1249

Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa melalui Strategi Think Talk Write. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 101–112. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.265

Priyayi, D. F. (2016). Analisis Bahan Ajar Model Pembelajaran ALID (Accelerated Learning Included By Discovery) pada Materi Jaringan Tumbuhan Kelas XI SMA N 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Sains, 04, 29–36.

Qur’ani, A. W., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2019). Minat dan Model Student Facilitator and Explaining ( SFE ) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Seminar Nasional FST 2019 Universitas Kanjuruhan Malang, 2, 678–686.

Rahmawati, N. D., Buchori, A., & Bhihikmah. (2016). Pengembangan Strategi Permainan Tradisional. 1. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1243

Rokhmah, K. N., & Lestari, H. P. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Segitiga dan Segi Empat dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VII. IOSR Journal of Economics and Finance, 3(1), 56. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666

Safitri, A., Suyanto, E., & Wahyudi, I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis collaborative teamwork learning pada materi fluida dinamis SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 81–95. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1401

Setyaningrum, W., & Waryanto, N. H. (2017). Media Edutainment Segi Empat Berbasis Android: Apakah Membuat Belajar Matematika Lebih Menarik? Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 40–56. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.369

Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika dalam Perspektif Kontruktivisme. NIZHAMIYAH: Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 61–73.

Utami, N. I., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2018a). Pengembangan Media Pembelajaran-Engklek Geometri untuk Melestarikan Permainan Tradisonal. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3), 211–224. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2710

Utami, N. I., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2018b). The Development of Engklek Geometri Learning Media to Preserve Traditional Game. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3), 211–224. https://doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2710

Yuniar, R. I., & Pujiastuti, H. (2020). Peranan Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika di Sekolah Dasar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah, 6(1), 66–77. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.948