Pengembangan Tes Matematika Berdasarkan Kerangka Kerja RECCE-MODEL untuk Mengukur Kemampuan Kognitif Mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan tes berdasarkan kerangka kerja RECCE-MODEL untuk mengukur kemampuan kognitif mahasiswa. Subjek penelitian adalah 80 mahasiswa pendidikan matematika semester ganjil tahun akademik 2019/2020, Universitas Muhammadiyah Malang . Jenis penelitian yang diterapkan ialah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu pengumpulan data, perencanaan tes, dan pengembangan tes. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa lembar validasi dan tes. Hasil penelitian di antaranya menghasilkan 2 butir soal tes sesuai dengan kerangka kerja MODEL. Tes tersebut telah dilakukan uji validasi, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran tes, dan uji daya pembeda soal. Berdasarkan hasil validasi yang diujikan oleh validator, tes tersebut dikatakan valid karena hasil yang diperoleh adalah 75%. Nilai koefisien reliabilitas adalah 0,786 sehingga tes dapat dikatakan reliabel. Hasil analisis tingkat kesukaran dikategorikan mudah untuk keseluruhan tes. Hasil daya pembeda soal dikategorikan baik untuk keseluruhan tes. Selain itu, dengan menggunakan tes yang telah dikembangkan ini dapat mengidentifikasi kemampuan kognitif mahasiswa pada lima level MODEL. Oleh karena itu, dapat disimpulkan tes yang dikembangkan memiliki kategori valid, reliabel, dan efektif untuk mengukur kemampuan kognitif mahasiswa.
Article Details
How to Cite
Fitri, I. K., Jamil, A. F., & Khusna, A. H. (2021). Pengembangan Tes Matematika Berdasarkan Kerangka Kerja RECCE-MODEL untuk Mengukur Kemampuan Kognitif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(2), 170-182. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i2.6375
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Fitri, I. K., Jamil, A. F., & Khusna, A. H. (2021). Pengembangan Tes Matematika Berdasarkan Kerangka Kerja RECCE-MODEL untuk Mengukur Kemampuan Kognitif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 7(2), 170-182. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v7i2.6375
References
Angriani, A. D., & Batari, T. (2018). Pengembangan INnstrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a1.2018
Bayuni, K. H., Candiasa, I. M., & Koyan, I. W. (2013). Pengembangan Tes Matematika dengan Teknik Part-Whole pada Siswa SD Kelas IV Se-Kecamatan Gianyar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 3.
Chong, M. S. F., Shahrill, M., & Li, H. (2019). The Integration of a Problem-Solving Framework for Brunei High School Mathematics Curriculum in Increasing Student’s Affective Competency. Journal on Mathematics Educations, 10(2), 215–228. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.7265.215-228
Fitriani, D., Suryana, Y., & Hamdu, G. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Higher-Order Thinking Skill pada Pembelajaran Tematik berbasis Outdoor Learning di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 252–262. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.13752
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.
Hasratuddin. (2014). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika PARADIKMA, 1(2), 130–141.
Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and Reliability in Quantitative Studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66–67. https://doi.org/10.1136/eb-2015-102129
Kabha, R. (2019). Cognitive, Affective, Social and Cultural Aspects of Teaching and Learning in Media Studies. European Journal of Educational Research, 8(4), 1287–1294. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1287
Kereh, C. K., Liliasari, Tjiang, P. C., & Sabandar, J. (2015). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Matematika Dasar yang Berkaitan dengan Pendahuluan Fisika Inti. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 36–46.
Kurniawan, B. R., & Taqwa, M. R. A. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Listrik Dinamis. Junal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1451–1457.
Meke, K. D. P., Wutsqa, D. U., & Alfi, H. D. (2018). The Effectiveness of Problem-based Learning Using Manipulative Materials Approach on Cognitive Ability in Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012135
Oluwatayo, & Ayodele, J. (2012). Validity and Reliability Issues in Educational Research. Journal of Educational and Social Research, 2(May), 391–400. https://doi.org/10.5901/jesr.2012.v2n2.391
Parsa, I. M. (2017). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar.
Purnama, M. D., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan dan Operasinya Bagi Siswa Kelas 1 Di SDN Gadang 1 Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 46–51.
Putri, I. ayu P. G., Koyan, W., & Candiasa, M. (2013). Pengembangan Tes Matematika Berbasis SK/KD dengan Teknik Concurent pada Siswa Kelas VI Di SD Negeri Se Kecamatan Gianyar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 3, 1–14.
Schmitt, N. (2014). Personality and Cognitive Ability as Predictors of Effective Performance at Work. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 1(1), 45–65. https://doi.org/10.1146/annurev-orgpsych-031413-091255
Sinaga, N. A. (2016). Pengembangan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematika Siswa SMP Kelas VIII. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11, 169–181. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10642
Susanti, V. D. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 71–83. https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.998
Szucs, D., Devine, A., Soltesz, F., Nobes, A., & Gabriel, F. (2014). Cognitive Components of a Mathematical Processing Network in 9-year-old Children. Developmental Science, 17(4), 506–524. https://doi.org/10.1111/desc.12144
Tahmir, S., Dassa, A., & Akramunnisa. (2017). Ability Analysis Based on Math Problem Complating The Early Math Skills and Cognitive Style on Class VIII SMPN 13 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 5(1), 14–26. https://doi.org/10.26858/jds.v5i1.3028
Tarhadi, Kartono, & Yumiati. (2017). Penggunaan Tes Uraian Dibandingkan dengan Tes Pilihan Ganda Terstruktur dan Tes Pilihan Ganda Biasa. Jurnal Pendidikan, 8, 102–109.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Bayuni, K. H., Candiasa, I. M., & Koyan, I. W. (2013). Pengembangan Tes Matematika dengan Teknik Part-Whole pada Siswa SD Kelas IV Se-Kecamatan Gianyar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 3.
Chong, M. S. F., Shahrill, M., & Li, H. (2019). The Integration of a Problem-Solving Framework for Brunei High School Mathematics Curriculum in Increasing Student’s Affective Competency. Journal on Mathematics Educations, 10(2), 215–228. https://doi.org/10.22342/jme.10.2.7265.215-228
Fitriani, D., Suryana, Y., & Hamdu, G. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Higher-Order Thinking Skill pada Pembelajaran Tematik berbasis Outdoor Learning di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 252–262. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.13752
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.
Hasratuddin. (2014). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika PARADIKMA, 1(2), 130–141.
Heale, R., & Twycross, A. (2015). Validity and Reliability in Quantitative Studies. Evidence-Based Nursing, 18(3), 66–67. https://doi.org/10.1136/eb-2015-102129
Kabha, R. (2019). Cognitive, Affective, Social and Cultural Aspects of Teaching and Learning in Media Studies. European Journal of Educational Research, 8(4), 1287–1294. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1287
Kereh, C. K., Liliasari, Tjiang, P. C., & Sabandar, J. (2015). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Matematika Dasar yang Berkaitan dengan Pendahuluan Fisika Inti. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 36–46.
Kurniawan, B. R., & Taqwa, M. R. A. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Listrik Dinamis. Junal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1451–1457.
Meke, K. D. P., Wutsqa, D. U., & Alfi, H. D. (2018). The Effectiveness of Problem-based Learning Using Manipulative Materials Approach on Cognitive Ability in Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012135
Oluwatayo, & Ayodele, J. (2012). Validity and Reliability Issues in Educational Research. Journal of Educational and Social Research, 2(May), 391–400. https://doi.org/10.5901/jesr.2012.v2n2.391
Parsa, I. M. (2017). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar.
Purnama, M. D., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan dan Operasinya Bagi Siswa Kelas 1 Di SDN Gadang 1 Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 46–51.
Putri, I. ayu P. G., Koyan, W., & Candiasa, M. (2013). Pengembangan Tes Matematika Berbasis SK/KD dengan Teknik Concurent pada Siswa Kelas VI Di SD Negeri Se Kecamatan Gianyar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 3, 1–14.
Schmitt, N. (2014). Personality and Cognitive Ability as Predictors of Effective Performance at Work. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 1(1), 45–65. https://doi.org/10.1146/annurev-orgpsych-031413-091255
Sinaga, N. A. (2016). Pengembangan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematika Siswa SMP Kelas VIII. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11, 169–181. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10642
Susanti, V. D. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 71–83. https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.998
Szucs, D., Devine, A., Soltesz, F., Nobes, A., & Gabriel, F. (2014). Cognitive Components of a Mathematical Processing Network in 9-year-old Children. Developmental Science, 17(4), 506–524. https://doi.org/10.1111/desc.12144
Tahmir, S., Dassa, A., & Akramunnisa. (2017). Ability Analysis Based on Math Problem Complating The Early Math Skills and Cognitive Style on Class VIII SMPN 13 Makassar. Jurnal Daya Matematis, 5(1), 14–26. https://doi.org/10.26858/jds.v5i1.3028
Tarhadi, Kartono, & Yumiati. (2017). Penggunaan Tes Uraian Dibandingkan dengan Tes Pilihan Ganda Terstruktur dan Tes Pilihan Ganda Biasa. Jurnal Pendidikan, 8, 102–109.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100