Pengembangan Tes Matematika Berdasarkan Kerangka Kerja RECCE-MODEL untuk Mengukur Kemampuan Kognitif Mahasiswa

Main Article Content

Intan Kusnia Fitri
Anis Farida Jamil
Arif Hidayatul Khusna

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan tes berdasarkan kerangka kerja RECCE-MODEL untuk mengukur kemampuan kognitif mahasiswa. Subjek penelitian adalah 80 mahasiswa pendidikan matematika semester ganjil tahun akademik 2019/2020, Universitas Muhammadiyah Malang . Jenis penelitian yang diterapkan ialah Research and Development (R&D).  Prosedur penelitian terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu pengumpulan data, perencanaan tes, dan pengembangan tes.  Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa lembar validasi dan tes. Hasil penelitian di antaranya menghasilkan 2 butir soal tes sesuai dengan kerangka kerja MODEL. Tes tersebut telah dilakukan uji validasi, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran tes, dan uji daya pembeda soal. Berdasarkan hasil validasi yang diujikan oleh validator, tes tersebut dikatakan valid karena hasil yang diperoleh adalah 75%. Nilai koefisien reliabilitas adalah 0,786 sehingga tes dapat dikatakan reliabel. Hasil analisis tingkat kesukaran dikategorikan mudah untuk keseluruhan tes. Hasil daya pembeda soal dikategorikan baik untuk keseluruhan tes. Selain itu, dengan menggunakan tes yang telah dikembangkan ini dapat mengidentifikasi kemampuan kognitif mahasiswa pada lima level MODEL. Oleh karena itu, dapat disimpulkan tes yang dikembangkan memiliki kategori valid, reliabel, dan efektif untuk mengukur kemampuan kognitif mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Fitri, I. K., Jamil, A. F., & Khusna, A. H. (2021). Pengembangan Tes Matematika Berdasarkan Kerangka Kerja RECCE-MODEL untuk Mengukur Kemampuan Kognitif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(2), 170-182. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i2.6375
Section
Artikel

How to Cite

Fitri, I. K., Jamil, A. F., & Khusna, A. H. (2021). Pengembangan Tes Matematika Berdasarkan Kerangka Kerja RECCE-MODEL untuk Mengukur Kemampuan Kognitif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(2), 170-182. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i2.6375

References

Angriani, A. D., & Batari, T. (2018). Pengembangan INnstrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a1.2018

Bayuni, K. H., Candiasa, I. M., & Koyan, I. W. (2013). Pengembangan Tes Matematika dengan Teknik Part-Whole pada Siswa SD Kelas IV Se-Kecamatan Gianyar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 3.

Chong, M. S. F., Shahrill, M., & Li, H. (2019). The Integration of a Problem-Solving Framework for Brunei High School Mathematics Curriculum in Increasing Student’s Affective Competency. Journal on Mathematics Educations, 10(2), 215–228. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.7265.215-228

Fitriani, D., Suryana, Y., & Hamdu, G. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Higher-Order Thinking Skill pada Pembelajaran Tematik berbasis Outdoor Learning di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 252–262. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.13752

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.

Hasratuddin. (2014). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika PARADIKMA, 1(2), 130–141.

Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and Reliability in Quantitative Studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66–67. https://doi.org/10.1136/eb-2015-102129

Kabha, R. (2019). Cognitive, Affective, Social and Cultural Aspects of Teaching and Learning in Media Studies. European Journal of Educational Research, 8(4), 1287–1294. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1287

Kereh, C. K., Liliasari, Tjiang, P. C., & Sabandar, J. (2015). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Matematika Dasar yang Berkaitan dengan Pendahuluan Fisika Inti. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 36–46.

Kurniawan, B. R., & Taqwa, M. R. A. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Listrik Dinamis. Junal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1451–1457.

Meke, K. D. P., Wutsqa, D. U., & Alfi, H. D. (2018). The Effectiveness of Problem-based Learning Using Manipulative Materials Approach on Cognitive Ability in Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012135

Oluwatayo, & Ayodele, J. (2012). Validity and Reliability Issues in Educational Research. Journal of Educational and Social Research, 2(May), 391–400. https://doi.org/10.5901/jesr.2012.v2n2.391

Parsa, I. M. (2017). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar.

Purnama, M. D., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan dan Operasinya Bagi Siswa Kelas 1 Di SDN Gadang 1 Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 46–51.

Putri, I. ayu P. G., Koyan, W., & Candiasa, M. (2013). Pengembangan Tes Matematika Berbasis SK/KD dengan Teknik Concurent pada Siswa Kelas VI Di SD Negeri Se Kecamatan Gianyar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 3, 1–14.

Schmitt, N. (2014). Personality and Cognitive Ability as Predictors of Effective Performance at Work. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 1(1), 45–65. https://doi.org/10.1146/annurev-orgpsych-031413-091255

Sinaga, N. A. (2016). Pengembangan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematika Siswa SMP Kelas VIII. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11, 169–181. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10642

Susanti, V. D. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 71–83. https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.998

Szucs, D., Devine, A., Soltesz, F., Nobes, A., & Gabriel, F. (2014). Cognitive Components of a Mathematical Processing Network in 9-year-old Children. Developmental Science, 17(4), 506–524. https://doi.org/10.1111/desc.12144

Tahmir, S., Dassa, A., & Akramunnisa. (2017). Ability Analysis Based on Math Problem Complating The Early Math Skills and Cognitive Style on Class VIII SMPN 13 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 5(1), 14–26. https://doi.org/10.26858/jds.v5i1.3028

Tarhadi, Kartono, & Yumiati. (2017). Penggunaan Tes Uraian Dibandingkan dengan Tes Pilihan Ganda Terstruktur dan Tes Pilihan Ganda Biasa. Jurnal Pendidikan, 8, 102–109.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100